Berdoa untuk Pemulihan Umat Manusia

Beberapa hari lalu, umat Kristiani di 220 negara di seluruh dunia dan di 350 kota di Indonesia menggelar acara World Prayer Assembely-WPA 2012 (Momentum Doa Sedunia) untuk pemulihan bangsa-bangsa di dunia dan pemulihan umat manusia sebagai ciptaan Tuhan di atas bumi ini. Pelaksanaan WPA di Kota Medan digelar di dua tempat. Pertama digelar di Lapangan Benteng Medan (khusus untuk anak-anak, remaja dan pemuda). Kedua, digelar di Pardede Hall Medan (untuk umum) dan dihadiri puluhan ribu umat Kristen dari berbagai denominasi gereja.
Momentum doa sedunia yang digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kenaikan Yesus Kristus yang telah bangkit dari antara orang mati. Kisah Para Rasul 1 : 6 – 11 menuliskan “Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Penantian kita akan kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali turun kembali ke bumi tidak tahu kapan waktu tepatnya. Hanya saja di dalam Alkitab, kita selalu diingatkan agar berjaga-jaga setiap saat. Karena kedatangan Tuhan ke bumi seperti pencuri. 2 Petrus 3: 10 “Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.”

Wahyu 3 : 3 juga menuliskan hal serupa “Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.”

Apa yang kita lakukan sekarang – Momentum doa yang digelar di beberapa negara mengharapkan gelombang baru akan datang. Gelombang pemulihan umat manusia di atas bumi ini akan segera tiba. Tuhan Yesus akan bertindak ketika kita meminta-Nya untuk bertindak. Mulailah berdoa dan berdoa setiap kesempatan.

Kemudian Markus 14 : 38 “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Ayat ini mengingatkan kita bahwa daging yang melekat di tulang belulang kita sangat lemah. Keinginan daging hanya sesaat, tetapi keinginan yang dipimpin oleh Roh akan benar-benar kuat dan perkasa. Kisah Para Rasul 3:21 “Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.” Itu sebabnya, kita selalu berdoa, dan Tuhan Yesus juga mengajarkan kita berdoa.

Doa orang benar besar kuasanya, dan oleh karena kekuatan doa, segala sesuatu sangat mungkin bagi Allah. Karena, tidak ada yang mustahil bagi Allah. Ketika di hari-hari belakangan ini pekerjaan kamu seperti sia-sia, ketika melakukan sesuatu hasilnya justru sebaliknya, mungkin ada sesuatu yang kita lupakan, yaitu berdoa.

Yakobus 4 : 2-3 menuliskan “Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.”

1 Tesalonika 3 : 12 – 13 “Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu. Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.”

Pada acara momentum doa di Pardede Hall, sekat-sekat interdenominasi semakin tak terlihat saat semua umat berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan. Doa yang dipanjatkan dalam berbagai suku yang ada di Sumatera Utara, khususnya kota Medan juga menggugah seluruh umat bahwa Tuhan itu sungguh luar biasa. Bisa mempersatukan umatnya dalam satu acara “doa bersama”.

Dengan doa, segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Dengan doa kita dipersatukan oleh Tuhan dalam berbagai hal. Dengan doa kita memiliki tujuan yang sama, mengharapkan terjadinya pemulihan bagi seluruh umat manusia. Teruslah berdoa dengan sungguh-sungguh. Lakukan segala sesuatu setelah diawali dengan doa yang tulus kepada Tuhan. Amin.(Analisa)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.621 pengikut lainnya.