Berbeda Pilihan, Pilbup Taput jangan Sampai Merusak Persaudaraan dan Adat

Bisman Nababan, Ph.D

Bisman Nababan, Ph.D

Oleh : Ir Bisman Nababan, MSc, Ph.D

Ajang demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara yang akan dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2013 dapat meninggalkan penyakit kronis di halak batak yaitu yang bersaudara (satu keluarga) menjadi tidak satu adat (ndang saparadatan) dan saling membenci sata sama lain hanya karena memiliki pilihan yang berbeda. Peluang ini sangat besar terjadi mengingat begitu banyaknya calon yang ingin menjadi pemimpin di Taput sehingga mereka akan berusaha sekeras mungkin untuk dapat meraih suara dari rakyat dan tidak mustahil para calon akan melakukan kampanye transaksional melalui tim suksesnya.
Bibit perpecahan dalam satu keluarga ini sudah ditunjukkan oleh para calon bupati dan wakil bupati tersebut dimana antar satu marga sendiri tidak dapat bersatu dan berdamai untuk menyatukan pendapat dan keinginan sehingga harus maju dua calon dari satu marga yang sama. Banyaknya pasangan calon bupati dan wakil bupati yang melamar juga memperlihatkan betapa banyaknya orang yang berambisi menjadi pemimpin di Taput. Seyogianya para calon pemimpin itu harus dapat memberikan teladan kepada rakyat bahwa visi dan misi persatuan dan kesatuan merupakan salah satu syarat kesuksesan dalam memimpin rakyat yang heterogen. Kegagalan para calon bupati dan wakil bupati yang bersaudara (satu marga) untuk dapat bersatu menunjukkan tingkat egoisme yang sangat tinggi diantara calon tersebut dan hal ini merupakan contoh yang sangat buruk terhadap rakyat Taput. Calon pemimpin yang baik juga harus mampu mengalah untuk meraih kemenangan dan sebuah kemenangan bukan berarti harus bupati atau wakil bupati.
Calon Bupati dan Wakil Bupati Jujur vs. Biaya Kampanye Mahal
Melihat rekam jejak para calon, secara umum para calon ini sudah mapan dalam ekonomi dan beberapa diantara mereka sudah memiliki pengamalan mumpuni dalam pemerintahan ataupun swasta. Sehingga secara teori, para calon ini bisa memberikan harapan yang baik kepada rakyat untuk dapat membangun dan memajukan perekonomian Taput. Melihat dari visi dan misi mereka, para calon ini juga tidak ada yang ketinggalan dalam mengumbar janji-janji manis. Namun rakyat mungkin belum mendapat penjelasan yang benar bagaimana para calon itu dapat melaksanakan janji tersebut kelak terpilih menjadi bupati dan wakil bupati mengingat sumber penghasilan daerah yang sangat minim. Mungkin juga rakyat tidak perduli akan penjelasan itu karena didasari oleh rasa emosi atau kekeluargaan yang tinggi yaitu yang penting satu marganya menjadi pemenang tanpa alasan yang rasional.
Faktor lain yang sangat menggangu adalah besarnya biaya kampanye yang harus ditanggung para calon karena dari pengamatan saya sendiri di lapangan rupanya setiap kunjungan para calon ke tiap-tiap desa selalu dibarengi dengan acara makan belum lagi untuk biaya tim sukses dan baliho yang banyak bertebaran di segala penjuru serta biaya adat lainnya. Boleh dibayangkan berapa banyak desa yang ada di taput yang perlu dikunjungi oleh setiap calon dan diberi makan untuk setiap orang yang datang sebelum dan saat kampanye. Besarnya biaya kampanye ini menimbulkan pertanyaan bagi kita kenapa para calon itu mau mengeluarkan dana yang begitu besar padahal gaji seorang bupati dan wakil bupati relatif sangat kecil dibandingkan pendapatan sebagian dari mereka saat ini. Hal ini yang membuat kita bertanya, apakah para calon ini benar-benar jujur mau mengabdi dan membangun Taput? Artinya, apakah para calon ini sudah rela rugi hanya untuk mendapatkan jabatan bupati atau wakil bupati? Dengan perhitungan matematik, secara jujur biaya kampanye mereka tidak akan dapat kembali dengan mengharapkan gaji dan tunjangannya sebagai bupati atau wakil bupati Taput.
