Vonis Tahanan Kota untuk Dua Koruptor Tobasa

Medan – Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (17/4/2012), menjatuhkan vonis 1 tahun tahanan kota pada dua terdakwa korupsi proyek pengadaan prasarana air bersih Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) senilai Rp 1,86 miliar yang berasal dari APBD 2007.

Ketua Majelis Hakim Muhammad dalam amar putusannya mengatakan kedua terdakwa yakni Duma Rotua F Sinaga dan Wakil Direktur II CV Utama, Frida Tarigan sebagai konsultan pengawas didakwa melakukan korupsi penyalahgunaan dana pengawasan pengelolaan air minum serta limbah tahun 2007 yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, khususnya untuk masyarakat di Kecamatan Ajibata dan Kecamatan Lumban Julu.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih ringan 6 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Balige Cabang Porsea yang menuntut kedua terdakwa dengan 1 tahun 6 bulan penjara.

Sementara itu, masih ditempat dan hakim yang sama, Alfan Batubara mantan Bendahara Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kotamadya Binjai dengan 1 tahun penjara serta membayar uang pengganti sebesar Rp 5 juta.

Ketua majelis hakim Muhammad menyatakan Alfan Batubara terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi swakelola cipta karya dan pengairan di Dinas PU yang bersumber dari dana APBD 2010 sebesar Rp 3,3 miliar.

Alasannya, terbukti menerima suap sebesar Rp 5 juta dari proyek tersebut. Vonis yang dijatuhkan lebih ringan 6 bulan penjara dari tuntutan jaksa dari Kejari Binjai yang menuntut terdakwa dengan1 tahun 6 bulan bui. (Kompas)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s