Hari Ini Putusan Sengketa Pemilukada Tapteng

Siap Menang, Siap Kalah
PUTUSAN sengketa pemilukada Tapteng baru akan dibacakan nanti sore (11/4), pukul 16.00 WIB. Putusan Mahkamah Konstitusi sifatnya final, tak tersedia ruang untuk malakukan banding. Putusan yang keluar bakal memaksa seluruh pasangan calon untuk menepati slogan, siap menang, siap kalah. Lantas, siapa kalah, siapa menang?

Ada sejumlah hal yang perlu dicermati sebelum bermain tebak-tebakan mengenai putusan MK yang dibacakan sore nanti. Pertama, dalam sengketa pemilukada Tapteng, pasangan yang bukan merupakan pasangan peserta pemilukada, yakni Albiner Sitompul-Steven PB Simanungkalit, diberi hak untuk ikut menggugat. Artinya, Albiner-Steven dinyatakan memiliki legal standing. Dalam pakem beracara di MK, hanya peserta pemilukada saja yang berhak mengajukan gugatan.
Coba kita buka file pernyataan hakim MK, Akil Mochtar, kepada koran ini, 21 Januari 2011. Saat ditanya komentarnya mengenai gugatan Albiner-Steven yang sudah mengajukan gugatan, pada 15 Desember 2010, Akil menjelaskan, yang namanya gugatan sengketa hasil pemilukada, sudah pasti gugatan dilakukan setelah pemilukada digelar. Yang berhak untuk mengajukan gugatan pun, sesuai ketentuan, adalah para pasangan calon yang ikut pemilukada. “Gugatan pilkada di MK itu setelah hasil pilkada ditetapkan oleh KPU. Karenanya, tidak akan diperiksa di luar sengketa setelah hasil pemilu,” ujar Akil Mochtar, melalui layanan pesan singkat (SMS) ke koran ini, saat itu.
Memang, belakangan Albiner-Steven memperbarui gugatannya, yang diajukan usai penetapan perolehan suara di KPU Tapteng.
Akil hanya salahsatu dari sembilan hakim MK. Bisa saja, yang lain punya pendapat berbeda dan faktanya, perkara gugatan Albiner-Steven, diperiksa alias disidangkan juga. Ada apa ini? Tergesa-gesa jika lantas mengkaitkan dengan latar belakang Akil yang merupakan politisi Partai Golkar, yang dulunya juga dikenal dekat dengan Akbar Tandjung, yang pro pasangan Bonaran-Syukran.
Hanya barangkali, Akil lupa bahwa dalam kasus sengketa pemilukada Kota Jayapura, pasangan calon yang dicoret bisa mengajukan gugatan dan menang, yakni MK memerintahkan pemilukada ulang Jayapura, dengan mengikutkan pasangan yang sebelumnya dicoret itu.
Kedua, gugatan dua pasangan, yakni DinaHikmal dan Albiner-Steven, sama sekali tidak mempersoalkan mengenai perolehan suara masing-masing calon. Mereka lebih menekankan mengenai tuduhan KPU Tapteng tidak netral, politik uang, dan tuduhan aparat kepolisian lebih berpihak ke pasangan Bonaran-Syukran.
Yang seperti ini juga merupakan keunikan dari sengketa pemilukada yang digarap MK. Dengan demikian, majelis hakim MK pastinya lebih fokus menguji sah tidaknya pencoretan Albiner-Steven, dan juga mengenai masih tidaknya permainan uang. Dua persoalan ini yang kiranya krusial dan bakal menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah.
Ketiga, hasil perolehan suara yang sudah ditetapkan KPU Tapteng pada 18 Maret 2011, menunjukkan pasangan Bonaran-Syukran menang telak, dengan suara 83.313, disusul Dina-Hikmal 49.379 suara, dan Tasrif Tarihoran-Raja Asi Purba dengan 1.458 suara. Tegakah MK akan menganulir suara rakyat yang mutlak berpihak ke Bonaran-Syukran? Memang, perkara hukum bukan perkara cinta yang lebih menonjolkan perasaan. Namun, hakim juga diberi kewenangan bulat untuk mengeluarkan putusan berdasarkan ‘rasa keadilan’.
Fakta-fakta yang muncul di persidangan, diramu dengan bukti-bukti yang sudah disodorkan oleh pihak yang bersengketa dan dibumbui oleh ‘perasaan’ hakim, akan menghasilkan menu putusan yang akan disajikan sore nanti.
Jadi, jangan gegabah main tebak-tebakan terhadap putusan hakim MK yang hanya melalui persidangan kilat, yang tak sungkan meramukan putusan dengan pertimbangan ‘rasa keadilan.’ Akankah pemilukada Tapteng diulang? Ataukah MK mengukuhkan kemenangan Bonaran-Syukran? Mumpung masih pagi, ada waktu cukup mencari kawan untuk ‘main tebak-tebakan’. (sam/dro)

