Kelulusan MA, SMA dan SMK di Sumut Membaik

MEDAN – Tingkat kelulusan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sumatera Utara (Sumut) tahun ini lebih memuaskan dibanding tahun lalu.

Berdasarkan pengumuman hasil UN SMA/MA/SMK 2011 yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Bahauddin Damanik, kemarin diketahui hanya 466 siswa di Sumut yang tak lulus UN. Dengan rincian,SMA/MA sebanyak 242 orang (0,21%), dan SMK 224 siswa (0,33%). Dijelaskan Bahauddin, tahun ini persentase ketidaklulusan peserta jenjang SMA/MA/SMK di Sumut lebih kecil dibanding tahun lalu.

Begitu juga dibanding persentase ketidaklulusan secara nasional. Jika dibandingkan tahun lalu untuk jenjang yang sama,jumlah peserta SMA/MA tercatat sebanyak 121.429 orang peserta yang lulus 121.429 atau 99,78% yang dinyatakan tidak lulus sebanyak 271 orang atau 0,22%. Sedangkan jenjang SMK dari jumlah peserta UN sebanyak 63.078 orang yang dinyatakan lulus sebanyak 62,626 orang atau 99,28% dan yang dinyatakan tidak lulus 452 orang atau 0,72%.

”Adapun untuk penyelenggaran UN SMA/MA tahun ini di Sumut, 99,79% dinyatakan lulus dari jumlah peserta sebanyak 116.918 orang. Sedangkan hasil UN tingkat SMK dinyatakan 99,67% lulus dari jumlah peserta 67.202,” jelas Bahauddin didampingi Ketua Panitia UN Sumut Ilyas Sitorus dan Bendahara penyelenggara UN Sumut FD Asian Hutasoit, di Kantor Disdik Sumut, kemarin. Kelulusan UN tingkat SMA/MA tahun ini, kata Bahauddin, sudah di atas rata-rata kelulusan tingkat nasional, dimana untuk jenjang SMA, kelulusan sebesar 99,23% dari 1.463.135 peserta.

Dan peserta yang tidak lulus secara nasional sebanyak 11.337 orang (0,77). Adapun untuk tingkat SMK secara nasional kelulusan sebesar 99,51% dari 942.698 peserta, sedangkan peserta yang tidak lulus sebanyak 4.655 (0,49). Hasil UN untuk jenjang SMA/MA tahun ini, program bahasa mendapatkan kelulusan 100% dari 116 peserta, program IPA mendapatkan kelulusan 99,88% dari 62.331 peserta dan program 99,69% dari 54,141 peserta.

Ketua Pelaksana UN Sumut Ilyas menyebutkan,untuk tahun ini tidak ada lagi ujian ulangan bagi peserta UN yang tak lulus. Bagi siswa yang gagal UN bisa mengikuti ujian paket C atau mengulang di tahun depan. ”Bagi kabupaten/kota sudah bisa langsung mengambil print out kelulusan untuk sekolah-sekolah hari inidi Bilal. Hingga saat ini print out masih untuk enam kabupaten/kota dan kami dahulukan, yaitu kabupaten/kota yang terjauh,”terang Ilyas.

Dikatakannya, untuk sistem pengambilan kelulusan diserahkan langsung ke kabupaten/ kota. Berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, pihak sekolah nantinya yang akan memanggil langsung masing-masing orang tua siswa. ”Tapi ada juga berupa pengumuman yang hanya ditempel di sekolah.Tergantung kabupaten/kota dan sekolah,” sebutnya. Dipaparkan Ilyas, dari hasil print out kelulusan UN ini, masing-masing kabupaten/kota diharapkan dapat mengecek kembali secara detail.

Sebab, berdasarkan pantauan yang dilakukan Bendaraha Penyelenggara UN Sumut FD Asian Hutasoit yang diutus ke Jakarta untuk mengambil hasil UN dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terdapat lembaran jawaban siswa asal Tapanuli Utara yang nilainya masih bolong-bolong. ”Untuk itulah kita berikan kesempatan bagi kabupaten/ kota untuk mengecek kembali, diberikan waktu selama satu bulan untuk melakukan komplain,”ucap Ilyas.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) Kanwil Depag Sumut Yulizar menyebutkan, tingkat kelulusan siswa MA tahun ini naik dibanding kelulusan tahun lalu. ”Tahun lalu kelulusan kita (MA) 99% sekian,tapi tahun ini kelulusan kita (MA) 100% untuk program bahasa dan keagamaan. Sedangkan program IPA dari 8.370 orang yang tidak lulus 10 orang atau 0,119% dan jurusan IPS dari 10.095 peserta yang tidak lulus 30 orang atau 0,297%,”kataYulizar. (Waspada)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.605 pengikut lainnya.