8 Tokoh Pantas jadi Bupati Taput

3 Keluarga Toluto
 Tarutung – Tiga dari delapan yang mencuat di kalangan masyarakat berasal dari keluarga besar Bupati Taput, Torang Lumbantobing. Yakni, istri bupati Elly Manalu, abang kandung Bupati Poltak Lumbantobing SH, dan ipar kandung bupati Drs Sanggam Hutagalung, MM.
Menurut warga, Elly Manalu, Istri Bupati Taput Torang Lumbantobing ini, digosipkan sejumlah masyarakat akan maju menjadi Calon Bupati Taput berikutnya. Bahkan, sejumlah masyarakat mengaku siap untuk mendukungnya.
J Simamora, warga Kecamatan Pagaran, kepada wartawan kemarin mengatakan, sosok Elly Manalu adalah seorang wanita yang mampu memimpin Taput. ”Kalau ibu itu maju, saya pasti siap mendukungnya. Walau seorang ibu, sosoknya sudah dikenal masyarak dan sudah banyak berbuat di daerah ini,” ujar J Simamora.
Terpisah, A Lumbantobing (54) warga Kecamatan Sipoholon mengatakan, Elly Manalu sangat peduli terhadap para kaum ibu yang memiliki usaha kecil dan usaha industri rumah tangga di Taput.
”Elly Manalu sudah akrab dengan kaum ibu di Taput. Banyak kegiatan PKK yang menyentuh masyarakat khususnya ibu-ibu yang memiliki usaha industri kecil dan rumahtangga. Jadi, sosok ibu itu, layak lah untuk menggantikan suaminya menjadi Bupati Taput berikutnya,” kata A Lumbantobing.
Dukungan juga mengalir kepada abang kandung Bupati Taput Torang Lumbantobing, Poltak Lumbantobing. Pria yang kini menjadi pejabat di Pemkab Deli Serdang ini, juga dibahas sejumlah kalangan masyarakat bakal maju menjadi calon Bupati Taput.
“Kalau yang kami dengar, Poltak Lumbantobing abangnya Bupati Taput itu akan maju juga sebagai calon bupati.
Kalau dia benar-benar maju, sebagai PNS berpengalaman, layaklah ikut mencalonkan diri,” sebut T Aritonang, warga Kecamatan Tarutung.
Demikian juga ipar kandung Bupati Taput Torang Lumbantobing, Sanggam Manalu ini, juga dibahas sejumlah masyarakat bakal maju menjadi calon Bupati Taput. Manurut warga, Sanggam Manalu yang kini berdomisili di Pulau Jawa itu juga layak menjadi Bupati Taput.
“Kami sudah lama mendengar kalau Sanggam Manalu yang merupakan ipar Bupati sekarang, akan maju pada Pemilukada periode 2014-2019 mendatang. Kalau dia jadi maju, kami sebagai masyarakat yang masih ada hubungan marga dengan mereka pastilah mendukung,” ungkap L Manalu, warga Kecamatan Pagaran. (hsl/des)
Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Taput masih 2 tahun lagi. Namun, masyarakat sudah ramai membicarakan siapa saja diusung. Bahkan, 8 tokoh yang mereka anggap pantas memimpin Taput sudah bermunculan.
Hasil penelusuran wartawan sejak beberapa minggu terakhir ini, para kandidat yang muncul saat ini di antaranya, Drs Nikson Nababan, Pinondang Simanjuntak SH MSi, dr Rikardo Situmeang SKed MM, Drs Mauliate Simorangkir MSi, Drs Sanggam Hutagalung MM, Samsul Sianturi SH, Ir Marojahan Situmeang MT, AKBP Maruli Siahaan, dan Sanggam Hutapea, Poltak Lumbantobing, serta Elly Manalu.
Berikut komentar elemen masyarakat Taput terkait para kandidat calon.

