Dua Menteri Hadiri Pemutaran Film Mursala

8Jakarta – Meneg BUMN Dahlan Iskan dan Menakertrans Muhaimin Iskandar menghadiri Gala Premiere Film Mursala di Bioskop XXI Plaza Senayan Jakarta, Senin (8/4). Menjadi sejarah, gala premiere film yang mengangkat cerita larangan menikah semarga Parna dalam adat Batak Toba dan potensi pariwisata daerah Tapanuli Tengah itu adalah yang paling meriah dalam dunia perfilman Indonesia.

Selain dua menteri, hadir juga tokoh nasional asal Tapteng, Akbar Tanjung, Gubsu Gatot Pujo Nugroho, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang, anggota DPR RI Ruhut Sitompul, anggota DPD RI Rahmad Shah, tokoh marga Parna Bungaran Saragih dan Jhonny Buyung Saragi, serta sejumlah tokoh Batak lainnya, dan jajaran SKPD Pemkab Tapteng dan sejumlah warga Tapteng.

Hadir juga para artis pemeran film itu, di antaranya Rio Dewantoro, Titi Sjuman/Roro Bintang, Ria Anna L Sinaga, Mongol, Rudi Salam, Tio Pakusodewo, Rudi Salam, Roy Ricardo, dan pengacara Elsa Syarief. Juga hadir artis cantik berdarah Batak Atiqah Hasiholan.

Film produksi Raj’s Production besutan sutradara Viva Westi itu sendiri mengangkat cerita budaya Batak Toba tentang cinta terlarang sepasang anak manusia karena terkendala adat Batak yang tidak mengizinkan perkawinan satu rumpun marga Parna.

Sebagian besar syuting film ini mengambil lokasi di Tapteng. Menonjolkan pesona alam pantai dan lautnya. Sedangkan judul Mursala diambil dari nama sebuah pulau di Tapteng, Pulau Mursala atau Mansalar. Air terjun ini memiliki keunikan, di mana airnya yang tawar langsung jatuh ke laut.

Menurut Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang, film ini menjadi salah satu media memperkenalkan daerah berjuluk Negeri Wisata Sejuta Pesona itu ke dunia. Di mana Tapteng memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, bahkan di negara lain.

“Tapteng punya 24 air terjun. Salah satunya air terjun Mursala yang unik. Air terjun itu berada di sebuah pulau (Pulau Mursala), di mana airnya yang tawar langsung jatuh ke laut. Fenomena alam itu juga menjadikan terumbu karang di sekitar jatuhan airnya memiliki keunikan tersendiri pula,” ucap Bonaran saat acara jamuan makan bersama para undangan, di Lounge Plaza Senayan.

Bonaran juga memamerkan situs sejarah masuknya ajaran agama Islam, Kristen ke Indonesia. Yaitu melalui Kota Tua Barus, di Kecamatan Barus, Tapteng. “Itu ditandai dengan adanya makam kuno penyebar agama Islam, makam Mahligai dan Papan Tinggi. Masih banyak lagi,” ujarnya.

Gala premiere film yang mengangkat budaya lokal ke nasional, bahkan dunia internasional itu langsung diserbu ratusan penonton. Di kesempatan itu, para wartawan dari berbagai media dan seluruh undangan diberi kesempatan nonton bareng.

“Filmnya sangat bagus. Ramai yang nonton. Tapi, melihatnya dari film, saya jadi pengin ke Tapteng, ke air terjun Mursala itu,” puji Hardi Situmorang (32), warga Jakarta, usai menonton film berdurasi 90 menit itu.

Menakertrans Dukung Film Mursala
Film Mursala yang disutradarai Viva Westi mendapat banyak dukungan baik dari pemerintah daerah Tapteng maupun pemerintah pusat. Salah satunya Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.

Muhaimin mengatakan film adalah salah satu cara meningkatkan potensi kebudayaan sekaligus sumber tenaga kerja di daerah terpencil. Karena itu film tentang budaya Batak dan Pulau Mursala tersebut itu diharapkan mampu mendukung budaya di Tapteng, sehingga bisa membangun perekonomian daerah.

“Film ini menjadi salah satu cara efektif mengekspos kekayaan alam Indonesia. Tentu di sana pada 1997, Tapanuli Tengah seperti Indonesia mini, dan kita akan sangat concern. Semoga akan ada jalur penerbangan secepatnya, kita akan back up SDM Tapanuli Tengah untuk mendukung khasanah budaya di sana. Saya akan mendukung sepenuhnya untuk angkat ekonomi setempat,” katanya saat jumpa pers di Bioskop XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (8/4).

Sementara itu, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang mengatakan bahwa daerah Tapanuli Tengah sangat indah. Merasa ingin keindahan daerahnya dikenal lebih banyak orang, Raja Bonaran memiliki ide membuat film tentang Tapteng.

“Tapanuli Tengah sangat indah, tapi kalau tidak bisa dinikmati sangat disayangkan. Anna ini (Produser Anna L Sinaga) juga asisten saya, di Jakarta dia punya potensi sebagai produser film. Saya minta untuk bikin film yang mengeksplor budaya,” tuturnya.

Film Mursala rencananya akan dirilis 18 April mendatang. Film yang mengambil judul dari Pulau Mursala tersebut diperankan oleh Titi Rajo Bintang, Rio Dewanto, Mongol, Tio Pakusadewo, Rudy Salam, Elsa Syarif serta Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Siitumeang, SH, MH.

Dalam adegan di film itu, tampak air terjun yang legendaris di Pulau Mursala, Tapteng, yang ternyata menjadi salah satu tempat syuting film ‘King Kong I’ pada tahun 1933 silam. (mor/nasa)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.619 pengikut lainnya.