Pagi Ini, Arafat Sidang Perdana

Jakarta — Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menggelar sidang perdana tersangka Kompol Arafat Enanie terkait mafia kasus Gayus Halomoan Tambunan, Senin (19/7/2010), dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum. Arafat adalah salah satu penyidik Bareskrim Polri yang menangani kasus korupsi, pencucian uang, dan penggelapan yang menjerat Gayus.

“Ya,” ucap Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Yusuf melalui pesan singkat kepada wartawan ketika ditanya apakah hari ini sidang perdana Arafat.

Dalam situs resmi Kejari Jaksel, Kompol Arafat dan penyidik lain, AKP Sri Sumartini, akan didakwa menerima pemberian atau janji dari Gayus dan Haposan Hutagalung senilai 45.000 dollar AS dan 5.000 dollar AS. Suap itu agar penyidik tidak menyita barang bukti rumah Gayus di Pondok Indah yang diduga hasil tindak pidana.

Arafat dikenakan Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Sidang akan dipimpin hakim Haswandi dengan panitera Ayu Triana.

Seperti diberitakan, sebelumnya Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyidangkan terdakwa Alif Kuncoro dalam kasus yang sama. Tersangka lain, Sri Sumartini, masih menunggu jadwal sidang setelah berkas perkara dilimpahkan pekan lalu.

Arafat telah menjalani sidang kode etik profesi di Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri. Rekomendasi berdasarkan kode etik Polri adalah pemberhentian tidak dengan hormat terhadap Arafat. Namun, Kabareskrim Polri Komjen Ito Sumardi selaku atasan Arafat belum memberi keputusan atas rekomendasi itu. Keputusan akan diberikan setelah sidang pidana inkrah atau mempunyai kekuatan hukum tetap. (Kompas)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s