Kades Sigotom Julu Diselkan

ImmerTarutung – Setelah diperiksa 1 kali 24 jam di unit Tipikor Polres Taput, Kepala Desa (Kades) Sigotom Julu, Kecamatan Pangaribuan Immer Tambunan dijebloskan ke dalam sel tahanan, setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana bantuan provinsi sebesar Rp50 juta. Dari rekening pribadi Immer Tambunan, petugas menyita Rp40 juta dan ditetapkan sebagai barang bukti.

Demikian diungkapkan Kanit Tipikor Polres Taput Ipda Krisnat Napitupulu dalam siaran persnya, Kamis (30/5).

“Kades Sigotom Julu Immer Tambunan ditetapkan sebagai tersangka bansos tahun anggaran 2012 yang bersumber dari dana bantuan keuangan Provinsi Sumatera Utara. Dan tersangka telah dimasukkan ke dalam sel. Dia (Immer) ditetapkan melakukan perbuatan melawan hukum menyangkut bantuan senilai Rp50 juta,” katanya.

Hasil pemeriksaan, lanjut Krisnat, Immer mengakui bahwa sebagaian dana tersebut senilai Rp40 juta disimpannya di dalam rekening pribadinya. “Kita sudah menyita Rp40 juta dari rekening pribadi tersangka,” ungkap kanit.

Masih kata kanit, Immer tidak pernah melaksanakan musyawarah desa sebagaimana ditetapkan dalam peraturan desa tentang anggaran pendapatan belanja desa yang harusnya melibatkan perangkat desa lainnya.

“Tersangka membuat peratusan desa sendiri. Bahkan melakukan penarikan dana tanpa sepengetahuan perangkat desa, seperti sekretaris desa, bendahara desa dan tim pelaksana kegiatan,” terangnya.

“Sampai ditetapkan dirinya sebagai tersangka, tidak pernah membuat laporan berkala dan laporan akhir pelaksanaan kegiatan desa termasuk laporan pertanggungjawaban keuangan.

Seharusnya pemanfaatan dana bantuan itu diperuntukan untuk pembangunan desa sesuai musyawarah. Antara lain, untuk pembangunan jalan yang sifatnya bermanfaat untuk masyarakat,” paparnya.

Kasubag Humas Taput Aipda W Baringbing menambahkan, penerima bantuan keuangan Provinsi Sumut tahun anggaran 2012 di Taput sebanyak 38 desa. Besar bantuan yang diberikan Rp50 juta per desa.

“Penerima dana bantuan di Taput ada 38 desa. Uangnya langsung dikirim ke rekening para kades. Karenya, jika ada oknum kades yang menyelewengkan dana bantuan tersebut, akan diusut sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

Immer saat dimintai keterangan, enggan berkomentar. (cr-01/osi)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.372 pengikut lainnya.