Mendagri Ingatkan Toluto Koreksi Kebijakan Angkat Mantan Napi jadi Kadis

TolutoJakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemdagri, Raydonnyzar Moenek, meminta dengan tegas agar Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, meninjau kembali kebijakannya yang mengangkat mantan terpidana korupsi menjadi Kepala Dinas Kebersihan.

”Kalau memang benar yang bersangkutan mantan terpidana korupsi, maka Bupati kita minta agar mengambil langkah yang disesuaikan dengan kebijakan Mendagri,” kata Raydonnyzar Moenek kepada koran ini di Jakarta, Kamis (31/1).

Menurutnya, Mendagri beberapa waktu lalu telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah. Dimana isinya meminta agar tidak mengangkat mantan narapidana korupsi menduduki jabatan strategis di pemerintahan yang ada.

Langkah tersebut demi menjaga dan terus menggelorakan semangat reformasi birokrasi. Karena korupsi merupakan penyakit yang paling mengganggu dan merusak sistem pemerintahan yang ada. Selain itu, kebijakan tersebut menurutnya dikeluarkan, agar tugas dan tanggungjawab pemerintah menyejahterakan masyarakat dapat tercapai.

”Itu kan sudah ditegaskan Mendagri. Makanya kita minta Bupati kembali merujuk pada kebijakan yang dimaksud. Kalau masih terus memertahankan mantan narapidana korupsi menduduki jabatan, itu sama saja artinya tidak sejalan dengan peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Untuk itu sebagai kepala daerah, ia mengingatkan Toluto agar dalam mengeluarkan kebijakan, dapat benar-benar sejalan dan tunduk pada hukum yang berlaku.

”Kalau masih tetap memertahankan kebijakan yang bertolak belakang dengan semangat reformasi birokrasi dan hukum yang ada, maka kita (Kemendagri) dapat meninjau kebijakan tersebut,” tegasnya.

Karena itu Donny, panggilan Reydonnzar Moenek, sangat berharap Bupati Taput dapat menijau segera kebijakan pengangkatan mantan narapidana korupsi menjabat sebagai salah seorang Kepala Dinas.

Jika tidak, maka Kemendagri dalam waktu dekat segera menurunkan Inspektorat Jenderal Kemendagri.

“Tapi sekali lagi, yang penting kita pastikan dulu yang bersangkutan memang mantan narapidana korupsi. Nah, kalau Bupati tidak juga mengambil kebijakan yang sejalan dengan kebijakan Mendagri, kita dapat menurunkan Inspektorat Jenderal,” sebutnya.

Mantan narapidana kasus korupsi yang menduduki jabatan penting itu adalah berisinial JM. Saat ini, JM menjabat sebagai Sekretaris sekaligus Plt Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan di Pemkab Taput.

Sekedar mengingatkan, setelah bebas menjalani hukuman selama 1 tahun 4 bulan karena terbukti melakukan korupsi pengadaan barang/pakaian dinas dan atribut bagi PNS/CPNS/tenaga administrasi dan guru tahun 2007 sebesar Rp373.233.831.

Kasus ini terjadi ketika JM menjabat sebagai Kabag Umum Perlengkapan Taput pada tahun 2007. Kasus yang dinilai merugikan negara itu mulai bergulir pada September 2008 hingga akhirnya divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Tarutung selama 1 tahun 4 bulan pada 29 Juli 2010.

Akan tetapi, setelah JM bebas pada Desember 2010 dari jeruji besi dan menghirup udara bebas, jabatan Kabag Umum Perlengkapan yang dulu dipangkunya ditinggalkan dan kini dia dipercayakan menjadi Sekretaris sekaligus Plt Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan. Sebab, Kadis di instasi tersebut sampai saat ini masih kosong.

Sayangnya, tak seorang pun pejabat ditput yang berani memberi keterangan terkait hal tersebut. Namun, hal tersebut dinilai tidak mendidik dan gambaran kinerja pemerintahan yang buruk. “Kita kurng sependapat, jika masih ada PNS tersangkut hukuman korupsi dipromosikan memegang jabatan penting.

Bupati sebagai abdi Negara harusnya konsisten melaksanakan perintah Undang-undang,” kata Asman Sihombing, mantan Anggota DPRD Taput kepada wartawan, Selasa (29/1). Bahkan menurutnya, jika Bupati tidak patuh terhadap UU, patut diduga Bupati tersebut telah melanggar UU sebagaimana dimaksud dalam Undang Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang pemerintahan yang bersih dan berwibawa dan bebas KKN.

Untuk diketahui, Mendagri Gamawan Fauzi secara resmi telah mengirimkan Surat Edaran (SE) tentang pengangkatan kembali Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam jabatan struktural kepada seluruh gubernur dan bupati/walikota seluruh Indonesia.

Inti SE Nomor 800/4329/SJ itu adalah larangan kepala daerah memberikan jabatan kepada bekas napi kasus korupsi. “Surat tertanggal 29 Oktober 2012 ini sudah kami kirimkan kepada seluruh kepala daerah,” ujar Juru Bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, kepada JPNN (grup METRO TAPANULI).

Dijelaskan Donny, panggilan akrab Reydonnyzar, surat Mendagri ini dikeluarkan karena banyaknya PNS yang telah melaksanakan hukuman pidana, namun masih menduduki jabatan struktural.

Surat Mendagri ini, kata Donny, mengingatkan kepada para gubernur dan bupati/walikota agar dalam pengangkatan jabatan di lingkup pemda, tetap memedomani sejumlah peraturan perundang-undangan. Dalam SE tersebut, secara tegas mantan gubernur Sumbar itu melarang bekas napi korupsi diberi jabatan lagi.

”Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai dengan semangat reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi serta tindak kejahatan jabatan lainnya, maka terhadap PNS yang telah menjalani hukuman pidana disebabkan tindak pidana korupsi atau kejahatan jabatan lainnya, agar tidak diangkat dalam jabatan struktural,” demikian Gamawan Fauzi dalam poin ketiga SE tersebut.

Dalam kata penutup SE, Gamawan yakin bahwa masih banyak PNS di daerah yang berprestasi, kompeten, jujur, dan bersih. Mereka ini yang mestinya mengisi jabatan struktural. Sebelumnya Gamawan mengatakan, PNS bekas napi korupsi jangan diberi jabatan lagi dan dibiarkan saja hingga masuk masa usia pensiun. (gir/des/jpnn)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.587 pengikut lainnya.