Pendukung BOSUR Diimbau Kondusif
Seluruh masyarakat Tapteng, khususnya masyarakat yang mendukung pasangan Raja Bonaran Situmeang SH MHum–H Syukran Jamilan Tanjung SE (BOSUR), diimbau agar menjaga kekondusifan.
Imbauan itu disampaikan Ketua Tim Kampanye pasangan BOSUR Puspa Aladin Sibuea, kepada wartawan, Sabtu (9/4) sore. Ia menduga, ada upaya-upaya dilakukan oknum tertentu untuk menciptakan ketidakkondusifan maupun menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat. “Untuk itu, kami mengimbau agar warga Tapanuli Tengah tetap menjaga kekondusifan yang sudah tercipta dengan baik selama ini, khususnya kepada warga masyarakat pendukung pasangan BOSUR (BOSUR Mania). Kami mendengar informasi adanya segelintir oknum yang mencoba menimbulkan keresahan dengan memberikan informasi yang tidak benar terkait hasil Pemilukada Tapteng di Mahkamah Konstitusi,” ujar Puspa.
Menurut Puspa, yang mengaku sedang berada di Jakarta saat ini, pihaknya mendengar laporan adanya informasi yang berkembang di Tapteng terkait Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) akan diulang kembali. “Kita menerima laporan adanya isu atau informasi yang berkembang bahwa Pemilukada Tapteng akan diulang kembali. Itu tidak betul, sebab persoalan Pemilukada Tapteng itu masih dalam proses di MK. Dan Insya Allah, hari Senin besok (hari ini-red) baru diputus oleh MK,” tukasnya.
Untuk itu, sambung Puspa, diimbau dan diingatkan kepada seluruh masyarakat Tapanuli Tengah, terutama pendukung BOSUR agar menjaga situasi tetap kondusif. “Pasangan BOSUR pada pemilukada tanggal 12 Maret 2011 lalu adalah pemenang dalam pemilukada. Adapun upaya hukum yang dilakukan pasangan lain secara hukum kita hormati, sebab kita adalah keluarga sadar hukum yang menjunjung tinggi supremasi hukum,” tukasnya. ,Sekali lagi, ia menegaskan, adapun proses pemilukada Tapteng di MK itu masih dilakukan dan akan diputuskan pada hari ini, Senin (11/4) sore. “Jangan terpancing untuk ribut atau membuat keonaran, sebab itu adalah upaya-upaya orang lain yang mencoba untuk merusak tatanan hidup di Kabupaten Tapteng yang sudah cukup baik selama ini,” tandasnya, seraya berharap agar warga tetap menjaga tali silaturahmi sesama warga. (Metro/tob/dro)

About these ads

1 Komentar (+add yours?)

  1. review forex signals
    Apr 17, 2011 @ 14:57:05

    I’m still learning from you, while I’m making my way to the top as well. I certainly love reading all that is posted on your site.Keep the aarticles coming. I loved it!

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.602 pengikut lainnya.