Wakil Ketua DPRD Taput Meninggal

Tarutung – Isak tangis keluarga menyambut kedatangan jenazah Wakil Ketua DPRD Taput, Bernat Situmeang BE, Rabu dini hari (11/01) pukul 02.00 WIB di rumah duka Jalan Raja Naipospos No 25, Desa Hutauruk, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara. Almarhum meninggal karena penyakit komplikasi yang dideritanya, yakni lever dan batu empedu.
Almarhum meninggal dunia di usia 65 tahun. Ia meninggal di Rumah Sakit Adven Medan, Selasa (10/1) sekira pukul 14.30 WIB. Sebelumnya, pria yang sering disapa Op Ruhut doli ini sempat dirawat di RS Horas Insani Pematangsiantar. Namun, Minggu (8/1) oleh pihak rumah sakit merujuknya ke RS Adven Medan.
Perwakilan keluarga kepada wartawan mengatakan, almarhum sempat mendapat perawatan selama dua hari di ruang ICU RS Adven Medan. “Hanya dua hari dia dirawat di sana (RS Adven Medan, red). Setelah itu, Selasa (10/1) siang sekitar pukul 14.30 WIB, bapak meninggal,” ujar pria itu, Rabu (11/1) di rumah duka.
Menurutnya, sakit yang diderita almarhum sudah sejak dua tahun terakhir. Namun yang terparah dirasakannya awal Januari 2012. Almarhum meninggalkan istri Manambun br Sihombing (Op Ruhut boru), dan enam orang anak. Masing-masing Erni Situmeang, Arta Ida Situmeang, Perjuangan Situmeang, Sondang situmeang, Lasma Situmeang, Tulus Situmeang serta, sejumlah cucu.
“Semasa hidupnya, almahrum sudah menderita sakit. Tetapi tidak sempat dirawat secara insentif di rumah sakit. Namun kondisi kesehatan almahrum tiba-tiba mendadak memburuk,” tandasnya.
Kondisinya sempat membaik. Keluarga malah sempat berniat membawanya ke Singapura untuk dirawat lebih baik. Tapi itu hanya sebentar.
”Untuk itu, apabila orangtua kami ada menbuat kealahan baik sengaja maupun tidak disengaja, atas nama keluarga Op Ruhut Situmeang, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya,” tambah salahseorang putri almahrum.
Informasi yang dihimpun wartawan menyebut, sebelum meninggal, Bernat Situmeang dikabarkan masih sempat merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga. Namun pada Rabu (4/1) malam sekira pukul 19.00 WIB, tiba-tiba meringis menahan sakit. Oleh keluarga mengambil inisiatif dengan membawanya berobat ke Pematangsiantar.
Rencananya almarhum dikebumikan Sabtu (14/1) di pemakaman keluarga Situmeang. Kini almahrum sudah dibawa ke kampung kelahirannya di Desa Bahal Batu, Kecamatan Sipoholon, setelah sebelumnya sempat disemayamkan di rumah duka Jalan Raja Naipospos No 25, Desa Hutauruk, Kecamatan Sipoholon, Taput.
Di rumah duka terlihat sejumlah kerabat dan tetangga termasuk Anggota DPRD Taput dan ratusan PNS di lingkungan Pemkab Taput, berdatangan untuk melayat.
Almahrum, merupakan pensiunan PNS. Kemudian, dia berkiprah lebih lanjut. Dia terpilih menjadi anggota DPRD Taput dari daerah pemilihan II. Bahkan terus berlanjut hingga memimpin Partai Demokrat Taput untuk periode 2010-1014. Bernat merupakan anak keenam dari 11 bersaudara.
Ketua Komosi A DPRD Taput Carles Simanungkalit pada kesempatan itu menyampaikan belasungkawa atas kepergian almahrum. “Kepergian almarhum membawa duka yang mendalam bagi kami para Dewan dan bagi saya sendiri,” kata Carles seraya mengatakan kepergian almarhum merupakan sebuah kehilangan besar bagi mereka. “Beliau adalah pejuang yang pantang menyerah dan memiliki jiwa pekerja keras,” pungkasnya. (Metro/bl/des) Biodata
Nama : Bernat Situmeang BE
Tempat/tgl Lahir : Bahal Batu, 17 Juli 1947
Agama : Protestan
Pendidikan Terakhir : Sarjana Muda
Jabatan : Wakil Ketua DPRD Taput
Pengalaman Organisasi
– Ketua Mitra (social Beasiswa) Situmeang
– Ketua LADN Kecamatan Sipoholon Taput
– Ketua Polmas Kecamatan Sipoholon
– Penasehat Punguan Jamita Mangaraja
– LSM Bonapasogit Taput
– Ketua DPD Partai Demokrat Taput 2010-2014

3 pemikiran pada “Wakil Ketua DPRD Taput Meninggal

  1. Arta Ida Situmeang

    Dear Tulang Nababan,
    Mungkin sala dipartuturan do au manjou Tulang,ale dengan kerendahan hati,aku minta diajari kalaupun aku manjou sala tu Tulang:)
    Au Boru ni Amang B.Situmeang no 2, Arta Ida Situmeang, aku sangat bahagia Tulang mau menuliskan riwayat hidup Amang pangintubu nahinan di Google on,setidaknya walaupun bliau telah tiada,namun namanya sempat tertulis disejarah google ini.
    Sampulu jari-jari,pasabolashon simanjujung, mandok mauliate do au secara pribadi dan mewakili kluarga besar pinompar ni Damang Nahinan,molo adong sala secara tindakan dan perkataan dari amang nahinan,mohon dimaafkan ya Tulang.
    Semoga Tuhan memberkati usaha dan kerja Tulang,Amin.

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s