Drs Tuani Lumbantobing MSi, Akui Kemenangan Bosur

Sibolga – Bupati Tapteng, Drs Tuani Lumban Tobing MSi mengakui kemenangan pasangan Raja Bonaran Situmeang SH MHum-H Syukran Jamilan Tanjung SE (BOSUR) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilukada Tapteng, 12 Maret lalu.
Pengakuan tersebut disampaikan Bupati Tapteng Drs Tuani Lumban Tobing MSi dihadapan ribuan masyarakat nelayan saat menghadiri acara Launching Sertifikasi Keliling ATKAPIN/ANKAPIN oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI (Menkanla) Dr Ir Fadel Muhammad, Jumat (18/3) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga, di Pondok Batu kecamatan Sarudik Tapteng. Tak ayal, pernyataan Bupati Tapteng yang cukup mengagetkan tersebut disambut tepuk tangan meriah ribuan masyarakat yang hadir saat itu.
Menurut Bupati, pelaksanaan pesta demokrasi di Tapteng yang baru saja dilaksanakan telah berjalan dengan baik, aman, lancar, tertib dan kondusif. “Kita bisa menyaksikan sendiri pasca pelaksanaan Pemilukada Tapteng, kondusifitas keamanan tetap terjaga dengan baik. Ibaratnya tidak ada terdengar suara satu gelas pun yang pecah bahkan hingga rampungnya proses perhitungan suara di tingkat KPUD,” ujarnya.
Artinya, lanjut Bupati, masing-masing calon kepala daerah yang ikut bertanding di Pemilukada telah belajar untuk menerima risiko kekalahan, sebab kalah dan menang adalah konsekuensi logis dalam sebuah pertandingan. “Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap masyarakat Tapteng yang secara bersama-sama ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilukada dan juga kepada seluruh penyelenggara Pemilukada Tapteng,” tandas bupati seraya menyampaikan ucapan selamat kepada Raja Bonaran Situmeang SH MHum dan H Syukran Jamilan Tanjung SE yang juga hadir di acara tersebut.
23 Maret, Batas Pendaftaran Gugutan ke MK
KPU Tapteng resmi menetapkan pasangan BOSUR sebagai calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Tapteng periode 2011-2016, pada rapat pleno penetapan calon terpilih, Jumat (18/3) di Aula KPU Tapteng.
“Pasangan Raja Bonaran Situmeang SH MHum-H Syukran Jamilan Tanjung SE (BOSUR) memperoleh lebih dari 50 persen dari 134.150 suara sah dan ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih hasil Pemilukada Tapteng,” tandas Ketua KPU Tapteng, Kabul Lumbantobing saat membacakan petikan SK Penetapan.
Sebelumnya, sesuai hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara dari tingkat PPK, Kamis (17/3), pasangan BOSUR itu memeroleh 62,10 persen atau 83.313 suara, unggul dari pasangan Dina Riana Samosir-Drs Hikmal Batubara yang hanya memperoleh 36,81 persen atau 49.379 suara dan pasangan Tasrif Tarihoran SP-Raja Asih Purba SE yang meraih 1,09 persen atau 1.458 suara.
Atas penetapan calon terpilih, Anggota KPU Tapteng Divisi Hukum dan Humas, Maruli Firman Lubis SH menyatakan bilamana ada calon yang mau menyampaikan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi (MK), diberikan waktu 3 hari kerja setelah penetapan calon terpilih untuk mendaftarkan gugutannya. Di mana 3 hari kerja setelah penetapan, berarti batas pendaftaran gugutan ke MK yakni pada tanggal 23 Maret 2011, sebab Sabtu dan Minggu itu hari libur. “Setiap calon berhak mengugat kalau merasa tidak puas atau merasa ada kecurangan. Tapi sesuai aturan yang ada,” terang Firman.
Sementara itu, Ketua Panwaslukada Tapteng Safran Matondang SE dalam sambutannya menyatakan seluruh laporan dugaan pelanggaran yang dilaporkan ke pihaknya akan tetap diproses sesuai dengan bukti-bukti yang disampaikan. “Laporan yang masuk ke kita akan tetap diproses sesuai bukti,” tandas Safran.
Mewakili Muspida Tapteng, Dandim 0211/TT Letkol CZI Godman Siagian SiP menyatakan apresiasinya atas kesuksesan pelaksanaan Pemilukada. “Sampai pada tahap ini, Pemilukada Tapteng berjalan lancar dan aman, semoga kekondusifan itu tetap terjaga sampai pada tahap pelantikan pasangan calon terpilih nantinya. Ini semua tidak terlepas dari peran petugas dan masyarakat Tapteng. Semoga Tapteng semakin maju ke depan,” tandas Godman.
Amatan METRO, Rapat Pleno Terbuka yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut berjalan lancar dengan pengawalan ketat petugas kepolisian. Tampak hadir Kapolres Tapteng, AKBP Dicky Patrianegara SH SIk MSi, Ketua PN Sibolga Antonius Simbolon SH MH, Kabag Humas Pemkab Tapteng, H Jamiluddin Marpaung MA, mewakili Danlanal Sibolga dan Dansatradar 234 Sibolga. Sedangkan dari tiga pasangan calon yang diundang, hanya pasangan BOSUR serta tim pemenangan yang hadir.
