HUT Bhayangkara ke 64 Tahun di Taput dan Tobasa

Tarutung Jajaran Polres Tapanuli Utara (Taput) dan Polres Toba Samosir (Tobasa) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 64 tahun dengan melakukan upacara bersama sekaligus syukuran, Kamis (1/7). Untuk memeriahkan acara, kedua daerah ini melakukan pemotongan nasi tumpeng.

Pada kesempatan itu, Polisi diminta membangun karakter melalui kepemimpinan yang unggul, kemitraan, profesionalisme, dan etika prima. Sesuai renstra Polri 2010-2015 yakni membangun kemitraan (partnership building), sebagai lanjutan tahapan Renstra Polri 2004-2009.

Demikian disampaikan Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Taput, AKBP J Didiek DP SH. Kapolri menyebutkan, renstra tersebut bagian dari upaya pencapaian grand strategy Polri 2004-2025 yang meliputi pembenahan di bidang struktural, instrumental dan kultural. Tujuannya, untuk merubah budaya dan peningkatan kinerja Polri sejalan dengan tuntutan transparansi dan akuntabilitas publik.

Pembenahan tersebut telah dibuktikan dengan berbagai inovasi dan raihan prestasi Polri, di antaranya pada bidang lalulintas dengan integrated system pelayanan dan perpanjangan SIM, STNK, BPKP (SSB) secara on line, dan goes to campus and school ke tingkat TK , SD , SMP, SMA, dan universitas.

Pada bidang reserse, telah dirumuskan dan dilaksanakannya blue print reserse dan program keroyok serse. Berbagai pengungkapan kasus narkoba, perjudian, dan kejahatan konvensional (curas, curat, dan pembunuhan). Polri juga mendapat opini wajar tanpa pengecualian, serta mendapat predikat sebagai lembaga pengelola keuangan terbaik dari BPK RI .

Selain itu, Polri juga telah berhasil dengan program unggulannya yakni quick wins yang bersifat bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berdaya ungkit yang kuat. “Program ini kemudian dikembangkan dengan fokus pembenahan pada aspek penegakan hukum,” tandasnya.

Untuk mempercepat program membangun kemitraan, Polri melakukan langkah nyata untuk meningkatkan kepercayaan dan jalinan kemitraan dengan segenap elemen masyarakat melalui bulan bhakti pelayanan prima Polri.

“Agar budaya positif tersebut tercipta di tengah-tengah masyarakat, maka setiap anggota Polri harus menjadi pelayan, panutan, berkinerja optimal, dimana pun ia berada. Dan keberhasilan Polri memberantas terorisme adalah kesuksesan membangun kemitraan bersama masyarakat,” ujarnya.

Ketua Pengadilan Negeri Tarutung, Gosen Butarbutar dalam sambutannya mewakili Uspida Taput berpesan agar kiranya Polri ke depan semakin bijaksana dan dewasa. Karena fungsi dan tugas Polri sangat sentral di tengah-tengah masyarakat, maka jangan sampai Polri menjadi momok bagi masyarakat itu sendiri.

“Kita memahami bahwa jumlah personil Polri tidak sebanding dengan jumlah masyarakat. Namun dengan menjalin kemitraan dengan segenap elemen pemerintah dan masyarakat, maka fungsi dan tugas tersebut dapat dicapai dengan baik,” papar Gosen sembari menyampaikan selamat kepada Kapolres Taput yang telah berhasil dengan baik menjalankan tugas dan fungsinya selama ini.

Tampak hadir di antaranya Bupati Taput, Torang Lumbantobing, Dandim 0210 TU, Letkol Arh Ramses Lumbantobing, Wakil Bupati Taput, Bangkit P Silaban, Anggota DPRD Taput Jasa Sitompul dan Mosir Simbolon, purnawirawan Polri serta beberapa tokoh masyarakat, serta segenap jajaran perwira dan bintara se-Polres Taput.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana HUT Bhayangkara ke-64 Polres Taput yang juga Wakapolres Taput, Kompol Den Marthin Nasution melaporkan, peringatan HUT Bhayangkara tahun ini dirangkai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya dengan menggelar bhakti sosial, gotongroyong di rumah-rumah ibadah dan di pasar, sunatan massal, donor darah, gerak jalan santai, perlombaan olah raga, lomba kebersihan polsek, ziarah ke makam pahlawan, dan kunjungan khususnya ke desa-desa yang bergejolak isu begu ganjang.

Dalam acara tersebut, dilakukan pemberian nasi tumpeng oleh Kapolres dan istri kepada anggota termuda Bripda Happy Boy Siburian anggota Sat Samapta, dan anggota tertua diterima oleh Kompol A Harahap Kabag Bina Mitra. Juga pemberian bingkisan kepada kepada para beberapa purnawirawan Polri, Wirakawari, istri purnawirawan dan anak yatim di wilayah hukum Polres Taput.

HUT Bhayangkara di Tobasa Berlangsung Sederhana

Perayaan HUT Bhayangkara ke 64 tahun di Tobasa berlangsung sukses dan sederhana. Usai upacara dilanjutkan penyerahan piagam kepada anggota Polres yang berprestasi.

Kapolres Tobasa AKBP Musa Tampubolon yang berindak inspektur upacara mengatakan, Polri jangan sampai mencoreng nama Kepolisian dan tetap memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tobasa juga meminta maaf atas segala kekurangan dan kesalahan Polri  yang belum mampu memberikan pengabdian kepada masyarakat dan selalu memperbaiki segala pelayanan yang kurang baik.

Bupati Tobasa, Drs Monang Sitorus SH MBA juga mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke 64 dan menyampaikan pujian kepada jajaran Polres Tobasa atas keberhasilan kemitraan  dalam melaksanakan Pemilukada secara damai, aman dan kondusif.

Usai melakukan upacara dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati. Selanjutnya pemberian hadiah kepada para pemenang perlombaan poskamling tingkat Kabupaten Tobasa. Yakni, juara I Pasar Lumbanjulu, juara II Desa Siraja Gurat Kecamatan Lobugoti dan juara III Dusun Tingkat I Kecamatan Silaen. Penghargaan diterima perwakilan masing-masing kepala desa. Acara itu juga sekaligus memberikan cendramata kepada Bripda Sarwoedi sebagai polisi berprestasi selama masa jabatannya. (Metro/mora/cos)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s