Penggunaan Dana BOS Harus Transparan

Tarutung – Komisi A DPRD Taput mengingatkan pihak sekolah agar mempublikasikan penggunaan dana BOS dan Bantuan Operasional Pendidikan di daerah itu, secara transparan. Mereka juga meminta agar pihak sekolah menempelkan Rencana Anggaran Pembelajaan Sekolah di majalah dinding.
Kepada wartawan, Senin (11/4), Ketua Komisi A DPRD Taput, Charles Simanungkalit, mengatakan, berdasarkan informasi yang mereka terima dari masyarakat masih ada sekolah-sekolah yang tidak mau mempublikasikan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).
“Akibat ketertutupan itu, orangtua menduga dana bantuan dari APBD/APBN itu tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sebenarnya kita sudah menganjurkan kepada Kepala Dinas Pendidikan agar menempelkan Rencana Anggaran Perbelanjaan Sekolah (RAPBS) di sekolah masing-masing. Tujuannya, agar bisa diketahui oleh para guru dan orangtua, serta sosial kontrol lainya. Untuk menindaklanjuti aduan masyarakat ini, dalam waktu dekat, Komis A bakal turun ke lapangan,” beber Charles.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Taput, Drs Joskar Limbong MPd, saat dihubungi melalui selulernya tadi malam tidak berhasil. Walau pun nada sambung aktif, namun yang bersangkutan tidak mau mengangkat. Dilayangkan pertanyaan via SMS, Joskar hanya mengatakan bahwa pihaknya sudah mengimbau para Kepala Sekolah agar menempel anggaran tersebut di papan pengumuman.
“Kita sudah mengimbau supaya ditempel di papan pengumuman. Terima kasih” demikian bunyi SMS yang dikirimkan Kadisdik kepada HP wartawan koran ini. (Metro/rih/des)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s