Drs Nkson Nababan

Drs Nikson Nababan
Putra Siborongborong, Taput yang sukses di perantuan ini, namanya kini sudah marak dibahas oleh kalangan masyarakat di Kecamatan Siborongborong bakal maju menjadi calon Bupati Taput mendatang.
“Nunga godang par Siborongborong on mamboto naeng maju Drs Nikson Nababan gabe Bupati Taput lae. Jadi, hami sebagai dongan sahuta, pasti mendukung do (sudah banyak masyarakat Siborongborong mengetahui Nikson Nababan bakal maju jadi calon Bupati Taput. Sebagai teman sekampung, pastilah kami mendukung,” ujar P Lumbantoruan (44) warga Siborongborong, kemarin.
Sedangkan, D Silaban, warga Sipoholon mengatakan, sosok Nikson Nababan, masih perlu memperkenalkan diri lagi di kecamatan-kecamatan lain di Taput, agar dikenal masyarakat luas. Namun demikian, D Silaban sendiri mengaku, dirinya akan mendukung Nikson Nababan jika maju menjadi calon. P Hutasoit SH juga mendukung Drs Nikson Nababan maju di Pilkada Taput. Menurut Pemred web site nababan Pak Nababan,  mengharapkan juga Partogi (Parsadaan Toga Sihombing) Indonesia dan PBMNBB se Indonesia diharapkan akan bersatu padu untuk mendukung Drs Nikson Nababan. Belajar dari pengalaman Pilkada yang lalu Partogi dan PBMNBB Indonesia akan mensosialisasikannya dengan hati nurani dan terbuka, Drs Nikson Nababan adalah adek kandung dari Anggota DPR RI Sukur Nababan, ST demikian keterangan Pemred web site nababan kepada wartawan.

