Penghijauan Sejuta Pohon Dicanangkan

Pagaran – Menyambut Jubileum 150 tahun HKBP, Pemkab bersama pimpinan HKBP mencanangkan penghijauan sejuta pohon, Jumat (25/2). Pencanangan penghijauan di wilayah I dipusatkan di Desa Pagaran Butar, Kecamatan Pagaran, Tapanuli Utara
Pencanangan ditandai dengan penekanan tombol oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu. Selanjutnya penanaman perdana bibit pohon pinus oleh Ephorus HKBP, Bupati Taput Torang Lumbantobing, Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, mewakili Bupati Tapsel, Bupati Samosir, Bupati Tobasa, Bupati Tapteng, Walikota Sibolga, Ketua Tim Penggerak PKK Taput Ny Elly boru Manalu, Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak dan Uspida Taput lainnya.
Ephorus HKBP, Pdt DR Bonar Napitupulu menjelaskan, pencanangan penghijauan merupakan kegiatan yang perlu didukung semua pihak, karena tujuannya untuk melestarikan bumi. Dari itu, HKBP adalah gereja yang senantiasa hidup di tengah masyarakat, sebagai pelopor dan penggerak oikumene, melakukan pelayanan holistik.
“HKBP merupakan gereja yang punya tangan cukup panjang melayani semua anggota jemaatnya, agar tidak ada yang termarjinalkan. HKBP juga punya kaki yang cukup panjang melayani dunia dalam pelayanan Marturia dan Diakonia. Pengembalian jati diri HKBP diharapkan bisa kita raih secara lengkap dengan kegiatan yang dirancang dan dilakukan oleh panitia Jubileum 150 tahun HKBP sehingga HKBP nyata sebagai tubuh Kristus untuk kemuliakan Allah dan pelayanan dunia. Mari kita tetap lestarikan bumi ini dengan penanaman berjuta-juta pohon,” ajak Ephorus.
Selain itu, Ephorus HKBP menyerukan agar pemerintah Pusat segera meninjau keberadaan SK Menteri Kehutanan (Menhut) II tahun 2005 di Kabupaten Taput, Humbahas, Tobasa dan Samosir. Agar masyarakat tidak resah. “Sudah sepatutnya masalah kehutanan dikembalikan kepada daerah-daerah. Konsep tata ruang kawasan hutan atau pun luas kawasan hutan di setiap kabupaten/ kota yang mengetahuinya adalah Pemerintah Daerah setempat,” ucapnya.
Untuk itu, ia meminta supaya pemerintah Pusat secepatnya melakukan revisi sehingga pemerintah kabupaten di kawasan ini dapat memberdayakan potensi alamnya dengan mengacu kepada pelestarian lingkungan.
“Penanaman pohon ini harus terus kita budayakan kepada seluruh komponen masyarakat sehingga dapat mencintai lingkungannya masing-masing,” tegas Ephorus.
Pada kesempatan itu, Bupati Torang Lumbantobing, selaku Ketua Umum Wilayah I Jubileum 150 tahun HKBP memaparkan, kegiatan penghijauan itu merupakan salah satu agenda dalam menyambut 150 tahun HKBP. Karena penanaman sampai sejuta pohon di daerahnya sangat memberi manfaat bagi masyarakat maupun generasi mendatang.
“Penghijauan menjadi program dipilih menyemarakkan perayaan Jubileum 150 tahun HKBP yang puncak acaranya 2 Oktober 2011 mendatang. Program ini sebagai salah satu upaya untuk memulihkan keadaan lahan yang tidak produktif. Sehingga nantinya dapat berfungsi sebagai media produksi dan pengatur tata air. Jenis pohon yang ditanam di lokasi ini adalah durian, pinus, mahoni, makadamia dan trambesi. Saya mengajak kita semua untuk peduli menjaga dan memelihara bumi tercinta ini,” imbau Torang Lumbantobing.
Sementara Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, mengaku dan menyambut baik kegiatan pencangan penghijauan sejuta pohon di wilayah I. Karena, katanya, pohon merupakan paru-paru bumi. “Untuk itu, kita harus bersatu mendukung program ini agar bermakna untuk generasi mendatang,” ajaknya.
Sebelumnya ketua plh wilayah I, Drs Sanggam Hutagalung MM melaporkan, kegiatan penghijauan itu merupakan salah satu kegiatan dari beberapa program yang direncanakan. Kemudian ada bhakti sosial kesehatan yang dilaksanakan di dua tempat. Yaitu pada 26 Maret 2011 mendatang di lapangan Merdeka-Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, dan tanggal 11-14 April 2011 di lapangan Serbaguna Tarutung, dengan beberapa jenis pelayanan.
Peserta pencangan penghijauan berjumlah 2.800 orang terdiri dari unsur pemerintah, TNI/Polri, masyarakat dari semua unsur termasuk muslim, gereja, pelajar, guru, unsur perguruan tinggi. Dari SMK 1 HKBP Sipoholon 100 orang siswa ikut berpartispasi menaman sejuta pohon di Desa Pagaran Butar. Luas lahan pencanangan penghijauan 25 ha dengan bibit yang disediakan sebanyak 30 ribu.
Kegiatan ini dimulai sejak pagi dengan melibatkan berbagai unsur. Tampak para pelajar maupun masyarakat dengan tekun mengikuti acara dan melakukan penanaman bibit pohon yang lokasinya sudah diatur oleh panitia Jubileum 150 tahun HKBP. (Metro/rih/des)

3 pemikiran pada “Penghijauan Sejuta Pohon Dicanangkan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s