Naskah UN Tertukar, Rp 1,3 Miliar “Melayang”

DENPASAR— Ujian nasional di sejumlah SMA di Kabupaten Karangasem, Bali, terancam diulang. Pasalnya, soal Bahasa Inggris dan Antropologi sudah beredar sebelum ujian dilaksanakan.

Hal tersebut bisa terjadi karena naskah soal Bahasa Indonesia yang diujikan, Senin (22/3/2010), tertukar. Sampul yang seharusnya berisi soal Bahasa Indonesia ternyata berisi soal Bahasa Inggris dan Antropologi. Meski demikian, soal tersebut belum sempat dibagikan kepada siswa. Ujian Bahasa Indonesia pun akhirnya dilakukan sebagian siswa menggunakan soal fotokopi.

Peristiwa tersebut memicu kekesalan Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Kekesalan Pastika ini cukup beralasan karena Pemerintah Provinsi Bali tahun ini telah menggelontorkan dana Rp 1,3 miliar untuk ujian nasional. Namun, ternyata, masih ada kesalahan yang cukup fatal dalam pendistribusian soal.

Pengawalan ketat polisi terhadap naskah soal ujian nasional ternyata tak sepenuhnya menjamin soal tidak bocor ke lapangan. Pastika juga menyalahkan pihak percetakan yang dianggap lalai saat memasukkan naskah ke dalam sampulnya sesuai mata ujian. (Kompas)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s