Calon Ketua DPRD Dairi Hangat Diperbincangkan

Sidikalang (Nababan) – Calon anggota DPRD Kabupaten Dairi periode 2009-2014 terpilih hasil Pemilu legislatif 9 April dijadwalkan dilantik 8 Oktober mendatang, namun saat ini soal figur calon ketua dewan sudah menjadi perbincangan hangat masyarakat. Sesuai UU Susunan dan Kedudukan (Susduk) MPR, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota, Ketua DPRD Dairi 2009-2014 berasal dari Partai Golkar sebagai partai yang memperoleh suara terbanyak Pemilu legislatif di Dairi.
Menurut keterangan diperoleh wartawan dari KPUD dan DPRD Dairi, komposisi pimpinan DPRD Dairi lima tahun mendatang akan diisi satu ketua dan dua wakil ketua. Kursi ketua akan diisi Partai Golkar, sedangkan wakil ketua diisi PDIP dan Partai Demokrat sebagai pemenang kedua dan ketiga Pemilu. Ketiga partai tersebut, bersama Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) sama-sama meraih 4 kursi DPRD Dairi.
Ketua DPC PDIP Kabupaten Dairi Ir Benpa Hisar Nababan, kepada wartawan, Sabtu (22/8) membenarkan pihaknya berhak menduduki satu posisi wakil ketua DPRD Dairi sesuai UU Susduk. Ditanya siapa yang bakal duduk di sana, Benpa menjelaskan di PDIP sudah ada aturan yakni SK DPP PDIP Nomor 411/2009 tentang pengangkatan pimpinan DPRD. Dalam SK tersebut dinyatakan pimpinan DPRD diutamakan dari pengurus, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara.
Sementara Ketua DPC Partai Demokrat Dairi Sumihar Silalahi yang ditanya pers, mengatakan satu posisi wakil ketua DPRD Dairi yang akan diisi Partai Demokrat masih digodok partai. “Masih diseleksi di tim 9, ada beberapa nama di tangan tim yang sedang bekerja, nanti kalau sudah jelas saya beritahu,” ujar Sumihar Silalahi.
Menurut pantauan wartawan, yang menjadi perbincangan hangat masyarakat kini adalah siapa bakal yang duduk sebagai calon ketua dewan. Sejauh ini setidaknya terdapat dua nama yang disebut-sebut berpeluang besar menduduki jabatan itu, yakni Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Dairi Leonard S Samosir BA (juga ketua dewan saat ini) dan Delphi Masdiana Ujung SH. Belum diperoleh informasi jelas soal mekanisme internal partai berlambang pohon beringin itu dalam menetukan pimpinan DPRD. Samosir sendiri yang dihubungi wartawan mengatakan belum bisa menjelaskan secara rinci. (SIB/T14/m)

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s