Kepala BKD Taput : Manipulasi Data Honorer Sulit Dilakukan

Tarutung – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tapanuli Utara, Drs Rudolf Manalu menampik pihaknya tidak ada melakukan manipulasi terhadap data honorer Kategori (K) 1 di daerah itu.
Menurutnya, manipulasi data honorer K-1 yang diusulkan menjadi CPNS ke pemerintah pusat kemungkinan sangat kecil bisa terjadi. Pasalnya, selain harus dilampirkan SK pengangkatan honorer pertama dan juga data penggajian dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset (Dipenloka) sebagai bukti masuk honorer sejak Januari 2005. Selain itu, BKD juga diwajibkan membuat perjanjian kepada honorer yang diusulkan serta pimpinan di instansi dia bekerja berbunyi bersedia dihukum jika terbukti melakukan manipulasi data.

Hal tersebut dikatakan Rudolf Manalu kepada wartawan di halaman Kantor BKD Taput, Senin (30/4) dikonfirmasi seputar rumor yang menyebutkan bahwa honorer kategori-1 yang diusulkan ke pusat ada yang tercacat sebagai honorer di Pemkab Taput sejak tahun 2006.

Padahal persyaratan untuk dapat mengusulkan honorer K-1 adalah yang bersangkutan sudah tercacat sebagai honorer sejak Januari 2005.
Menurut Rodulf lagi, jika merujuk kepada honorer yang lulus verifikasi oleh pemerintah pusat, Tapanuli Utara termasuk kabupaten yang semua data honorer disampaikan ke pusat lolos verfifikasi.

“Dibandingkan kabupaten lainnya, yang diusulkan ke pusat ada yang sampai ratusan. Namun yang tidak lolos verifikasi ada sekitar tujuh puluhan. Saya tidak mau menyebutkan bahwa itu merupakan bukti bahwa data yang disampaikan benar. Karena yang meloloskan adalah pusat. Namun demikian, kita juga siap menerima jika ada pengaduan dan kalau terbukti pengangakatannya dapat dibatalkan,” ucapnya.

Rudolf menambahkan, sebagai Kepala BKD, dia juga tidak mau bermain dalam pengusulan data honorer ke pusat. “Saya sendiri mana mungkin bermain dalam hal ini. Karena bisa berurusan dengan hukum. Makanya honorer K-1 yang diusulkan ke pusat membuat perjanjian bahwa dia siap dihukum jika terbukti memanipulasi data atau terbukti ternyata tidak tercacat sebagai honorer sejak Januari 2005,” terangnay.

Sebelumnya, dari sumber di kalangan honorer pemkab Taput menyebutkan adanya di antara honorer kategori-1 yang diusulkan ke pusat dan sudah lolos verifikasi tercacat sebagai honorer pemkab Taput sejak tahun 2006.

Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Taput, Jasa Sitompul kepada wartawan menyebutkan, lembaga wakil rakyat tersebut siap menampung informasi yang mnenemukan bahwa adanya honorer yang diusulkan honorer sejak tahun 2006 atau tidak sejak Januari 2005. (Metro/cr-02)

4 pemikiran pada “Kepala BKD Taput : Manipulasi Data Honorer Sulit Dilakukan

  1. arvady tobing

    bapak pejabat yang terhormat,,,tolong di pikirkan nasib kami yang kurang 1tahun per 31 des 2005…kami juga ingin menjadi yang terbaik di kabupaten tapanuli utara ini.

  2. rot

    pak jasa sitompul selaku ketua komisi A DPRD taput,tolong bapak memperhatikan dan membantu nasib honorer sk 2005.trims

  3. rot

    kepala BKD taput yg terhormat..tolong anda itu jujur, yg anda masukan tidak sesuai dengan sk nya tolong bapak batalkan,karna bapak mengatakan data tidak dapat dimanipulasi,ternyata bapak sendiri melakukan nya.salah satu orang nya ber inisial GT yg diinstansi sekretariad..

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s