Nikmatnya Mandi Air Soda di Desa Parbubu Tarutung

Tarutung – Bukan hanya soal mandi atau objek wisata pemandian, akan tetapi alam yang indah memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi para pendatang. Karena udara yang dingin, sejuk dan hamparan sawah yang terbentang di Rura (lembah) Silindung.

Memang harus diakui dari beberapa objek wisata yang ada di Taput, masih banyak yang belum dikelola secara maksimal sehingga kurang dikenal. Dari sekian banyak yang belum dikembangkan itu adalah objek wisata pemandian Air Soda di Dusun Aek Siansimun, Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Taput.
Sebenarnya tempat pemandian air soda ini bagi masyarakat Kecamatan Tarutung dan kota Tarutung sudah cukup dikenal, namun bagi masyarakat luar belum banyak yang mengenalnya. Boleh jadi lebih dikenal tempat pemandian air panas belerang di Kecamatan Sipaholon.

Kurang dikenalnya tempat pemandian Air Soda ini, disebabkan beberapa faktor. Yakni, kurang gencarnya sosialisasi dan lokasi tempatnya kurang tepat karena berada di Dusun Aek Siansimum, Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung.

Sebenarnya untuk mencapai Dusun Aek Siansimum atau dalam bahasa Bataknya berarti Dusun Air Timun tidaklah sulit. Karena hanya sekitar satu kilometer masuk dari lintasan Jalinsum Tarutung-Sibolga dan jalan ke lokasi juga sudah cukup bagus. Sebab, sudah bisa dilintasi kenderaan roda empat.

Lain Rasanya

Lokasi tempat pemandian air Soda itu memiliki keunikan tersendiri. Sebab berada di lokasi persawahan masyarakat yang terbentang luas dan sawah itu sendiri dialiri oleh air Soda. Sumber air Soda muncul dari dalam tanah dan secara terus menerus sehingga airnya berganti setiap detik dengan debit air yang cukup banyak. Air Soda yang keluar dari dalam tanah itu, dijadikan kolam untuk mandi air Soda.

Kolam mandi dibuat langsung di sumber air, sehingga membuat pengunjung kolam sangat terbatas. Padahal, bila sumber keluarnya air Soda itu tidak langsung dijadikan kolam untuk mandi, akan tetapi dibuat beberapa kolam yang airnya didatangkan dari sumber air soda, dapat lebih banyak menampung pengunjung. Seperti halnya dengan tempat pemandian air panas Belerang di Sipaholon. Kolam mandi dan kamar mandi air panas belerang mengalir dari satu sumber air panas, sehingga dapat dibuat puluhan kolam dan kamar mandi. Akibatnya, bila pengunjung ramai datang ke tempat pemandian air Soda di Parbubu, maka banyak pengunjung yang tidak dapat mandi atau harus antri dengan pengunjung yang lain agar dapat mandi air soda.

Di samping itu, lokasi untuk santai masih sangat terbatas. Karena belum banyak hadir penjual makanan dan minuman. Hanya ada satu tempat penjual makanan dan minuman, sehingga pengunjung sulit dan antri membeli. Belum lagi makanan dan minuman yang tersedia masih sangat terbatas. Melihat potensi yang ada agaknya tempat pemandian air soda, sudah waktunya memperluas dan merenovasi lokasi pemandian tersebut.

Perluasan tempat pemandian air Soda dengan membuat kolam-kolam baru dan menjadikan kolam yang ada sekarang ini sebagai sumber mata air yang disalurkan ke kolam-kolam yang akan dibangun.

Memang untuk perluasan ini, Pemkab Taput harus bekerja sama dengan masyarakat setempat. Yakni, mereka yang memiliki lahan di sekitar sumber air Soda yang ada sekarang ini. Sebab, di lokasi sumber air soda itu adalah areal persawahan masyarakat dan bukit perladangan masyarakat.

Cukup Potensi

Melihat potensi yang ada, bukan tidak mungkin tempat pemandian air soda Parbubu menjadi objek wisata yang mampu mendatangkan turis mancanegara.

Kenyataannya, kini objek pemandian air ini masih tertinggal, belum banyak masyarakat luas yang mengetahuinya dan pengunjungnya juga masih terbatas dari kalangan wisatawan local. Yakni dari masyarakat sekitar Taput, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dan kabupaten lain di Tapanuli. (Metro/int)

Iklan

Satu pemikiran pada “Nikmatnya Mandi Air Soda di Desa Parbubu Tarutung

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s