Bilamana rakyat Taput menginginkan pemimpinnya membawa perubahan dan kemajuan maka rakyat Taput diharapkan dapat memilih calon pemimpinnya yang benar-benar jujur untuk mengabdi dan membangun Taput. Untuk itu rakyat Taput memiliki tugas berat untuk dapat menilai para calon tersebut dan dapat memilih calon yang benar-benar jujur untuk mengabdi dan membangun Taput bukan karena adanya hubungan darah atau keluarga atau adat. Rakyat Taput juga harus mampu menilai para calon tersebut yang mampu membawa perubahan dan perekonomian Taput yang lebih maju kedepan.
Membangun Taput dengan Pemanfaatan Ilmu dan Teknologi serta Pemimpin yang Jujur
Taput merupakan salah satu kabupaten miskin dan memiliki sarana transportasi yang masih perlu dibenahi di Indonesia sehingga diperlukan upaya yang serius dan nyata untuk membangun Taput. Kemajuan ilmu dan teknologi yang berkembang dengan pesat dan banyaknya tenaga ahli dari keturunan batak khususnya kelahiran Taput maka seyogianya kemiskinan daerah taput bisa diatasi bilamana Taput memiliki pemerintah yang benar-benar jujur dan mampu mempersatukan rakyat Taput itu sendiri dan perantau. Pemerintah Taput terpilih nantinya juga seyogianya mengerti dan mengikuti kemajuan ilmu dan teknologi yang ada sehingga rakyat Taput perlu menilai dengan seksama siapa diantara calon itu yang jujur dan memiliki kemampun dan kapasitas dalam perkembangan ilmu dan teknologi.
Dengan perkembangan ilmu dan teknologi, tanah Taput yang relatif tidak subur seyogianya dapat kita tingkatkan atau ubah menjadi daerah penghasil pertanian utama di Sumatra Utara khususnya dan di Sumatra secara umum melalui pertanian modern. Hal ini bukan hanya sebuah impian belaka melainkan sesuatu hal yang dapat kita implementasikan seperti tanah bebatuan di Israel dengan pemanfaatan ilmu dan teknologi modern atau pertanian hidroponik maka Israel menjadi penghasil pertanian utama di negera timur tengah. Contoh lain, Florida yang hanya ditutupi pasir dapat dirubah menjadi penghasil jeruk utama di Amerika sehingga penduduk disana bisa minum jus jeruk setiap hari dengan harga yang sangat murah.
Banyaknya sungai-sungai yang mengalir di daerah Taput dan banyaknya kolam diam serta adanya danau toba bisa digunakan dan dikembangkan sebagai lahan pengembangan usaha perikanan untuk menambah diversifikasi penghasilan rakyat Taput dan untuk memenuhi kebutuhan protein yang berasal dari ikan. Giatnya Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam mengembangkan produksi ikan dan ekspor ikan ke luar negeri harus dapat dimanfaatkan pemerintah Taput nantinya untuk meningkatkan perkenomiannya. Banyaknya lahan tidak produktif di Taput bisa dikembangkan untuk lahan peternakan untuk menambah penghasilan dari ternak dan sumber protein hewani. Tanah yang saat ini kurang produktif juga dapat kita konversi menjadi lahan hutan rakyat atau lahan tanaman keras seperti kopi atau buah-buahan untuk diversifikasi ekonomi dari sektor kayu dan buah-buahan.
Bandara Silangit yang akan dikembangkan menjadi bandara internasional sangat membantu percepatan pembangunan Taput karena dengan tersedianya bandara bertaraf internasional ini akan mempermudah akses pelaku ekonomi dari Jakarta maupun daerah lainnya dan luar negeri untuk dapat melakukan transaksi ekonomi atau pengembangan bisnis di Taput. Ketersediaan bandara internasional Silangit ini juga akan menjadikan Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata alternatif di dunia bilamana pemerintah Taput bersama-sama dengan rakyatnya dapat mengembangkan potensi wisata di Danau Toba. Untuk itu rakyat Taput harus dapat dengan jeli memilih calon bupati dan wakil bupati Taput yang nantinya pada periode awalnya sudah dapat dengan segera melakukan lobby-lobby dan upaya percepatan pembangunan bandara Silangit. Semakin cepat pembanguan bandara Silangit menjadi bandara internasional maka pembangunan di Taput akan semakin cepat berkembang.
