Misteri Guci Romawi Belum Terpecahkan

Guci dari zaman Romawi kuno menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Meskipun sudah direstorasi, ilmuwan belum dapat mengidentifikasi artefak tersebut.

Guci dari zaman Romawi berumur 1.800 tahun

Guci yang memiliki tinggi 40 sentimeter tersebut diperkirakan berasal dari 1.800 tahun yang lalu. Sebelum disusun ke bentuknya semula, guci itu terdiri atas 180 keping potongan tak dikenal yang tersimpan di Museum of Ontario Archeology. Setelah disusun kembali, guci tetap misterius karena bentuknya yang penuh lubang.

Pendapat para ahli umumnya bisa dibagi ke dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama menduga guci tersebut adalah lampu. Sementara kelompok lain memperkirakan guci adalah tempat penyimpanan binatang, seperti tikus dan ular. Namun lagi-lagi, itu semua masih dugaan belaka karena sampai saat ini belum ada artefak lain serupa guci itu yang sudah ditemukan.

Selain itu, misteri juga masih menyelimuti kepastian asal-usul artefak kuno tersebut. Sebuah dokumen penelitian menyebutkan bahwa guci itu merupakan salah satu artefak Romawi Inggris yang dihibahkan kepada pihak museum pada tahun 1950 oleh seorang arkeolog bernama William Francis Grimes. Namun Urban justru berpendapat lain. “Bagaimana guci itu bisa menjadi koleksi kami belum jelas 100 persen, kami masih berupaya mencari penjelasannya,” tegas Urban.

Saat ini, guci tersebut dipamerkan di Museum of Ontario Archeology sebagai bagian dari pameran Ur and Roman Britain. (Kompas/National Geographic Indonesia/Agung Dwi Cahyadi)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s