8 April 2014, Masa Jabatan Toluto Berakhir

Pelantikan Bupati Terpilih Belum Ditentukan
KPUTARUTUNG – Jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Taput terpilih periode 2014-2019 masih belum ditentukan. Pasalnya, masa jabatan bupati dan wakil bupati saat ini Torang Lumbantobing-Bangkit Parulian Silaban, akan berakhir Selasa (8/4) mendatang.

Demikian disampaikan Plt Sekda Taput HP Marpaung, kepada wartawanMenurutnya, jadwal pelantikan belum ditentukan karena masa jabatan kepala daerah sekarang, berakhir pada Selasa 8 April mendatang.

“Pelantikan pasangan bupati terpilih, belum ada dijadwalkan. Sebab, kita masih menunggu proses lanjutan tahapan pilkada yang sedang berjalan. Karena sesuai mekanisme pelantikan, itu dilakukan setelah hasil pleno penetapan KPU disampaikan ke bupati dan DPRD. Selanjutnya, diteruskan ke Mendagri, lalu diSK-kan Gubsu,” terang Marpaung.

Hal senada dikatakan Sekwan DPRD Taput Djanter Sinaga yang dihubungi melalui telepon selulernya. Pihaknya belum menjadwalkan pelantikan pasangan calon (paslon) bupati dan waki bupati terpilih karena masih menunggu hasil pleno KPU terkait pleno penetapan paslon terpilih.

“Kami masih menunggu hasil pleno dari KPU. Kalau sudah ada, baru akan dibahas melalui badan musyawarah (Banmus). Dalam Banmus itu menjadwalkan rapat paripurna penetapan pelantikan bupati terpilih. Terkait kapan hasil pleno disampaikan, itu merupakan kewenangan KPU,” ujar Sinaga.

Menurutnya, jadwal dari hasil rapat paripurna DPRD selanjutnya dikirim ke Gubsu. Setelah itu, Gubsu yang akan melaporkan ke Mendagri. Kemudian, Mendagri akan menyetujui rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.

Sementara itu, Ketua KPU Taput Lamtagon mengaku pihaknya belum menyampaikan hasil penetapan paslon terpilih pilkada putaran kedua kepada Bupati dan DPRD. Penyebabnya karena mereka masih menunggu ada atau tidak gugatan hasil pilkada itu.

“Kami memang belum menyampaikan hasil penetapan pilkada kepada Bupati dan DPRD setempat. Sebab, kita masih menunggu ada tidaknya gugatan atas hasil pilkada tersebut. Kalau ada gugatan, maka kita surati hasil pilkada ada gugatan. Jika tidak, maka hasilnya akan kita sampaikan secepatnya,” tandasnya.

Dia menjelaskan, setelah ditetapkan pasangan bupati terpilih, KPU selanjutnya akan menyampaikan hasil pilkada tersebut ke bupati dan DPRD. “Nanti, DPRD akan mengusulkan SK penetapan ke Mendagri melalui Gubsu,” paparnya.

Masih Lamtagon, kepada paslon yang tidak puas atas hasil pilkada yang digelar Kamis (6/3) lalu, masih diberi kesempatan untuk menyampaikan gugatan ke Mahkamah Konsitusi (MK). Laporan itu bisa disampaikan selama tiga hari kerja atau lima hari kalender setelah paslon ditetapkan.

“Mereka (pasangan yang menggugat) diberi waktu tiga lima hari kerja. Jadwalnya mulai Kamis (13/3), Jumat (14/3) dan Senin (17/3) untuk mendaftarkan gugatan tersebut. Jika dalam rentang waktu itu tidak ada gugatan yang didaftarkan ke MK, maka kami akan langsung menyerahkan hasil pilkada putaran kedua ke bupati dan DPRD. Setelah melalui proses, maka pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih bisa dilakukan,” ucapnya.

Sebelumnya, KPU Taput melalui rapat pleno, Rabu (12/3) menetapkan paslon nomor urut 5, Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir sebagai bupati dan wakil bupati terpilih untuk periode 2014-2019.

Pasangan itu meraih 72.735 suara atau sekitar 52,65 persen. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara itu, NIKMAT unggul sekitar 7.328 suara atas pasangan nomor urut 4 Saur Lumbantobing-Manerep Manalu (SAURMA).

NIKMAT meraih 72.735 suara dari 138.142 suara sah. Sedangkan SAURMA memperoleh 65.407 suara atau sekitar 47,35 persen. (bl)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.373 pengikut lainnya.