 Pinondang Simanjuntak SH MSi
RJ Sihombing (24), seorang mahasiswa di salah sekolah tinggi agama Kristen di Kecamatan Sipoholon kepada wartawan, Rabu (19/10) mengatakan, sosok Pinondang Simanjuntak sangat layak untuk memimpin pemerintahan di Taput periode 2014-2019.
“Beliau (Pinondang Simanjuntak-red) seorang pensiunan pejabat Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berpengalaman. Dia pernah menjadi Wakil Walikota Jakarta Utara dan Pelaksana Walikota Jakarta Utara. Pengalaman kepemimpinannya di Jakarta tentunya sangat banyak. Jadi, jiwa seorang leadership itu sangat dimiliki olehnya,” ujar RJ Sihombing.
Senada diungkapkan Pdt W Rumapea. Ia mengatakan, sosok Pinondang Simanjuntak sendiri sangat religius. ”Saya belum lama kenal Pinondang. Tapi setelah saya mengenal dia, ternyata orangnya sangat religius. Terbukti, dia juga seorang Sintua di gereja. Sosoknya saya anggap sangat cocok memimpin Taput ke depan, baik dari sisi latarbelakang pekerjaan, maupun kepribadiannya,” kata Pdt W Rumapea.
Warga lainnya, M br Hutagalung yang tergabung dalam kelompok Lanjut Usia (lansia) di salah satu gereja di Kecamatan Tarutung juga mengatakan hal yang sama, sosok Pinondang sangat peduli terhadap kegiatan kerohanian dan para Lansia. ”Molo amang Simanjuntak i naburju do i jala na serep roha. Nunga godang hujalo hami akka Lansia na adong di gereja nami akka pambahenan sian ibana saleleng on (kalau Pak Simanjuntak itu orangnya baik dan rendah hati. Sudah banyak kami terima bantuan dari dia, khususnya para Lansia di gereja kami),” ungkap M br Hutagalung.
Tokoh masyarakat Kecamatan Garoga, M Pasaribu, juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, Pindondang Simanjuntak sangat peduli terhadap rakyat kecil dan petani. ”Saya yakin dia itu akan sukses memimpin Taput jika terpilih. Apalagi, selama ini, sudah banyak masyarakat yang mendapat bantuan berupa bibit pertanian dari dia,” kata M Pasaribu.
dr Rikardo Situmeang SKed MM
Bakal calon yang satu ini, adalah seorang Pegawai Negeri Sipil di Pemkab Tapanuli Utara yang terakhir ditugaskan di Dinas Kesehatan. Bakal calon yang murah senyum ini diyakini sejumlah warga menjadi salah satu kandidat kuat jika turut menjadi calon Bupati Taput mendatang.
Sekretaris Jamita Mangaraja Situmeang Taput, St R Situmeang kepada METRO mengatakan, sosok dr Rikardo Situmeang sudah banyak dikenal masyarakat di daerah itu.
“Sosok dr Rikardo layak menjadi Bupati Taput berikutnya. Dia sudah dikenal dan sudah banyak berbuat kepada masyarakat, terutama bidang pelayanan kesehatan,” ujar St R Situmeang.
Sedangkan tokoh masyarakat Desa Hutaraja, Kecamatan Sipoholon, J Situmeang (66) mengatakan, jiwa seorang pemimpin ada pada diri dr Rokardo. Disisi lain, sebutnya, dr Rokardo adalah seorang yang dermawan. ”Dia (dr Rikardo-red) adalah salah satu putra dari Pomparan Si Raja Naipospos yang dapat kami andalkan untuk maju menjadi seorang bupati, karena memiliki jiwa pemimpin dan sangat dermawan. Namun demikian, siapapun dari Pomparan Siraja Naipospos yang akan maju menjadi calon bupati di Taput, kita berharap agar masyarakat dan semua marga dari Pomparan Siraja Naipospos tetap bersatu menjadi satu kekuatan yang utuh dan bermartabat,” harapnya.
Drs Mauliate
Simorangkir MSi
Bakal calon yang pernah menjadi pejabat Kepala Dinas Pendidikan Taput ini, diyakini masyarakat juga mampu membawa perubahan dan kemajuan di Taput. ”Mauliate Simorangkir adalah seorang PNS yang sudah berpengalaman. Dia layak menjadi Bupati berikutnya. Semua yang dibutuhkan dari dia untuk menjadi seorang bupati sudah ada. Jadi pantas untuk dipilih masyarakat,” sebut salah seorang pengusaha di Taput, Leo Hutasoit, Rabu (19/10) melalui ponselnya.
Sementara itu, Sekretaris Panitia Reorganisasi Punguan Pomparan si Raja Panggabean Taput, Marolop Panggabean mengatakan, secara pribadi, dirinya mendukung sepenuhnya kehadiran Drs Mauliate Simorangkir untuk calon Bupati di tahun mendatang.
“Secara pribadi saya mendukungnya. Tapi, nanti kalau hasil seleksi Mubes Siraja Panggabean menyatakan Drs Mauliate punya figur yang layak, kita akan merekomendasikan dan mendukungnya untuk menang,” tandas Marolop.
Menurut Leo, figur Mauliate Simorangkir sudah layak dibutuhkan membangun Taput. “Pribadinya telah teruji baik dalam dunia birokrat, pemerintahan, masyarakat apalagi dalam dunia pendidikan,” ujarnya.
Mauliate Simorangkir sendiri adalah asli putra Taput dan kini menjabat sebagai Direktur Pengkajian Internasional, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI (Eselon IIa).
Drs Sanggam Hutagalung MM
