Pabrik Pembuatan Sabu Meledak di Namorambe Deli Serdang

SabuMedan – Pabrik pembuatan sabu-sabu di salah satu rumah toko (ruko) berlantai tiga di sebuah komplek pertokoan Jalan Karya Jaya, Desa Delitua, Kecamatan Namorambe meledak, Selasa (5/2) malam.
Gara-gara ledakan itu, praktik pembuatan sabu-sabu yang sebelumnya tidak diketahui masyarakat sekitar, akhirnya terbongkar.

Saksi mata, Rabu (6/2) mengatakan, ledakan terjadi sekira pukul 21:00 WIB. Setelah terjadi ledakan, warga komplek mendatangi ruko tersebut dan menanyakan kepada pemiliknya. Tetapi dijawab hanya ledakan kompor dan tak berbahaya.

Namun warga yang khawatir bakal terjadi kebakaran karena melihat asap masih mengepul dari lantai tiga memaksa masuk. Semula penghuni ruko W alias A Hua tidak mengizinkan dengan alasan suaminya belum pulang, tetapi karena dipaksa akhirnya seorang satpam dibolehkan mengecek namun pintu kemudian ditutup kembali.

Karena pintu ditutup, warga lainnya curiga. Mereka juga memaksa masuk dengan mendobrak pintu, sehingga sempat terjadi cekcok. Apalagi kemudian diketahui ada pria di dalam ruko tersebut. Warga juga melaporkan peristiwa ledakan itu ke polisi.

Sekira pukul 23:00 WIB personil Polres Deli Serdang datang ke lokasi, namun mereka tidak melihat tanda-tanda kebakaran sehingga kembali, tetapi tak lama datang lagi setelah mendapat info dari warga bahwa di dalam ruko banyak bahan kimia di lantai 3, tempat ledakan itu terjadi.

Penghuni rumah W alias A Hua dan seorang pria, Edu malam itu berusaha melarikan diri menggunakan mobil tetapi dihalangi warga dengan menutup portal komplek. Keduanya kemudian diamankan. Setelah lantai tiga diperiksa, diketahui ledakan disebabkan campuran bahan kimia untuk membuat sabu-sabu.

Direktur Ditres Narkoba Polda Sumut Kombes Toga Habinsaran Panjaitan mengaku belum dapat memastikan berapa banyak sabu-sabu yang diproduksi. “Kami masih melakukan pemeriksaan, tetapi perkiraan dalam seminggu mereka bisa memproduksi dua kilogram,” kata Panjaitan seraya menambahkan pihaknya menemukan 4,1 gram sabu-sabu siap pakai dari lokasi ledakan.

Penyidik, kata Panjaitan, masih memeriksa saksi-saksi dan mengamankan dua penghuni ruko yaitu W alias A Hua dan Edu yang meracik bahan pembuatan sabu-sabu tersebut. Sementara seorang lagi, H masih diburon.

Bahan Baku

Di lokasi, sejumlah polisi tampak siaga di tempat pembuatan sabu-sabu itu. Sedangkan empat petugas Labfor Polri Cabang Medan mengumpulkan barang bukti di kamar lantai tiga dan berusaha merekon ulang cara-cara tersangka E membuat sabu-sabu.

Di kamar berukuran 4×4 meter yang dijadikan pabrik pembuatan sabu-sabu, terlihat bermacam tabung reaksi kimia berbagai ukuran. Ada juga selang, kompor kecil, vakum dan bahan baku pembuatan sabu. Sementara ruang yang lebih kecil di sebelah ruang utama itu terdapat seperangkat mesin penyulingan.

Aroma zat kimia dari kamar tercium sangat menyengat dan dirasakan penghuni ruko di sebelahnya. “Kalau mereka datang, tak lama kemudian tercium aroma menyengat, seperti bau hio, kami mengira mereka sembahyang,” kata boru Rumapea, yang membuka les privat bahasa Inggris di rukonya.

Tetapi dia mengatakan tidak mengenal tetangganya itu, karena baru sekitar tiga bulan menyewa ruko di sampingnya. “Pintunya selalu tertutup, kami tidak kenal,” katanya.

Kabag Analisis Data Dit Res Narkoba Poldasu AKBP KAM Sinambela ditanya penyebab ledakan menduga adanya pencampuran bahan kimia HCl (asam klorida) dan Fosfor yang mudah meledak. “Ditemukan HCl dan Fosfor dari TKP, kedua bahan ini kalau dicampur bisa meledak. Kemungkinan itu penyebabnya,” kata Sinambela.

Tersangka E, mengaku warga Jakarta mengatakan, bahan baku sabu-sabu diperoleh dari seseorang berinisial I di Grogol. Tetapi sebagian alat peracikannya didapat di Medan. Dia mengatakan hanya meracik saja, bukan pemilik barang haram tersebut. (hen)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.625 pengikut lainnya.