Proses pergerakan dan pengembangan ekonomi tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang ada khususnya prasarana jalan baik jalan darat maupun jalan udara. Saat ini Taput merupakan salah satu daerah yang memiliki prasarana transportasi terburuk di Indonesia. Tanpa sarana dan prasarana transportasi yang baik, maka pergerakan dan pengembangan ekonomi tidak akan dapat berjalan. Untuk itu rakyat Taput kembali diuji ketelitiannya untuk memilih pemimpinnya yang jujur dan membangun Taput dengan dana yang relatif kecil tersedia. Dana pembangunan Taput yang umumnya berasal dari pemerintah pusat merupakan salah satu dana pembangunan terkecil di Indonesia sehingga bupati Taput teripilih nanti seyogianya seorang pemimpin yang mampu mendatangkan modal pembangunan dari luar Taput khususnya yang berasal dari pihak swasta. Untuk itu diperlukan seorang pemimpin yang memiliki jiwa negosiasi dan lobby yang tinggi serta kenalan yang luas untuk dapat mendatangkan pemodal ke Taput.
Keragaman untuk Kemajuan dan Persatuan
Kuatnya ikatan marga dalam orang batak membuat pola keragaman dalam berpikir atau memilih menjadi berkurang padahal keragaman adalah salah satu sumber kekuatan dan persatuan seperti yang dibuktikan oleh negara Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan negara terkuat di dunia karena penduduk mereka beragam dari seluruh penjuru dunia. Penduduk asli Amerika adalah orang Indian dan saat ini mereka sudah merupakan minoritas di daerah nenek moyangnya sendiri. Seandainya penduduk Amerika tidak beragam seperti sekarangan ini maka kekuatan mereka tidak akan sehebat sekarang ini. Hal ini merupakan sebuah pelajaran bagi kita bahwa keberagaman dapat membawa kemajuan dan kekuatan bagi kita karena dengan adanya keberagaman baik dalam pendapat maupun pilihan maka dibalik keberagaman itu akan muncul suatu ide atau pilihan yang baik.
Untuk mempercepat pembanguan di Taput, seyogianya pemerintah terpilih nantinya bisa mengembangkan konsep keberagaman baik dalam mengeluarkan pendapat, memberikan pilihan, maupun dalam segi penduduk itu sendiri. Bilamana rakyat terbiasa berbeda pendapat tanpa rasa benci maka perbedaan pendapat itu akan dapat membawa perbaikan dan pemimpin yang terbiasa dalam perbedaan pendapat tidak akan cepat sakit hati atau tersinggung sehingga pemimpin akan senantiasa dapat menempatkan aparatnya dalam posisi terbaiknya sekalipun ada perbedaan pendapat.
Demi kemajuan Taput maka marilah kita terbiasa dalam keberagaman dalam mengeluarkan pendapat terlebih dalam pilihan dengan mengedepankan perdamaian dan kasih sayang dengan tidak menghilangkan ikatan kekeluargaan. Dengan demikian, marilah kita buat ajang pemilihan calon bupati dan wakil bupati Taput ini untuk memilih yang terbaik, jujur, dan mampu membangun Taput menurut pilihan kita masing-masing dalam keberagaman tanpa diikuti rasa takut dan benci antar sesama bilamana pilihan kita berbeda dengan pilihan saudara kita. Kiranya rakyat Taput dapat memilih calon bupati dan wakil bupati terbaik, jujur, dan mampu membangun Taput kedepan. TUHAN MEMBERKATI!
*************************
Penulis adalah seorang dosen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor dan Pemerhati Pemilu Calon Bupati dan Wakil Bupati serta Pembangunan Taput. (Bonapasogit, edisi minggu kedua, September 2013)

About these ads

11 Komentar (+add yours?)

  1. Saut Pardamean Sagala
    Sep 22, 2013 @ 08:26:55

    Unang alani mammon gabe tapillit calon naso martabiat mambangun taput on

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.615 pengikut lainnya.