Bakal calon yang satu ini, kini menjabat Sekretaris Derah Pemkab Taput. Sosok Sanggam Hutagalung, dinilai masyarakat sangat tegas dan layak untuk duduk sebagai Bupati Taput berikutnya.
“Sanggam Hutagalung, selama ini saya kenal tegas dan disiplin dalam melaksanakan tugas. Dia juga penggemar olahraga dan religius. Jadi, dia sudah layak menggantikan bupati yang ada saat ini setelah habis masa periode,” ujar L Nainggolan, salah satu mahasiswa Taput yang kuliah di Kota Medan, kemarin.
Pdt M Pardede, yang melayani gereja kharismatik di Kecamatan Siborongborong, Pahae, Tarutung, Sipoholon, Garoga, Pagaran, Muara, Adiankoting, kepada METRO, Rabu (19/10) saat dihubungi melalui ponselnya juga mengatakan sama. Menurutnya, sosok Sanggam Hutagalung dikenal peduli akan kegiatan gereja.
“Kita mengetahui selama ini Sanggam Hutagalung peduli dengan kegiatan-kegiatan gereja. Walu sebenarnya di gereja tempat kami tugas belum pernah, tapi di gereja-gereja lain, saya banyak mendengarnya. Jadi, sosok yang peduli terhadap kegiatan gereja, sangat layak untuk memimpin Taput ke depan,” ungkap M Pardede.
Samsul Sianturi SH
Mantan Calon Bupati Taput periode 2009-2014 ini diyakini akan menjadi salah satu kandidat yang pantas untuk diperhitungkan masyarakat. Pasalnya, sejumlah warga menilai, hasil pemilihan suara Pilkada Taput Periode 2009-2014 menjadi acuan. Dimana Samsul Sianturi menjadi saingan terberat Bupati Taput saat ini, Torang Lumbantobing dalam hal perolehan suara.
“Samsul Sianturi adalah sosok yang bermasyarakat dan dermawan. Dia juga pernah menjadi calon bupati dan mendapat perolehan suara di urutan kedua setelah bupati sekarang. Jadi, sosok Samsul Sianturi layak saya dukung kembali,” ujar S Hutapea (47) warga Kecamatan Tarutung, kemarin.
Sedangkan, M Lumbantoruan, warga Kecamatan Siborongborong mengatakan, sosok Samsul Sianturi dinilai akan dapat memberi perubahan nyata di Taput jika terpilih menjadi bupati. ”Saya menilai, jika Samsul Sianturi maju dan menang di Pemilukada mendatang, maka perubahan nyata di Taput akan terjadi. Ini sesuai dengan motto dia sebelumnya, yakni berkarya nyata, bukan berkarya kata,” sebut M Lumbantoruan.
Ir Marojahan
Situmeang MT
PNS di Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Sumber Daya Air, Jakarta ini, dinilai masyarakat layak dicalonkan menjadi Bupati Taput berikutnya. Ir Marojahan Situmeang MT sendiri, kini juga menjadi tenaga teknis di berbagai perusahaan kontraktor besar swasta.
D Nababan (36), warga Kecamatan Siborongborong kepada METRO, Rabu (19/10) mengatakan, sosok Marojahan adalah seorang PNS dan seorang ahli yang mampu memberi perubahan. ” Marojahan layak untuk dicalokan atau mencalonkan diri menjadi Bupati Taput. Dia seorang PNS yang berpengalaman memimpin dan seorang ahli di bidangnya,” ujar D Nababan.
Sedangkan, I Lumbantobing (36) warga Kecamatan Tarutung mengatakan, Marojahan, tidak perlu mendapat pengkajian lagi untuk dapat menjadi seorang bupati. ”Dari apa yang dimiliki dia saat ini, saya pikir tidak perlu diragukan lagi, akan tetapi, kita lihat saja nanti, dia maju atau tidak,” ungkap I Lumbantobing.
AKBP Maruli Siahaan
Perwira polisi yang kini bertugas di Polda Jawa Timur ini, diyakini warga Taput layak menjadi Bupati Taput ke depan. Namun, warga belum yakin, jika AKBP Maruli Siahaan akan ikut mencalonkan diri menjadi Bupati Taput periode 2014-2019.
O Silaban (47), warga Kecamatan Tarutung, kepada METRO, Rabu (19/10) mengatakan, sosok AKBP Maruli Siahaan yang juga asli putra asal Kecamatan Siborongborong itu, layak untuk memimpin Taput. ”Sebagai seorang aparat penegak hukum, Maruli Siahaan tentu layak memimpin Taput. Kenapa….? Supaya tidak ada lagi yang korupsi di Taput,” tandas O Silaban.
Sedangkan J Napitupulu, warga Siborongborong, juga menilai sosok AKBP Maruli Siahaan layak ikut mencalonkan diri. ”Pasti layaklah, kalau dia kan aparat hukum. Jadi kalau dia lolos menjadi Bupati Taput, maka PNS di daerah ini dan pejabatnya akan takut korupsi,” ujar J Napitupulu.
Ir Sanggam
Hutapea MM
Mantan Calon Bupati Taput periode 2009-2014 ini, dinilai warga masih maju menjadi calon Bupati Taput mendatang. Sanggam Hutapea, yang meraih perolehan suara ketiga pasca Pemilukada Taput 2009 lalu, dinilai warga memiliki visi misi yang modern dan memasyarakat.
“Kalau Sanggam Hutapea maju lagi, pasti majulah Taput ini. Karena dia punya visi misi pembangunan modern yang memasyarakat di berbagai sektor. Baik sektor pendidikan, pertanian, maupun kesehatan,” sebut T Lumbantobing (39) warga Kecamatan Tarutung.
(Metro/hsl/des)

