KPU Sumut: Tak Ada Alasan Pilkada Dairi Ditunda

KPUSidikalang - Pengamanan di kawasan sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Palapa Sidikalang diperketat. Letusan senjata dilepas petugas Brimob bertubi-tubi hingga terdengar jarak jauh, Selasa (8/10) sore. Salah seorang warga Tamrin Manik terkena peluru nyasar hingga menderita luka tembak di bagian paha kanan. Dia dilarikan ke RSU Sidikalang guna perawatan.

Pantauan wartawan, beberapa pria ditarik paksa ke mobil khusus polisi. Petugas juga melarang wartawan mengambil gambar. Rudi Sinaga kontributor MetroTV menyebutkan, moncong senjata di arahkan ke bagian kepala ketika akan mengambil telepon genggam di kantin KPU.

Pasukan keamanan juga mendekat kediaman Drs Parlemen Sinaga MM salah seorang calon bupati di Jalan Masjid. Polisi minta agar kerumunan warga di depan rumah itu dibubarkan.

Kapolres melalui Kasubbag Humas AKP Lamhot Limbong menjelaskan, siang itu, sejumlah massa mendatangi kantor KPU untuk bertemu komisioner. Pada waktu itu, ruangan kosong. Menurutnya, bukan kapasitasnya menerangkan dimana posisi komisioner. Merasa tidak puas, massa mendobrak pintu lalu mengambil sejumlah kertas suara dan kotak suara.

Belum diketahui berapa jumlah surat dan kotak suara suara yang hilang. Satu di antaranya dikembalikan setelah diamankan polisi dari jalan. Polisi datang untuk pengamanan. Dalam peristiwa itu, delapan orang diamankan. Masih berstatus saksi.

Nertralitas

Ir Hasudungan Pasaribu Wakil Ketua DPC Partai Gerindra menyatakan prihatin terhadap peristiwa itu. Netralitas dan dugaan manipulasi pemilih serta distribusi logistik bermasalah berdampak pada bentrok masyarakat dengan polisi. Padahal, apa yang diprotes warga adalah demi pesta demokrasi jujur dan adil.

Masyarakat mengawal setiap potensi penyimpangan, namun lembaga penyelenggara tak mengakomodir aspirasi. Menurutnya, kualitas pilkada ini sangat buruk dan tak layak diteruskan. Hak demokrasi dizalimi. DPT siluman dan persoalan lainnya mesti dijernihkan sebelum pemungutan suara. Pilkada harus diundur, ujar Hasudungan Pasaribu.

Dikatakan, polisi juga perlu fokus menyikapi potensi kecurangan. Polisi sebaiknya bagian dari solusi.

Pandapotan Silalahi, anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD mendesak, Kapolres mengembalikan seluruh pasukan Brimob dan Polres bantuan ke lokasi semula.

Tak Ada Alasan

Terpisah, salah seorang komisioner KPU Sumut Yulhasni, menegaskan, tidak ada alasan KPU menunda pelaksanaan Pemilukada Dairi. Semua tahapan sudah berjalan sesuai jadwal dan aturan. Begitu juga distribusi surat suara sudah sampai di tiap desa/ kelurahan.

“Situasi masih terkendali dan tidak ada pernyataan dari pihak keamanan jika keamanan di Dairi dalam kondisi darurat. Yang bisa membatalkan atau menunda Pilkada bukan KPU, tetapi Mendagri,” tegas Yulhasni.

Dia menilai, kerusuhan di Dairi sudah tidak murni lagi, tetapi disusupi oleh orang-orang tertentu yang ingin menggagalkan Pilkada Dairi. “Tegasnya, Pilkada Dairi tetap dilangsungkan 10 Oktober, dan tidak ada alasan untuk ditunda,” ujar Yulhasni. (ssr/sug)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.630 pengikut lainnya.