Jemaat GMB Larang Ephorus Khotbah

TOBA-Sejumlah jemaat Gereja Mission Batak (GMB) Resort Pematangsiantar melarang Ephorus Pdt P Panjaitan dan Sekjen Pdt RPH Nababan MTh memimpin ibadah Minggu (17/7). Larangan itu sebagai aksi protes jemaat karena Ephorus memecat Pdt Anita br Simanjuntak yang selama ini bertugas di GMB Resort Pematangsiantar, Jalan Lingga, Kelurahan Toba, Siantar Selatan. Sempat terjadi kericuhan di gereja tersebut, sehingga mengundang perhatian dan polisi langsung datang mengamankan lokasi.
Ephorus bersama Sekjen dan beberapa orang tiba dari Medan di GMB Resort Pematangsiantar untuk memimpin ibadah Minggu, menggantikan Pendeta Anita. Ketepatan, kemarin hari ulang tahun ke-84 GMB. Namun baru saja Ephorus memegang mikrofon di podium gereja, langsung dilarang jemaat. Hingga sempat terjadi tarik-menarik mikrofon dan perdebatan.
Beberapa jemaat yang tidak ingin ibadah terganggu, langsung menghubungi polisi. Tak lama, Kapolsek Siantar Selatan AKP Mukson bersama Kasat Intelkam Polresta Pematangsiantar AKP Karman Samosir, dan puluhan personel tiba. Setelah polisi turun tangan, suasana kembali kondusif. Sedangkan Ephorus, Sekjen, dan rombongannya keluar dari gedung gereja.
“Memang kami sengaja keluar dari gereja, kami menunjukkan sifat dewasa dan tidak mau terjadi keributan. Tadi memang sempat terjadi keributan dan tarik menarik mikrofon saat Ephorus hendak berkhotbah. Mereka langsung membajak altar, padahal Ephorus bermaksud menggantikan pelayanan Pdt Anita yang sudah diberhentikan sesuai surat keputusan yang dikeluarkan 5 Juli lalu. Tapi ternyata ada beberapa oknum yang tidak senang dan berusaha memancing keributan,” kata Sekjen GMB Pdt RPH Nababan kepada METRO.
Ditambahkannya, proses pemberhentian Pdt Anita dilakukan oleh pucuk pimpinan GMB Pusat Nomor 40/PP/GMB/SK/VII/2011. Soalnya Pdt Anita dinilai tidak patuh terhadap pucuk pimpinan serta melanggar Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan peraturan di GMB.
“Dia telah melakukan pembohongan, yaitu menikah dengan laki-laki yang masih terikat perkawinan dengan wanita lain. Sedangkan keputusan sah perceraian dari Pengadilan Negeri tidak ada. Sesuai hasil keputusan rapat konven pendeta 2 Juli lalu di Medan, maka memberhentikan jemaat dan pelayan yang tidak tunduk kepada pucuk pimpinan, AD/ART, serta peraturan yang berlaku di GMB,” bebernya.
Namun hal ini dibantah Radoth Simanjuntak, jemaat GMB yang juga sekretaris pimpinan rapat jemaat yang menolak pemberhentian Pendeta Anita.
“Memang ada surat pemberhentian dari GMB pusat beberapa waktu lalu, tapi semua itu karena sentimen pribadi antara Ephorus dan pendeta. Awalnya terjadi ketidaksenangan Ephorus terhadap Pdt Anita pada rapat Konven. Di mana Pdt Anita menanyakan konsekuensi dan sikap gereja terhadap jemaat yang hamil di luar nikah. Dan itu terjadi pada keluarga Ephorus. Semenjak itulah terjadi sentimen antara mereka,” kata Radot.
Ditambahkannya, sejak terbitnya SK pemberhentian Pendeta Anita, jemaat langsung mengadakan rapat untuk menolak hasil rapat konven tertanggal 2 Juli yang membuahkan SK pemberhentian.
“Jemaat tidak ada yang mau Pendeta Anita dikeluarkan. Jemaat GMB Resort Pematangsiantar semua mendukungnya untuk tetap melayani jemaat di Resort Pematangsiantar. Sebelumnya, Ephorus juga sedang dalam proses hukum atas pengaduan pendeta kami. Kalau mengenai pernikahan pendeta dengan suami orang yang belum resmi cerai, kami tidak ikut campur. Itu masalah pribadi pendeta, tapi jangan bawakan sentimen pribadi ke gereja ini. Apalagi Ephorus dan kawan-kawannya sudah tiga kali datang dan mengganggu kami beribadah di gereja. Inilah yang ketiga kali pas di tanggal hari ulang tahun GMB,” tambah Radot.
Kasat Intelkam Polresta Pematangsiantar AKP Karman Samosir dan Kapolsek Siantar Selatan AKP Mukson berusaha menenangkan situasi.
“Kami hanya berusaha mengamankan agar jangan sampai terjadi tindak pidana di sini. Mengenai pemberhentian dan hak untuk melayani, silahkan ajukan gugatan ke Pengadilan Negeri untuk proses hukumnya,” kata AKP Karman Samosir kepada Ephorus dan Sekjen sebelum meninggalkan lokasi. (Metro/hez/awa)

Satu pemikiran pada “Jemaat GMB Larang Ephorus Khotbah

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s