Menhub Luncurkan KMP Sumut I dan II

Rute Simanindo-Tigaras & Muara-Nainggolan

Menhub Freddy Numbery memecah-kan guci bunga di badan kapal menandai peluncuran KMP Sumut I dan II di dermaga Simanindo Tobasa.

Balige – Menteri Perhubungan (Menhub), Freddy Numbery meresmikan peluncuran Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sumut I dan Sumut II di Dermaga Simanindo, Balige, Toba Samosir (Tobasa), Jumat (16/7). Kedua KMP yang dibangun dengan biaya APBN sebesar Rp13,5 miliar ini rencananya akan melayani rute Tigaras (Samosir)-Simanindo (Balige) dan rute Muara (Taput)-Nainggolan (Samosir).

“Keberadaan KMP Sumut I dan II ini adalah untuk melayani masyarakat, khususnya di daerah-daerah kawasan Danau Toba, yang memiliki keindahan alam dan potensi pengembangan sektor pariwisata. Maka peluncuran KMP ini menjadi dasar program terpadu untuk menggali potensi Danau Toba ke depan,” papar Freddy dalam arahannya.

Freddy menekankan agar seluruh sarana tranportasi perhubungan di kawasan Tapanuli dapat disinergikan, agar seluruh potensi pariwisata di kawasan Danau Toba dapat digali. Apalagi dengan keberadaan Bandara Silangit Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput) yang terus dikembangkan. “Semua itu akan mendongkrak pendapatan daerah yang memadai,” katanya sembari meminta agar pemerintah daerah dan masyarakat sama-sama menjaga aset Negara tersebut demi kepentingan bersama.

Peluncuran diawali dengan persembahan tor-tor dari sanggar tari Pemkab Tobasa dan doa. Kemudian ditandai dengan penandatanganan plakat oleh Freddy Numberi dan Mangindar Simbolon yang mewakili Gubsu, Syamsul Arifin. Selanjutnya dilakukan pengguntingan pita di pintu KMP Sumut oleh Ny Annie Numbery, dan pemecahan guci berisi bunga oleh Menhub.

Tampak hadir pada acara tersebut di antaranya Anggota DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba, Kadishub Sumut Naruddin Dalimunthe dan jajarannya, Kajatisu Sutiono Usman Adji, tokoh masyarakat dan adat Tapanuli serta para undangan lainnya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, atas nama seluruh masyarakat di 7 kabupaten kawasan Danau Toba  menyampaikan terima kasih kepada Menhub, atas peluncuran kedua KMP tersebut.

Menurutnya, dengan keberadaan KMP Sumut I dan II, maka akan membuka jalur transportasi ke dan dari Kabupaten Samosir, yang selama ini masih dikenal sebagai daerah terisolasi. Apalagi selama ini, kata Mangindar KMP di Danau Toba dioperasionalkan pengusaha swasta untuk rute Ajibata-Tomok.

“Akses tranportasi danau keluar dan masuk Samosir semakin terbuka, Samosir tidak lagi daerah terisolasi karena dikelilingi Danau Toba,” ujar Mangindar sembari menyampaikan bahwa 7 kabupaten di kawasan Danau Toba sepakat untuk memajukan aspek pariwisata.

Dalam laporannya, Naruddin Dalimunthe menjelaskan pengoperasian KMP Sumut I dan II dilakukan oleh pemerintah daerah, sebagai prioritas pengembangan sektor perhubungan tahun 2009. Naruddin mengatakan, docking KMP Sumut I dan II dilakukan di Balige. Kedua KMP tersebut masing-masing berkapasitas 40 penumpang dengan maksimal dapat mengankut 6 truk.

Terpisah, Kadishub Samosir, Maringan M Simbolon mengatakan, dalam masa uji coba selama 4 bulan ini, KMP Sumut I akan melayani rute Simanindo-Tigaras tanpa dipungut biaya. Sedangkan KMP Sumut II akan maksimal dioperasikan pada Januari 2011 nanti, menunggu keluarnya Peraturan Gubsu tentang tarif dan dermaga Nainggolan yang belum rampung dikerjakan. “Nantinya, jadwal keberangkatan kedua KMP ini 5 trip pulang-pergi (PP) setiap hari dengan rutenya masing-masing. Dan untuk tarifnya, mungkin tidak jauh berbeda dengan tarif KMP Tao Toba. Namun kedua hal itu masih dalam tahap pembahasan, kita tunggu saja hasilnya,” jelasnya. (Metro/mora)

8 pemikiran pada “Menhub Luncurkan KMP Sumut I dan II

  1. Hello There. I found your weblog the usage of msn. This is a very well written article. I will make sure to bookmark it and come back to read more of your useful information. Thanks for the post. I’ll certainly return.

  2. Hey, with the abundance of crappy blogs around it’s great to see that there are still some filled with great content! Is there any way I can be alerted when you create a new post? thank you!

  3. I’d have to give green light with you on this. Which is not something I typically do! I really like reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s