Hakim PN Balige Roy M Napitupulu Dipecat

Jakarta – Roy M Maruli Napitupulu, hakim yang selama ini bertugas di Pengadilan Negeri Balige akhirnya dipecat. Dalam sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) yang berlangsung di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (2/12) Maruli Napitupulu dinyatakan terbukti secara sah terlibat praktek suap senilai Rp 50 juta.
Terkait pemecatan ini, Roy Maruli Napitupulu menilai keputusan Majelis Kehormatan Hakim (MKH) tidak disertai bukti kuat. Ia pun mengaku sangat kecewa dengan putusan MKH yang memutuskan untuk memecatnya. Pasalnya, bukti yang menjadi dasar hanya pengakuan para pelapor. “Saya kecewa atas putusan ini,” tegas dia.
Sebagaimana diketahui, hakim Pengadilan Negeri Balige Sumatera Utara, Roy M Maruli mendapat rekomendasi sanksi pemecatan lantaran diduga menerima suap Rp50 juta terkait perkara pembunuhan dengan terdakwa Sontiar Panjaitan dan David Marpaung.
Roy diduga telah menerima uang untuk bersepakat meringankan hukuman. Namun, dalam putusannya, majelis PN Balige memang tetap menghukum enam tahun untuk Sontiar dan satu tahun untuk David. Pasalnya, Sontiar dianggap terbukti melakukan pembunuhan yang disaksikan oleh suaminya, David Marpaung.
Namun, terdapat laporan dari pihak terdakwa, yakni Nasib Marpaung dan Krisman Marpaung bahwa benar terjadi kesepakatan penerimaan uang itu. Kesepakatan itu dilakukan dalam sebuah pertemuan di beberapa tempat, seperti ruangan panitera pengganti PN Balige Samson Pardede dan SPBU Balige.
Dalam kesempatan pembelaannya di MKH, Roy membantah menerima suap Rp50 juta. Hal ini, menurut dia, bisa dilihat dari vonis yang dijatuhkan, dengan tetap menghukum berat terdakwa. (SIB/Jos/s)

12 pemikiran pada “Hakim PN Balige Roy M Napitupulu Dipecat

  1. Thanks for every other informative site. Where else may just I am getting that kind of info written in such an ideal way? I have a project that I am simply now working on, and I have been at the look out for such information.

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s