Teknologi Inilah Konsep Sepeda Motor Listrik Masa Depan

Kampanye kendaraan ramah lingkungan tidak hanya pada mobil saja, tetapi para produsen sepeda motor dunia juga sudah mulai menyiapkan konsep andalannya. Menariknya, sepeda motor bertenaga listrik ini, didesain dengan tingkat mobilitas dan kinerja tinggi di masa depan. Inilah desain sepeda motor listrik tersebut;

1. Frog eBike 2012 (Frog Design)

Frog eBike ini merupakan desain yang bertujuan untuk membunuh banyak desain tradisional dari bentuk sepeda motor konvesional. Motor listrik yang menggantikan mesin pembakarannya, dibuat seminimal mungkin dan merampingkan komposisi sepeda motor itu. Rumah baterai akan dipasang pada bagian bawah sasis dan posisi itu akan membantu menurunkan pusat gravitasi. Komponen lain yang akan dilengkapi pada Frog eBike ini termasuk panel instrumen OLED digital, kemudi fly-by-wire dan helm dengan pendeteksi retina, serta heads-up display.

2. Honda Oree (Nike Albertus & Andre Look)

Inilah karya mahasiswa Jerman, Andre Look dan Nike Albertus. Sepeda motor ini paket baterai sport dan motor listrik, yang ditempatkan di tepi powerplant. Motor listrik tersebut dapat menyemburkan tenaga 91 PS dan torsi 169 Nm, sehingga kuda besi ini dapat berlari dengan kecepatan maksimal 190 kpj. Oree juga mengambil sedikit desain naked bike dengan suspensi yang terbuka.

3. AER Racing (Andre Federico Look)

AER akan menjadi salah satu konsep dengan tenaga besar, karena memakai 4 motor listrik bertenaga 143,5 kW. Pada roda depan dibekali satu mesin listrik kecil untuk menggunakan kembali energi yang ada saat pengereman. Lantas, 4 motor listrik yang masing-masing berbobot 4,5 kg akan dipakai untuk memberikan akselerasi lebih cepat.

4. BMW E 100R (Mika Mahonen)

Desain yang satu ini dirancang sebagai sepeda motor dengan nol emisi dengan biaya rendah. Karena itu, desain yang ditampilkan sederhana, mengandalkan rangka yang ringan dan mesin kuat. BMW E 100R mampu menghasilkan tenaga hingga 108 PS dan torsi 131 Nm, yang energinya disuplai oleh sebuah baterai pada rangkanya.

5. VertiGo (Maarten Timmer)

Desain sepeda motor listrik Timmer mengambil bentuk sport, yang menjanjikan torsi tinggi, akselerasi cepat, emisi rendah dan jarak berkendara 100 sampai 150 km. Memang secara desain VertiGo ini tidak jauh berbeda dengan motor sport konvensional, tapi dipercaya kuda besi ini dapat memberikan torsi instan.

Rabu lalu  (25), beberapa konsep sepeda motor listrik  masa depansudah ditampilkan. Kini, masih ada 5 perancang lainnya menunjukkan karyanya sebagai solusi kelak ketika menghadapi  cadangan minyak yang semakin menipis dan harga terus melambung tinggi. Meski desain unik, tapi persyaratan ramah lingkungan, aman dan nyaman tetap menjadi perhatian utama. Inilah para konsep itu;

6. Amplio (Sebastian Tymoczko)

Konsep ini diklaim sangat praktis karena ketika baterai habis bisa diganti, sementara yang kosong diisi ulang kembali. Baterai untuk kuda listrik ini terdapat lebih dari satu, serta menyimpan tenaga sebesar 10 kWh ditempatkan pada rak alumunium ringan. Disamping itu sepeda motor ini akan dilengkapi dengan sistem pengereman regeneratif nyata, lalu sinkronisasi AC motor dan tempat duduk ergonomis.

7. Audi EB1 (Juan Sebastian Orozco Herrera)

Audi EB1 mungkin terlihat aneh tetapi inilah sepeda motor listrik bergaya ekstrem terbaik. Kuda besi yang menghasilkan kadar nol emisi digerakan oleh motor 42 kW dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 57 PS. Hasil itu didapat dari baterai sel ion-lithium 48 V, 22ah. EB1 dilengkapi dengan layar monitor OLED, suspensi mono-shock, dan lampu depan serta belakang OLED.

8. Voltra (Dan Anderson)

Voltra merupakan konsep naked bike yang rendah dan posisi mesin menyatu dengan lengan ayun, serta dapat dipisahkan. Lalu kursi yang sekaligus ekor ditempatkan menyatu dengan subframe. Untuk mempertahankan penampilan yang ramping baterai disembunyikan dalam perut motor.

9. Abarth NGR (Rob Thornham)

Konsep sepeda motor listrik ini diciptakan sebagai penerus superbike konvensional. Sang desainer membuatnya denngan bahan ringan, berteknologi hubless dan bodi yang aerodinamis. Dalam desain ini terdapat saluran udara strategis untuk mendinginkan sistem baterainya. Lalu untuk fitur lainnya terdapat helm heads-up display yang memberikan data performa pengendara.

10. Shavit (Eyal Melnick)

Sepeda motor listrik ini datang dengan desain tempat duduk unik, yang membuat posisi pengendara sedikit tegak saat menunggangi kuda listrik ini. Posisi kursi itu pun dapat diubah hanya dengan menekan tombol dan tidak sampai disitu footstep serta setang juga dapat disesuaikan kedudukannya. Untuk mempertahankan desain minimalis tangki bahan bakar dihilangkan, lalu digantikan dengan sasis yang besar. (Kompas)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

*** www.tuannahoda.co.nr ***

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38.739 pengikut lainnya.