Gugatan Pilkada Taput-Nababan

Perkara Gugatan Pilkada Tapanuli Utara di PN Tarutung diundur

Tarutung (Nababan)
Perkara gugatan terkait pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Tapanuli Utara, Senin,(5/1) di Pengadilan Negeri (PN) Tarutung diundurkan karena pihak berperkara penggugat dan tergugat tidak hadir.
Sesuai dengan pengunduran sidang sebelumnya acara kali ini seyogianya untuk mediasi guna membantu menjembatani perdamaian bagi kedua pihak berperkara.
Dalam persidangan yang terbuka untuk umum dipimpin Saorasi Silalahi SH MH (Wakil Ketua PN Tarutung) dibantu anggotanya Andre Partogi SH dan Frans Manurung SH ketidak hadiran penggugat dan tergugat tidak diketahui apa alasannya.Sehingga majelis hakim mengundurkan persidangan.
Humas Pengadilan Negeri Tarutung DP Nababan SH MH kepada SIB mengatakan, untuk persidangan berikutnya penggugat dan tergugat akan dipanggil melalui surat tertulis, bila penggugat dan tergugat tidak hadir lagi maka gugatan akan dinyatakan gugur.
Selanjutnya dikatakan jika penggugat hadir dan tergugat-tergugat tidak hadir maka pemeriksaan dilanjutkan dengan pembuktian. Dan bila kedua belah pihak hadir maka acara dilanjutkan dengan mediasi sesuai dengan Perma No 1 tahun 2008,ujar DP Nababan SH MH.
Perkara tersebut atas gugatan 4 kandidat Bupati Tapanuli Utara yakni Samsul Sianturi Cs yang didaftarkan di PN Tarutung dengan nomor perkara No. 56/Pdt.G/2008/PN-TRT yang didaftarkan kuasa hukum para penggugat yaitu Rosmawar Hutapea SH.
Dalam gugatan tersebut pihak penggugat menggugat sebanyak 61 orang tergugat terdiri dari Mendagri, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing, Bangkit P Silaban SE, Sekdakab Tapanuli Utara, Kepala Kantor Catatan Sipil Taput, 14 Camat se-Tapanuli Utara minus Camat Pagaran, 36 kepala desa (Kades), KPU Pusat, KPU Sumut, KPU Taput dan Panwaslu Taput.
Dapat ditambahkan dalam persidangan sebelumnya atau sidang pertama Rabu (3/12) yang dihadiri kuasa penggugat terdiri dari Rosmawar Hutapea SH, Berman S SH, Beverly Charles Panjaitan SH. Sementara tergugat yang hadir hanya Panwaslu Kabupaten Tapanuli Utara yakni 3 anggota Panwaslu Taput sedangkan tergugat lainnya tidak hadir
Untuk persidangan selanjutnya Majelis Hakim Saorasi Silalahi SH MH diundurkan sampai 28 Januari mendatang. (RN)

Satu pemikiran pada “Gugatan Pilkada Taput-Nababan

  1. Syalom jala horassss….
    ai boha do puang jadi ni Pilkada TAPUT i..
    addigan do huroa pilkada i ulang on na,
    ai hami anak ranto sian Taput gabe maila do puang umbege barita keadaan ni pilkada i di bonapasogit.
    ba tu pamarenta di Bon Pas baen hamu contoh nadenggan lumobi ma tu akka hami generasi2 penerus, asa tubu rohanami haduan dung sidung sikkola nami mangalehon perhatian tu hutatta na tahaholongi i.
    amen!!!

    _ Sarif, Mediana, Nunita _

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s