Masa Perbaikan Berkas Balon Bupati Taput Ditutup

PilkadaTarutung - KPU Taput menutup penyerahan perbaikan berkas kelengkapan syarat administrasi pencalonan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Taput periode 2014-2019, Kamis (1/8).

Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu, kemarin (1/8) mengatakan, tidak ada balon bupati baru yang mendaftar ke KPU. Pasangan Sanggam Hutapea-Martinus Hutasoit, juga tidak melengkapi berkas dukungannya.

“Sesuai dengan pasal 95 peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012, sebenarnya pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati Taput yang baru diperbolehkan. Baik dari gabungan ke tiga pasangan yang belum lolos verifikasi faktual atau ada pasangan balon yang baru. Ini mengingat jumlah kursi di DPRD Taput yang memungkinkan enam pasangan balon maju,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tiga pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Taput yang belum memenuhi syarat dukungan partai politik (parpol), di antaranya pasangan Bangkit P Silaban-David PPH Hutabarat, Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang dan Sanggam Hutapea-Martinus Hutasoit. Sebenarnya mereka bisa saja berpeluang untuk bergabung (merger) untuk memajukan satu pasangan balon.

“Dari ketiga pasangan itu, kan syarat dukungan partai masing-masing tak mencukupi jumlah enam kursi di DPRD Taput sebagai syarat minimal untuk dapat menjadi calon bupati. Jadi, ketiga pasangan itu bisa bergabung atau menggabungkan partai pendukung mereka untuk memajukan satu pasangan,” ujar Lamtagon.

“Misalnya, Pinondang Simanjuntak berpasangan dengan Bangkit P Silaban atau Bangkit P Silaban berpasangan dengan Sanggam Hutapea atau St Pinondang Simajuntak berpasangan dengan Sanggam Hutapea. Atau gabungan balon bupati dengan balon wakil bupati yang lain. Atau ada pasangan bakal calon yang baru dengan membawa rekomendasi dari semua partai ketiga balon yang tak lolos tahap verifikasi faktual kemarin,” lanjutnya menerangkan.

Namun, sebut Lamtagon, pasca ditutupnya penyampaian kelengkapan berkas administrasi dukungan balon bupati, Kamis (1/8), tidak ada balon bupati yang baru mendaftar ke KPU.

“Setelah penyampaian kelengkapan berkas administrasi dukungan kita tutup hari ini, tidak ada pasangan balon yang baru mendaftar. Tapi, satu pasangan balon yaitu Sanggam Hutapea dan Martinus Hutasoit tidak melengkapi berkas dukungannya. Sehingga, tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon,” tukasnya.

Sedangkan pasangan Bangkit P Silaban dan David PPH Hutabarat, yang sebelumnya syarat dukungan partainya tidak memenuhi syarat, sudah melengkapi syarat dukungan melalui Partai Demokrat.

“Tapi dukungan dari Partai Demokrat itu harus kita verifikasi lagi. Apakah benar sesuai dengan kepengurusan partai itu atau tidak,” imbuh Lamtagon.

Sementara itu, pasangan Pinondang Simanjuntak dan Ampuan Situmeang, menyampaikan perbaikan berkas dukungan.

“Tapi penyampaian berkas dukungannya kita tolak. Karena yang disampaikan berkas dukungan partai yang sudah mengusung bakal calon yang lain, serta partai yang tidak memenuhi syarat kursi atau perolehan suara 15 persen,” sebutnya.

Ditanya, apakah masih ada enam balon bupati lainnya yang belum melengkapai berkas, Lamtagon menyebut sudah lengkap.

“Kalau enam pasangan lainnya sudah melengkapi semua hari ini,” pungkasnya. (hsl/mua)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.586 pengikut lainnya.