Salib Kasih, Pemandian Air Soda & Sipoholon Pilihan Pertama Perantau

Tarutung – Hingga hari ketiga di tahun 2012, sejumlah objek wisata di Tarutung dan sekitarnya, seperti objek wisata rohani Salib Kasih, Pemandian Air Soda dan Pemandian Air Panas Sipoholon, masih menjadi nomor satu pilihan masyarakat dan perantau luar daerah.
Terbukti, hingga Rabu (3/1) ketiga objek wisata ini masih ramai dikunjungi masyarakat. Walau pun jumlahnya tidak sebanyak hari pertama dan kedua Tahun Baru, namun lokasi ini masih padat siang harinya.
Kepala UPT Salib Kasih, Helmi Siregar yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, sejak awal tahun 2012 hingga Rabu (3/1) jumlah pengunjung ke objek wisata itu mencapai ribuan orang. Hal itu terbukti dari jumlah tiket masuk yang terjual mencapai tujuh ribu.
“Kita belum hitung seberapa banyak jumlah pastinya tiket yang terjual. Namun, kita perkirakan sudah mencapai tujuh ribuan dalam dua hari ini. Yang pasti, hari kedua tahun baru kita lebih banyak pengunjung. Dibanding hari pertama dan makin turun pada hari ketiga. Walau masih terlihat ramai, namun jumlahnya sudah lebih sedikit dibanding hari kedua dan pertama,” paparnya.
Namun, kata Helmi, jumlah tiket yang terjual tidak dapat dijadikan ukuran seberapa banyak pengunjung yang datang ke objek wisata kebanggaan Taput tersebut. Sebab, melihat banyaknya pengunjung hingga berdesakan di pintu masuk Salib Kasih hingga petugas kewalahan melayani, diperkirakan jumlah pengunjung mencapai puluh ribuan.
“Amatan kita, pengunjung kebanyakan rombongan. Kita benar-benar kewalahan melayani mereka karena berdesak-desakan di pintu masuk. Sehingga kita tidak bisa melihat dengan jelas siapa-siapa saja yang sudah membeli tiket. Ada juga pengunjung berusaha menyelip dengan memanfaatkan situasi itu tanpa membeli tiket,” ungkapnya.
Dikatakan, objek wisata tersebut tidak hanya didatangi kaum nasrani melainkan ada juga pengunjung beragama muslim, yang berasal dari luar daerah. Seperti, Jakarta, Medan, Pekanbaru dan Padang. “Ada juga pengunjung yang datang dari Padang. Ketika kita menanya kedatangan mereka bilang hanya ingin melihat langsung objek wisata Salib Kasih,” jelasnya.
Ditanya kemanan wisata Salib Kasih selama tiga hari ini, Hekmi mengaku aman dan terkendali. “Semuanya aman. Tidak ada laporan dari pengunjung yang datang ke kita. Kita hanya kesulitan di kamar mandi. Karena air sangat sulit disini,” ucapnya.
Dewi Sihombing (21) salah seorang pengunjung Salib Kasih kepada wartawan mengatakan, dirinya bersama teman-temanya sengaja berlibur ke Tarutung hanya untuk mengunjungi sejumlah objek wisata seperti Salib Kasih, pemandian air soda dan pemandian air panas Sipoholon.
“Kami sengaja datang ke sini untuk berlibur. Melihat Salib Kasih dan Air Panas Sipoholon. Kedua tempat itu sudah kita kunjungi. Namun, Pemandian Air Sosa belum, karena tidak sempat. Sebab, kita harus balik ke Medan,” tandas Dewi yang mengaku warga Medan.
Berbeda dikatakan David Sinaga (26), mahasiswa di Medan yang pulang kampung ke Tarutung mengatakan, dirinya bersama beberapa temannya sudah mengunjungi ketiga objek wisata dimaksud.
Usai mengikuti kebaktian di Salib Kasih, mereka langsung menuju pemandian air soda, selanjutnya ke pemandian air panas Sipoholon. Jarak antara ketiga tempat wisata ini yang tidak terlalu jauh ini membuat mereka bias mengunjungi wisata itu dalam waktu sehari.
“Sebenarnya saya bersama beberapa teman tidak begitu terlalu asyik menikmati liburan ke ketiga lokasi itu. Tapi karena tidak ada pilihan, wisata itu pun menjadi pilihan. Melihat orang ramai saja lah,” tukasnya di Pemandian Air Soda di Desa Parbubu, Tarutung, Selasa (2/1).
Warga lainnya, Poltak Sitompul mengatakan, Tarutung sangat beruntung memiliki objek wisata rohani sepeti salib kasih dan pemandian air soda dan air panas sipoholon.
Karena, faktor sejarah sangat mempengaruhi keinginan para pengunjung untuk mendatangi objek wisata Salib Kasih.
Menurut Poltak, faktor sejarah salib kasih yang menjadi tempat awal Nomensen akan memulai misnya untuk menyebarkan injil di tanah batak dinilainya menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke tempat tersebut.
“Karena tempat itu bersejarah. Makanya selalu dipadati pengunung. Bukan objek wisata yang dibuat-buat. Hal itu lah yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang dan berdoa di tempat itu. Sementara,dua objek wisata lainnya, kebetulan objek pemandian. Dimanapun tempat pemandian masih menjadi tempat paling ramai dikunjungi. Kebetulan air soda tidak banyak di dunia ini. Itulah satu lagi keuntungan dari Tarutung. Pemandian itu merupakan sebuah karunia dari tuhan,” paparnya.
Terpisah, pengelola parkir di pemandian air soda bermarga Hutagalung mengatakan dalam sehari, kendaraan yang parkir di tempat itu mencapai dua ratusan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. (Metro/ht/des)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.451 pengikut lainnya.