Menghargai Keberagaman

Manusia diciptakan Tuhan tidak ada yang sama, bahkan yang lahir kembar dari rahim yang sama pun pasti memiliki perbedaan. Apakah itu di warna kulit, sifat dan yang lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita memiliki pendapat yang tidak sama. Untuk menyamakan persepsi kita perlu musyawarah dan mufakat mencari kesepakatan.
Negara kita juga menjunjung tinggi musyawarah dan mufakat dalam pengambilan keputusan, menghargai keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika “Berbeda-beda tetapi tetapp satu”. Perbedaan yang ada di negara kita menjadikan segala sesuatu penuh warna.

Seperti falsafah warna, ada merah, putih, hitam, hijau, kuning serta warna lainnya. Kalau hanya warna putih atau hitam yang ada dimuka bumi ini seperti apa rasanya – Manusia yang mendiami bumi ini juga memiliki agama dan kepercayaan yang berbeda-beda. Itu semua membuat segala sesuatu menjadi lebih indah. Perbedaan itu indah.

Saudara kita yang beragama Islam saat ini sedang menjalankan ibadah puasa. Ini adalah salah satu bentuk keberagaman yang wajib kita hargai. Saling menghargai dalam bingkai keberagaman menjadi salah satu dasar yang sangat penting dalam menciptakan suasana kondusif di negeri kita tercinta ini.

Di dalam Alkitab ada dituliskan “Mereka harus mengajar umat-Ku tentang perbedaan antara yang kudus dengan yang tidak kudus dan memberitahukan kepada mereka perbedaan antara yang najis dengan yang tahir.” (Yehezkiel 44 : 23)

Kita boleh memegang teguh tentang indahnya perbedaan. Karena, tanpa perbedaan kita akan kesulitan dalam memilah-milah mana yang benar dan mana yang salah. “Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.” (Maleakhi 3 : 18)

Perbedaan jangan dijadikan alat pemecah indahnya keberagaman. Jadikan perbedaan sebagai alat pemersatu yang bisa saling memguatkan. “Keinginan orang-orang yang tertindas telah Kaudengarkan, ya TUHAN; Engkau menguatkan hati mereka, Engkau memasang telinga-Mu,” (Mazmur 10 : 17).

Dalam Zakaria 10 : 12 dituliskan “Aku akan menguatkan mereka, dan mereka akan bermegah di dalam nama TUHAN,” demikianlah firman TUHAN.

Menghargai keberagaman hendaklah kita lakoni tidak hanya pada hari-hari tertentu saja. Tapi, lakukan dengan sepenuh hati dan tidak memandang seseorang berdasarkan latar belakang, suku, agama atau golongan. Ini yang sering membuat kita lupa untuk tetap menghargai keberagaman. Kita terlalu menciptakan pengotak-kotakan dan membedakan seseorang berdasarkan beberapa hal.

Pentingnya menghargai keberagaman sebenarnya harus ditanamkan sejak dini agar kelak anak-anak kita sebagai penerus bangsa ini tetap memiliki kepedulian dan kepekaan dalam membina kerukunan dan menghargai indahnya keberagaman.

Saling menghargai dan menghormati sesama manusia ciptaan Tuhan perlu juga ditanamkan kepada anak-anak kita. Memgasihi sesama tanpa memandang latar belakang akan menjadikan kita bermanfaat bagi semua orang.

Roma 12 : 9 – 10 “Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.”

Kiranya renungan Minggu ini dapat menguatkan kita untuk saling menghargai dan menghormati. Menghormati sesama umat manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat yang menjalankannya. Amin. (Analisa )

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36.695 pengikut lainnya.