Pemkab Tapanuli Tengah, Usulkan 653 Honorer jadi PNS

Sibolga - Pemkab Tapteng mengusulkan sebanyak 653 pegawai hononer untuk diangkat menjadi PNS pada Oktober 2011. Dari jumlah usulan tersebut, 506 honorer diantaranya sebagai kategori 1, dan sisanya atau 147 orang kategori 2.
Demikian diungkapkan Kepala BKD Tapteng, SP Sigalingging, Jumat (23/9). “Totalnya yang kita usulkan 653 orang. 506 diantaranya kategori 1 yang honornya dari APBN,” ujar Sigalingging yang ditemui di ruang kerjanya didampingi Kabag Humas Tapteng, H Drs Jamiluddin Marpaung MA.
Usulan tersebut, lanjut Sigalingging menyusul diterbitkannya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi PNS, Oktober tahun ini. Katanya, pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) totalnya akan mengangkat 67 ribu hononer se-Indonesia menjadi PNS.
Dijelaskannya, tenaga honorer yang masuk persayaratan pengangkatan wajib memenuhi PP Nomor 48 Tahun 2005 junto PP Nomor 43 Tahun 2007. ”Yang dijanjikan diangkat adalah tenaga honorer yang sudah bekerja 1 tahun sebelum 31 Desember 2005. Usianya dibawah 46 tahun pada 1 Januari 2006,” jelasnya.
Sigalingging mengatakan, ke-653 honorer tersebut tersebar di instansi-instansi pemerintahan kabupaten sampai ke kecamatan yang sudah diverifikasi. Tapi, kata Sigalingging tidak termasuk guru atau sekdes.
“Sebenarnya, sejak tahun-tahun lalu kita sudah usulkan pengangkatan tenaga honorer, tapi belum banyak yang belum diangkat,” katanya.
Kemempan RB sebelumnya menyatakan sekitar 67 ribu tenaga honorer kategori I yang akan diangkat menjadi PNS. Adapun untuk kategori II, sekitar 600 ribu tenaga honorer menunggu daftar untuk diverifikasi. Nantinya, mereka wajib ikut tes bersama, yakni seleksi kelengkapan administrasi dan ujian tertulis sesama tenaga honorer.
Untuk tenaga honorer kategori II tidak dimasukkan dalam formasi tahun ini. Meski begitu, janjinya, pengangkatan dilakukan dengan mempertimbangkan alokasi kebutuhan organisasi dan kemampuan keuangan negara, yang diproyeksikan pada 2012 dan 2013.
Sementara, untuk tenaga honorer yang bekerja mulai 2006 hingga 2011, maka bisa ikut seleksi menjadi Pegawai Tidak Tetap (PTT).
PTT Jangan Berharap
Diangkat
Berbeda dengan tenaga honorer yang sudah bekerja sebelum 1 Januari 2005, para Pegawai Tidak Tetap (PTT) tidak akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jika ingin menjadi CPNS, para PTT harus mengundurkan diri dari PTT dan mengikuti seleksi tertulis masuk CPNS seperti pelamar umum.
Ketentuan tersebut termuat dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PTT, yang rencananya juga akan diterbitkan dalam waktu dekat ini.
“Yang PTT, jangan angkat lagi lah. Nanti akan ada PP yang khusus mengatur PTT. Itu nanti yang akan mengatur,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) EE Mangindaan saat menyampaikan sosialisasi RPP tersebut di Jakarta.
Bukan hanya hanya itu, RPP juga mengatur, tidak semua pemda boleh merekrut PTT. Pemda yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tinggi saja yang boleh merekrut PTT. Dan dibatasi maksimal hanya 30 persen dari PAD yang boleh diperuntukkan untuk membayar PTT.
Untuk formasi dan pengadaan PTT, seperi diatur di RPP, terintegrasi dalam formasi PNS, yang diusulkan masing-masing instansi sesuai kebutuhan. Formasi PTT ditetapkan oleh menpan-RB. Penempatan PTT berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian, dengan masa penugasan paling lama setahun dan dapat diperpanjang lagi.
PTT dapat bekerja hingga usia 56 tahun, kecuali untuk jabatan spesifik dan tertentu, setelah mendapat persetujuan menpan-RB.
Mengenai tempat instansi PTT bekerja, RPP juga mengatur bahwa tempat bekerja PTT adalah instansi pemerintah yang memiliki PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), Sekretariat Lembaga Negara, perwakilan pemerintah RI di luar negeri, instansi pemda, dan Badan Layanan Umum Pusat dan Daerah yang memiliki PNBP/PAD yang memadai.
Bagi instansi pusat tertentu, pembiayaan PTT dapat dibebankan pada APBN berdasarkan keputusan menkeu setelah mendapat pertimbangan dari menpan-RB. (mora/sam)

About these ads

7 Komentar (+add yours?)

  1. JONSON
    Mar 13, 2014 @ 14:30:46

    DAFTAR NAMA-NAMA TENAGA HONORER NYA TOLONG DIMUAT DUN’K…
    THANK’S :)

  2. Berisigep
    Sep 23, 2013 @ 19:22:06

    Dia do Pengumuman TAPTENG, ttg Penerimaan CPNS Tapteng 2013 ????

  3. julianti hutagalung
    Sep 19, 2013 @ 11:25:46

    Tlg diverifikasi data untuk ka1 dan 2. sesuai dengan kebenarannya.

  4. Santi Kristina Pardede
    Sep 19, 2013 @ 11:20:28

    Tlg diperjuangkan nasinb para PTT 2006-2011, karena sangat banyak PTT yang terangka untuk kategori 1 dan 2 mempunyai data siluman. Tlg diperjuangkan nasib yang benar-benar PTT yang berkelanjutan ini.

  5. RL
    Sep 10, 2013 @ 14:23:25

    SEMOGA PENGABDIAN YANG KAMI BERIKAN SELAMA INI KEPADA PARA GENERASI PENERUS BANGSA TIDAK DISIA-SIAKAN.

  6. Andrivai Hasurungan Darmis Sinaga
    Okt 15, 2012 @ 12:26:59

    kapan di buka lg penerimaan cpns tarutung taput pak?

  7. Santu Pasaribu
    Nov 22, 2011 @ 06:07:19

    tolong di munculkan daftar nama2 nya

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.373 pengikut lainnya.