Ribuan Warga Eks Pengungsi Timor Leste Hidup Sengsara

KEFAMENANU - Ribuan warga eks pengungsi Timor Leste yang hidup di kamp pengungsian Naen, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, sampai saat ini kondisinya sangat memprihatinkan karena kebanyakan dari mereka tidak punya pekerjaan tetap.

“Memang kita harus akui bahwa masih ada ribuan warga eks pengungsi Timor Leste yang hidupnya masih sengsara dengan tingkat perekonomiannya minim, banyak anak yang tidak bersekolah karena orang tuanya tidak mampu. Kebanyakan tidak punya pekerjaan tetap, tidak punya lahan pertanian dan air bersih yang tidak ada sama sekali membuat mereka benar-benar seperti dianaktirikan,” kata Miguel Atibau, salah seorang tokoh eks Timor Leste di Kefamenanu, Sabtu (21/4/2012).

Menurut Atibau, bukan hanya di daerah kamp pengungsian Naen saja, tapi ribuan warga eks pengungsi di tempat lain juga mengalami hal serupa, bahkan ada perempuan yang terpaksa menjual diri untuk mempertahankan hidup.

“Banyak anak gadis yang putus sekolah karena keterbatasan biaya terpaksa harus jadi pelacur untuk menghidupi keluarganya. Selain itu kalau musim-musim kelaparan seperti sekarang, umbi-umbian di hutan yang mengandung racun dan biji asam pun dimakan demi untuk mengganjal perut yang lapar,” kata Atibau.

Oleh karena itu Atibau mengharapkan bantuan pemerintah pusat dengan dukungan penuh dari pemerintah kabupaten dan provinsi untuk mengurangi beban penderitaan warga eks Timor Leste. “Kami minta pihak terkait dalam hal ini Pemkab TTU, Provinsi NTT dan Pemerintah Pusat agar memperhatikan mereka dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, perumahan, pemberdayaan ekonomi produktif. Untuk bantuan kepada pengungsi Timor Leste, harus ada pengawasan yang ketat dengan melibatkan tokoh-tokoh eks Timor Leste, karena mereka yang tahu,” jelas Atibau.

Atibau melanjutkan sesuai laporan dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat bahwa warga eks Timor Leste sudah tidak ada. “Hal itu kita akui memang sudah tidak ada, tapi warga kelahiran Timor Leste itu masih ada dan perlu diperhatikan. Kami ini adalah korban politik. Kami yang berjumlah puluhan ribu KK menyatakan diri bergabung dengan Indonesia dengan mengorbankan segala harta kekayaan, meninggalkan sanak keluarga dan sebagainya dengan satu tujuan yaitu Merah Putih. Pengorbanan kami harus diimbangi dengan perhatian yang sama seperti warga negara Indonesia lainnya,” papar Atibau.

Ditemui secara terpisah, Filomena Kaunan, salah seorang eks pengungsi yang mengaku selama ini dirinya hanya bergantung pada belas kasihan tetangga karena tidak punya pekerjaan tetap. “Mau bagaimana lagi, saya sudah menjanda selama 4 tahun tanpa pekerjaan tetap, karena selama ini saya hanya berharap pada almarhum suami saya yang kerjanya juga serabutan. Setelah suami saya meninggal, saya jadi kewalahan membiayai diri saya sendiri dan dua anak saya yang masih kecil sehingga terpaksa kedua anak saya itu harus putus sekolah dan membantu saya mencari tambahan penghasilan,” papar Kaunan.

Terkait dengan itu, Bupati TTU Raymundus Fernandes ketika hendak dikonfirmasi wartawan sedang berada di luar daerah Ketika dihubungi melalui telepon selulernya, bupati tidak menjawab. (Kompas)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

*** www.tuannahoda.co.nr ***

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38.729 pengikut lainnya.