About these ads

29 Komentar (+add yours?)

  1. panal & patar nababan
    Jul 25, 2013 @ 09:14:30

    saya heran masih ada nababan, mau mencalonkan diri jadi wakil bupati kenapa ya tidak mau mengalah untuk yang lain biar kita satu dan menang?……

  2. Demak nababan
    Apr 18, 2013 @ 17:38:04

    pemimpin di tapanuli utara itu harus orang yang berjiwa besar dan sifat membangun,dan satu hal lagi harus lapang dada, tapanuli utara masih benar-benar butuh sentuhan para investor untuk membuka lahan pertanian dan juga lapangan kerja yang tentunya pengelolhan daerah pertanian tersebut, banyak orang batak yang sukses di jakarta atau di perantauan,tapi sepertinya susah untuk memberikan sumbang sih ide atau investasi terhadap kemajuan tapanuli utara…keneapa ya…

  3. wanrilronitua
    Mar 26, 2013 @ 17:03:49

    ayo majulah nababan.smg tuhan memberkati pomparan borsak mangatasi nababan.

    salam,bere nababan
    di Barus,Tap-Teng

  4. ITA
    Feb 25, 2013 @ 17:25:14

    yang jelas dinasti TOLUTO tdk saya dukung jd BUPATI..
    mrk lintah darat,,yg msh berusaha menutupi kelakuan atas apa yg sudah mereka perbuat slama menjabat 2 periode ,,

    cukup sudah harta n aset 30M buat klrg kalian…
    sudah waktunya TAPUT majuuuu,, ganti Pemimpin/Bupati n jajarannya,,semua sdh tdk layak lagi menjabat,, cukup slama ini rakyat di tipuu

    kasi kesempatan buat pemimpin yang lain yg lebih kompeten n mencibtai rakyat TAPUT,,,

  5. ITA
    Feb 25, 2013 @ 15:53:26

    MAJU taPUT

  6. Johannes FM
    Jan 15, 2013 @ 22:06:43

    Siapapun yang maju pastinya putra putri terbaik Taput. Dari yg terbaik yang terpilih nantinya yang sesuai dengan masyarakat Taput pada umumnya. PILKADA damai rakyat senang/happy, PILKADA rusuh rakyat keliru.

  7. ayu
    Okt 05, 2012 @ 12:06:15

    yup… talului ma na lobi pas jala adong rohana padengganhon Tapanuli Utara…. Godang do halak hita na hasea di Pangarantoan jala ias Track Recordna…(dao sian togel, dugem, pareman, dlna). Unang be alani marga manang alani famili…. molo holan laho giliran marga… lobi ratusan marga ni halak hita… hali 5 tahun = andigan be denggan pemerintahanta…

  8. Krisman Nababan, SP.d
    Agu 26, 2012 @ 13:24:30

    Krisman Nababan, SP.d ( Sekretaris Umum PBMNBB Kec. Sidikalang-Kab. Dairi )
    Seluruh warga PBMNBB Boru/Bere/Ibebere Kecamatan Sidikalang-Kab. Dairi memberikan dukungan sepenuhnya terhadap Drs. Nikson Nababan yang akan ikut dalam PILKADA TAPUT, semoga THN memuluskan segala rencana, tujuan, cita-cita yang akan dibebankan oleh warga Nababan dipundaknya. Doa dan Restu warga Kecamatan Sidikalang selalau bersama

  9. 12345678
    Jul 31, 2012 @ 20:16:40

    siapapun ingin memiliki taput silah kan saja..yg penting balon harus profesional..bagi kami masyarakat fine2 saja,jgn jadi memperkaya diri sendiri,,karna hotel prodeo akan menanti nya..thanks…..

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.369 pengikut lainnya.