KPU Usulkan Anggaran Pilkada Taput Rp 17 Milyar

TARUTUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput, mengusulkan anggaran untuk Pemilukada tahun 2013 mendatang mencapai Rp17 miliar lebih. Jumlah itu diasumsikan untuk penyelenggaraan Pemilukada dua putaran. Demikian disebutkan Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu kepada wartawan usai mengikuti sosialisasi tahapan pemilu pendaftaran dan verifikasi parpol menjadi peserta pemilu 2014, Selasa (28/8) di kantor KPU.

Menurut Lamtagon, apabila dibandingkan jumlah anggaran yang dibutuhkan pada pemilukada sebelumnya, jumlah anggaran yang dibutuhkan mengalami kenaikan. Sebab, pada pelaksanaan Pemilukada 2008, jumlah anggaran hanya berkisar sekitar Rp 14 miliar. “Anggaran Pemilukada itu bertambah karena pertumbuhan penduduk juga bertambah. Selain itu, honorarium penyelenggara dan biaya cetak serta gaji penyelenggara termasuk biaya sosialisasi diambil dari anggaran itu,” ujarnya.

Didampingi Anggota KPU Taput Jampiter Lumbantoruan dan Lambas Matondang, Lamtagon mengatakan, Pemilukada Taput direncanakan diawali September 2013. Sedangkan untuk tahapannya sudah dimulai enam bulan sebelum pelaksanaan pemilihan. “Recananya, Pemilukada akan dilaksanakan September 2013. Sekarang kita sudah mengusulkan anggarannya ke pemkab agar ditampung di APBD 2013,” sebutnya. Menurutnya, meski pun ada wacana terkait adanya penundaan Pemilukada di beberapa kabupaten kota di Indonesia karena pelaksaannya berdekatan dengan pemilihan umum (Pemilu), termasuk Taput, kondisi itu belum menjadi acuan.

“Jadi kita tidak berpatokan pada isu tentang wacana dari Mendagri untuk pengunduran Pemilukada. Makanya kita tetap mengusulkan dana pelaksanaannya,” terangnya. Dia menambahkan, tahapan yang telah dirancang KPU tidak akan berubah untuk alasan apapun kecuali apabila undang-undang yang menjadi dasar pelaksanaan Pemilukada berubah.“Tahapan Pemilukada Taput harus tetap dijalankan, sepanjang undang undang yang menjadi dasar pelaksanan Pemilukada tidak berubah. Jadi, kita tidak berpatokan ke wacana Mendagri itu,” tegasnya.

KPU Tandatangani Pakta Integritas
Mengawali Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, KPU Taput menandatangani pakta integritas, Selasa (14/8) di kantor KPU. Hadir pada acara itu, tokoh masyarakat, Pengurus KSPPM, Pengurus LADN, BKAG, Pengurus GMKI dan Pengurus GAMKI.

Sebelum penandatanganan, dilakukan pembacaan naskah pakta integritas oleh Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu, dilanjutkan oleh Sekretaris KPU J Purba SH. Berbunyi antara lain, janji para komisioner untuk bekerja secara profesional, adil, dan penuh waktu. Disamping itu, para komisioner berjanji untuk menjamin hak konstitusional warga, yakni menggunakan hak pilihnya pada hajat pemilu 2014. Lamtagon mengatakan, meski para komisioner sudah berjanji pada saat dilantik empat tahun silam, yang kurang lebih isinya sama, tapi penandatangan pakta integritas ini merupakan instruksi dari KPU RI yang harus dilaksanakan di semua KPU provinsi maupun kabupaten/kota.

Dia menyampaikan, pihaknya siap bersinergi dengan stakeholder yang ada di Taput untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih menyongsong Pemilu 2014. “Pakta integritas itu adalah upaya gerakan moral, agar sejak awal kita dipandu berperilaku yang berintegritas,” ujarnya.

Sebab, katanya, proses pemilu sangat rentan dengan penyimpangan, godaan dan memiliki potensi dibajak oleh individu-individu yang tidak bertanggung jawab. Pada saat bersamaan ada harapan besar dari rakyat agar pemilu terselenggara dengan penuh integritas. “Jadi pakta integritas ini salah satu instrumen untuk menjaga agar harapan rakyat itu bisa terwujud,” sebutnya.

Berto Pasaribu, salah seorang pengurus Lembaga Dalihan Natolu (LADN) Taput yang hadir dalam penandatanganan tersebut mengharapkan isi pernyataan komit dapat dilaksanakan di Taput untuk melaksanakan tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan peran sesuai peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. (Metro/cr-01)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36.695 pengikut lainnya.