Polisi Buru Sindikat Pencuri Kerbau di Humbahas

Doloksanggul Polres Humbang Hasundutan (Humbahas), saat ini tengah memburu sindikat pencuri kerbau yang akhir-akhir ini marak terjadi di daerah itu. Pasca maraknya pencurian tersebut, pemilik ternak yang ada di Humbahas, kini sangat resah.

“Kita sudah banyak menerima laporan pengaduan masyarakat di sejumlah Polsek terkait pencurian kerbau itu. Untuk itu, saya sudah memerintahkan seluruh jajaran saya untuk memburu para pencuri kerbau. Kita menduga, para pelaku pencurian tersebut sudah memiliki jaringan atau sindikat,” ujar Kapolres Humbahas, AKBP Surya Sofian Hadi kepada wartawan, Jumat (22/10) di Doloksanggul.

Dikatakan Kapolres, para pencuri kerbau tersebut rata-rata beraksi pada malam hari. Untuk itu, ia juga memerintahkan jajarannya untuk melakukan razia dan sweeping pada malam hari. “Mereka (pencuri kerbau-red) rata-rata melakukan aksinya pada malam hari di saat warga sedang istirahat tidur. Jadi saya sudah memerintahkan setiap Polsek agar terus melakukan razia maupun sweeping pada malam hari,” katanya.

Kepada masyarakat, ia mengimbau, agar pemilik ternak tidak melepaskan begitu saja ternaknya di sebuah hamparan pada siang hari maupun malam hari. “Kalau ternak-ternak mereka itu dilepas begitu saja, akan memancing dan memudahkan aksi para pencuri itu. Jadi dijagalah ternaknya, bila perlu dibuat kandangnya,” pinta Surya Sofian Hadi.

Keamanan di tengah-tengah masyarakat bukan hanya tugas polisi semata. Untuk itu, kepada masyarakat juga diminta partisipasinya. “Jika sesuatu hal yang menyangkut gangguan ketertiban masyarakat itu ditemukan, segeralah laporkan kepada polisi. Atau minimal kepada kepala desa atau camat, marilah sama-sama menjaga keamanan di daerah ini,” terang AKBP Surya Sofian Hadi.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun wartawan dari berbagai sumber, pencurian kerbau di daerah itu sudah terjadi sejak 2 tahun terakhiri ini. Pencurian kerbau tersebut, marak terjadi di Kecamatan Lintongnihuta, Doloksanggul, Pollung, Onan Ganjang, Sijama Polang, Baktiraja dan Paranginan.

W Sihombing (56) warga Kecamatan Lintongnihuta, Minggu (24/10) kepada wartawan mengatakan, dirinya sangat khawatir akan keamanan ternaknya. Pasalnya, dari kampungnya sendiri di Desa Sigompul sudah pernah dua kali terjadi kehilangan kerbau.

“Untuk menjaga kerbau milik saya itu, terpaksa saya lakukan ibarat menjaga anak. Takut hilang, karena sudah dua kali terjadi kehilangan kerbau dari kampung ini, dan pelakunya tidak pernah ditangkap sampai sekarang,” ujar Sihombing.

Untuk menjaga kerbau miliknya, tukas Sihombing, ia terpaksa menugaskan satu anaknya untuk terus menjaga 5 ekor ternak kerbaunya jika dibawa ke sebuah hamparan perladangan. Sedangkan untuk malam harinya, ia terpaksa memasukkan kerbau miliknya ke kandang yang baru dibuatnya. (Metro/hsl)

Satu pemikiran pada “Polisi Buru Sindikat Pencuri Kerbau di Humbahas

  1. Posman sihite

    HORAS…saya minta tolong kepada bapak. atas jawapan masalah di atas.pd tgl…bln agustus thn 2011 saya dilapor seseorang ke polres humbahas sebagai pencuri dan penjual kerbaunya.dan akhirnya saya di panggil reskrim POLRES humbahas untuk diminta keterangan atas tuduhan tersebut.ternyata dari hasil penyidikan kepada saya dan tiga orang saksinya .bahwa yang mencuri kerbau itu adalah seorang dari ke tiga saksinya itu.dan sudah saya tandatangani di BAP.justru aku heran kenapa berkas pengaduan itu tidak diajukan kepengadilan sampai sekarang?DAN kenapa tersangka itu bisa melarikan diri? saya yang korban pencemaran nama baik tidak bisa di openi di polres dan di polsek doloksanggul.dan anehnyaPAK.kerbau itu adalah bantuan pemerintah untuk desa agro politan ke desa sileang dan kasus ini sudah saya lapor ke Dinas peternakan humbahas.dan harapan saya atas bantuan bapak supaya berkas itu dapat di ajukan ke pengadilan. terima kasih. hormat saya.:posman sihite dari desa sileang kec:doloksanggul..hp.081213107472

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s