RE Nainggolan: Calon Bupati Taput harus Berkepribadian Tegas

Tarutung – Figur seorang tokoh yang layak untuk menjadi calon Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019 mendapat tanggapan berbeda dari sejumlah pengamat politik. Namun, seorang pemimpin yang pro rakyat kecil masih dianggap lebih relevan.
Drs RE Nainggolan MM misalnya, mantan Sekda Provinsi Sumatera Utara ini mengatakan, figur seorang tokoh yang layak menjadi calon Bupati Taput harus mampu bekerja sesuai dengan aspirasi masyarakat.
“Calon Bupati Taput itu harus seorang yang mampu memberi pelayanan secara maksimal terhadap rakyat,” sebut RE Nainggolan saat dihubungi wartawan, Sabtu (21/10) melalui ponselnya.
Ditanya soal latar belakang figur yang layak memimpin Taput, RE Nainggolan, dengan ringkas menyebut, latar belakang seorang yang pantas menjadi Bupati Taput adalah seorang yang sederhana dan berkepribadian tegas. ”Soal latar belakang sederhana saja dan memiliki kepribadian yang tegas,” katanya.
Sedangkan untuk latar belakang pendidikan, ia mengatakan, tidak menjadi acuan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. ”Sebenarnya seorang yang berpendidikan tinggi belum tentu dapat memimpin. Jadi, kalau soal latar belakang pendidikan, dari mana saja boleh, yang penting itu tadi, berkeperibadian dan tegas,” pungkasnya.
Sebelumnya, pengamat politik di Taput lainnya, Ir Yunus Caesar Hutauruk mengatakan, dirinya sendiri, hingga kini belum menemukan seorang sosok yang pas untuk memimpin Taput.
”Kalau masyarakat Taput kini sudah ada yang mengunggulkan sejumlah tokoh untuk menjadi bupati, secara pribadi saya belum menemukan yang pas,” tandas Ir Yunus.
Namun, sebutnya lagi, dari sejumlah tokoh yang belakangan marak diunggulkan masyarakat menjadi figur calon bupati, terdapat sejumlah tokoh yang menurutnya terbaik dari yang sudah ada. ”Kalau figur tokoh yang disebutkan masyarakat itu semua, saya sendiri menilai ada satu dua orang yang terbaik dari yang ada, tapi saya tidak perlu menyebutkan siapa orangnya,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Forum Masyarakat Peduli Bonapasogit, Wesly Suta Fernando Simanjuntak mengatakan, sosok yang layak menjadi Bupati Taput ke depan harus memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, berpengalaman dalam memimpin pemerintahan, merakyat dan religius.
“Setelah melihat perkembangan pembangunan Taput saat ini, kini saatnya masyarakat jeli untuk memilih pemimpinnya. Menurut saya, sosok seorang yang berpendidikan tinggi, berpengalaman memimpin pemerintahan, serta merakyat dan religius adalah yang lebih layak,” tandas Wesly.
Ia menyebut, perkembangan pembangunan di Taput, kini sudah mampu dikejar oleh kabupaten tetangganya. ”Perkembangan pembangunan yang ada, kini sudah mampu dikejar oleh kabupaten-kabupaten tetangganya yang notabene baru dimekarkan dari Taput sebagai kabupaten induk. Harusnya, Taput sudah jauh lebih maju dari kabupaten yang dimekarkannya itu,” pungkas Wesly.
Sebelumnya, sejumlah kalangan masyarakat mengunggulkan 11 tokoh yang dinilai layak memimpin Taput. Ke-11 tokoh dimaksud masing-masing, Pinondang Simanjuntak SH Msi, dr Rikardo Situmeang S.Ked MM, Drs Mauliate Simorangkir MSi, Drs Sanggam Hutagalung MM, Samsul Sianturi SH, Ir Marojahan Situmeang MT, AKBP Maruli Siahaan, Sanggam Hutapea, Poltak Lumbantobing, Sanggam Manalu, Elly Manalu. (Metro/hsl/des)

About these ads

5 Komentar (+add yours?)

  1. Leonardo Joentak
    Nov 28, 2012 @ 20:23:05

    Figur pemimpin Taput itu jgn sombong,sok kuasa,mengandalkan kepentingan kelompok,jangan sensitif pd hal-hal berbau provokasi,hendaknya netral obyektif menyikapi aspirasi yg mengemuka,terbuka menerima kritik,mampu menilai potensi-potensi yg ada di masyarakat,tidak menganggap diri selalu benar krn kebetulan berada pada posisi kepala pemerintahan, dan satu lagi,orangnya harus memiliki rasa kasihan pd warga yg menderita krn kemiskinan. Soal pendidikan tinggi bisa ya bisa tidak,trgantung dimensi kualitas yg bersangkutan. Itulah menurut saya sebagai warga pengamat.

