Polres Langkat Temukan Satu Hektar Ladang Ganja

GanjaStabat – Polres Langkat menemukan sekitar satu hektar ladang tanaman ganja dengan tinggi 5 cm hingga 80 cm dan bibit tersemai yang di bungkus polibag di Dusun III Desa Muka Paya Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sabtu (16/3).

Tanaman ganja tersebut, pertama kali ditemukan oleh petugas sedang siap disemai sebanyak 25 plastik polibag dan pohon ganja yang sudah ditanam sebanyak 12 batang dengan tinggi 40 sampai 60 cm.

Kemudian pencarian menuju rumah diduga tersangka pemiliknya, petugas kembali menemukan 41 pohon ganja lagi yang baru tumbuh hasil semaian dalam plastik polibag dan 38 batang pohon ganja dengan tinggi 40 hingga 80 cm.

Bahkan, petugas juga kembali menemukan empat gram biji ganja, daun ganja basah usai dipanen sekitar dua gram, tiga bungkus kertas tiktak, sekantong plastik kemasan, satu Kg pupuk dan cangkul di dalam rumah tersebut.

Lokasi lahan tak jauh dari area kebun coklat maupun kelapa sawit sedikit tak terurus di sisir personil Polres Langkat dibantu Muspika setempat, hanya menemukan tanaman tersebut tanpa menemukan pemiliknya.

Waka Polres Langkat, Drs Safwan Khayat, memimpin langsung penggrebekan mengakui pihaknya menyimpan satu nama diduga sebagai pemilik ladang ganja sekaligus melakukan pengejaran dan diperkirakan segera tertangkap

“Hasil operasi kita ke lapangan, ganja ditemukan tingginya berkisar 80 cm di antara pohon coklat yang sudah tidak terurus. Selain itu, di satu rumah tak jauh dari lokasi kita dapati ganja setinggi 50 cm dan 5 cm,” kata Kapolres Langkat AKBP Leonardus Eric Bhismo SIK SH melalui Waka Polres Langkat Kompol Drs Syafwan Khayat SH M Hum.

Lebih lanjut Safwan menjelaskan, di antara pohon ganja tersebut diyakini sudah sempat panen menyusul ditemukannya batang ganja kering serta biji-bijian yang kemungkinan bakalan di semai kembali.

Berdasarkan keterangan saksi ditemui, sambung Safwan, pihaknya menerima informasi salah seorang warga bahwa orang yang paling sering mengunjungi tempat atau ladang dimaksud tak lain pemilik rumah berinisial R yang ditemukan bibit ganja di seputar kediamannya saat digeledah.

“Mungkin pelakunya kabur saat mengetahui kedatangan kita, namun begitu kita sudah kantongi identitasnya dan segera kita amankan. Mohon doa dan dukungan seluruh pihak guna penangkapan buronan ini yang disebut-sebut juga pernah terlibat kasus narkoba,” sambung Safwan.

Penemuan ladang ganja yang hanya 8 sampai 9 KM dari Stabat ibukota Kabupaten Langkat persisnya Mako Polres Langkat ke tempat kejadian perkara (TKP), sempat menghebohkan warga. Pasalnya, keberadaan ladang itu tidak terdeteksi dan ditengarai sudah lama sesuai penuturan Waka Polres kemungkinan sudah sempat dipanen.

“ Saat ini kita berkonsentrasi mengejar si pelaku, seluruh identitas maupun gerak geriknya sudah kita dapati. Memang sih, kalau dilihat isi rumah yang kita gerebek sepertinya sistematis karena dilengkapi pupuk juga dan artinya mungkin saja ini sudah lama dikerjakan,” sebut Safwan. (hpg)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.625 pengikut lainnya.