  2. manusur simanjuntak
    Apr 07, 2012 @ 07:33:59

    Horas Bapak Pinondang Simanjuntak Saya sagat mendukung bapak untuk maju menjadi bupati tapanuli utara walaupun bapak belum kenal saya suatu saat kita pasti ketemu kami anak – anakmu yang di tanah rantau sagat mendukung 100% semoga bapak bisa membawa taput/tano hatubuan kepada yang lebih baik supaya tapanuli jagan lagi di sebut peta kemiskinan.

  3. manusur simanjuntak
    Apr 07, 2012 @ 07:22:48

    Menurut saya yang layak memimpin taput kedepan adalah seorang wiraswasta karna tanah taput adalah lahan pertanian yang belum di garab baik baik dan pendapatan dari taput yang menonjol adalah hasil pertanian untuk itu tanah/ lahan yang ada harus di garap dengan baik baik untuk kesejahtraan rakyat orang batak khususnya yang tinggal di taput

  4. Jona Sinaga
    Apr 01, 2012 @ 06:40:39

    Selamat untuk ulasannya Lae, nampaknya sekian banyak nama yang terus diajukan oleh Masyarakat Tapanuli Utara baik yang di bonapasogit maupun yang diperantauan untuk kandidat/Bakal calon Bupati Taput 2014-2019 semuanya berlatar belakang pengusaha atau aparat kepolisian, saya merasa sangat sedih kalau semua mencalonkan orang dengan tidak mengandalkan prinsip “The Right Man and The Right Place”, makanya tapanuli utara bona pasogit kita itu ngga maju-maju, namun saya cuman memberikan masukan saja ni bagaimana kalau yang memimpin pemerintahan di Taput adalah orang yang pernah dan mengabdi dari alumni pemerintahan sebagai Contoh di bandung.
    Ada seorang putra Taput yang murni orang pemerintahan, Alumni sekolah pamong, dan juga Guru yang mengajar dan mempersiapkan calon Pimpinan bangsa ini baik di Pusat maupun di daerah, beliau seorang yang masih Muda dan Dosen Di IPDN bagaimana kalau beliau yang kita dukung untuk menjadi Bupati Tapanuli Utara
    (Dr. Fernandes Simangunsong, S.STP,S.AP,M.Si)
    usia beliau saat ini masih muda yaitu 35 tahun dan saya yakin beliau bisa kerja all out, nama beliau sudah sangat terkenal di jajaran pemerintahan daerah sebagai konsultan pemerintahan yang pintar, tegas, murah senyum dan suka sendaugurau. Suami dari Ibu Imelda Hutasoit, S.Kep, M.Kes, AIFO, MA ini adalah orang yang sangat memperhatikan pendidikan karena istri beliau juga seorang dosen yang sangat saya yakini bisa mengangkat harkat dan martabat ibu-ibu di Tapanuli Utara.

    Cuman Yang menjadi catatan buat kita dan menjadi perenungan buat kawan-kawan di Bonapasogit dan diluar bonapasogit yang menjadi ketakutan saya adalah : Apakah Beliau Mau Maju menjadi Bupati Tapanuli Utara? karena menurut beliau bahwa Bangso tai boi dope di tuhor halak anggia di saat pilkada sehingga saya sangat benci dengan politik transaksional, karena sekali transaksi terjadi maka yang dirugikan masyarakat Taput baik itu transaksional besar maupun kecil!!!!!! dan kata beliau pula saya sebenarnya punya cita-cita ingin jadi orang besar anggia yaitu menjadi Guru Besar (Profesor) atau menjadi Duta Besar (Ha….ha…jawab beliau sembari tertawa).
    silahkan para pencari berita untuk kemajuan Taput bahwa Taput harus bangga bahwa kita punya Putra Daerah yang menjadi tenaga fungsional dosen di sebuah sekolah yang dibanggakan oleh negara kita ini dan hanya satu-satunya di Indonesia, Coba Lirik Beliau Dr. Fernandes Simangunsong, S.STP,S.AP,M.Si (Kandidat Guru Besar IPDN- KEMDAGRI)
    Horas GBU

  5. Rubianto nainggolan,
    Nov 13, 2011 @ 16:05:13

    Taput adalah kabupaten yg sangat lambat untk maju karna pontensi yg ada ditaput hanya mengandalkan sektor pemerintahan, untk swasta sangat sulit sekali, makanya menurut hemat saya taput harus dpt mepromosikan lebih pontensi yg ada. Dan tentunya memperhatikan keuntungan bagi masyarakat taput guna meningkatkan perekonomian, sudah saatnya taput dipimpin orng yg memiliki jiwa kepempinan yg dapat menberikan perubahan bg segala bidang. Horas bonapasogit.. Mauliate

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39.244 pengikut lainnya.