Massa Albiner Minta Pemilukada Diulang
Belasan massa yang mengaku sebagai pendukung Albiner Sitompul-Dr Steven PB Simanungkalit mendatangi Kantor Panwaslukada Tapteng di Jalan Marison, Pandan, Jumat (18/3). Kedatangan mereka meminta agar Panwaslukada Tapteng mendukung Pemilukada Tapteng, 12 Maret 2011 lalu diulang. Sebab, sesuai putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan No.01/G/2011/PTUN.MDN, bahwa pasangan Albiner-Dr Steven dinyatakan berhak mengikuti Pemilukada, sebagai peserta atau calon, karena suara partai pengusungnya mencukupi dan layak.
“KPU Tapteng telah mengkangkangi demokrasi, dan tidak mendengarkan serta mengindahkan putusan PTUN Medan. Balon kami (Albiner-Dr Steven) sengaja dikalahkan oleh KPU Tapteng, tanpa memikirkan dampak dan mengecek berkas dukungannya, padahal Albiner-Dr Steven pantas dan layak sebagai Calon Bupati Tapteng. Kami sebagai pendukung setia Albiner-Dr Steven akan terus berjuang, baik di daerah juga di pusat, untuk menggolkan aspirasi Pemilukada Tapteng diulang,” tandas M Zega dan Tao Sianipar, koordinator massa .
Massa juga meminta agar Panwaslukada Tapteng bersedia memberikan pertanggungjawaban bilamana nantinya Mahkamah Konstitusi (MK) memintanya.
Ketua Panwaslukada Tapteng, Safran Matondang SE menerima surat pernyataan sikap massa dan salinan putusan PTUN Medan yang disampaikan massa. Menanggapi aspirasi massa, Safran menyatakan bahwa yang berhak memutuskan pemilukada ulang adalah MK.
“Silahkan kalau bapak-bapak menyampaikan aspirasinya ke MK. Kami selaku Panwaslukada siap jika dibutuhkan atau dipanggil oleh MK nantinya,” tegas Safran sembari manyampaikan bahwa tahapan Pemilukada Tapteng tetap berjalan dan hari ini KPU Tapteng sudah menetapkan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Tapteng periode 2011-2016 hasil Pemilukada.
Usai menyampaikan aspirasi dan orasinya sambil membawa sejumlah poster bertuliskan tuntutan mereka, massa pun membubarkan diri dengan tertib dengan pengawalan petugas kepolisian.
Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua KPU Tapteng, Kabul Lumbantobing menyatakan bahwa sesuai SK KPU Tapteng No.730/KPU/TAPTENG/002.434687/XII/2010 soal verifikasi pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Tapteng 2011-2016, memutuskan dari 6 pasangan balon yang mendaftar ke KPU Tapteng, ditetapkan tiga pasangan yang lulus verifikasi/klarifikasi faktual dan administrasi.
Pasangan yang tidak lulus verifikasi/klarifikasi faktual dan administrasi karena tidak memenuhi syarat minimal perolehan suara pendukung. Seperti, syarat partai politik pendukung nonsheet (tanpa kursi di DPRD) yang harus ada 19.370 suara, serta legalitas dukungannya. (mora)
BOSUR: Ini Kemenangan Masyarakat Tapteng
TAPTENG-METRO; Inilah adalah kemenangan masyarakat Tapteng. Kenapa begitu, khususnya kami berdua tidak punya uang yang banyak. Tapi di seluruh desa, mereka membiayai kami dengan memberikan sumbangsihnya, dari seribu rupiah sampai jutaan rupiah. Sumbangan itu kami hargai dan akan kami bayar dengan mengabdikan diri kami untuk membangun Tapteng sebagaimana yang diharapkan masyarakat.
Demikian penyataan Raja Bonaran Situmeang SH MHum-H Syukran Jamilan Tanjung SE Bonaran didampingi H Syukran Jamilan Tanjung SE (BOSUR) kepada sejumlah wartawan usai ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Tapteng periode 2011-2016 oleh KPUD Tapteng pada rapat pleno penetapan calon terpilih, Jumat (18/3) di Aula KPU Tapteng. Ketetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan No.37/KPU-TT/SK/III/2011.
“Bagi pihak-pihak kompetitor kami yang mengalami kekalahan, kami mohon maaf. Hanya satu permintaan kami, tolong dihargai pilihan masyarakat Tapteng. Tolong dikaji ulang, pantaskah mengambil langkah ke MK (Mahkamah Konstitusi). Dengan mengambil langkah ke MK adalah hak mereka, tapi tolong dicatat bahwa hak kami juga ada, hak masyarakat Tapteng juga ada untuk mengambil langkah hukum terhadap pelanggaran-pelanggaran yang mereka lakukan, tolong,” kilah Bonaran yang sempat menjadi pengacara tersangka korupsi Anggodo Widjojo.
Ditambahkannya lagi, saya sudah menjadi pengacara beberapa Pemilukada. Sampai hari ini saya merasa Pemilukada Tapteng adalah yang terbaik se-Indonesia. Di mana masyarakat berperan aktif, bukan hanya memberikan suara, tapi memberikan uangnya kepada calon bupatinya. Dengan harapan calon bupati ini dapat benar-benar konsentrasi untuk memberikan pembangunan, tapi tidak terlilit hutang untuk membiayai pemilukada.
“Jika selama ini orang mengatakan bahwa biaya pemilukada itu mahal, saya bisa pastikan bahwa itu tidak benar sama sekali. Hal itu terbukti di Tapteng, kami tidak mengeluarkan banyak uang, karena masyarakatlah yang memberikan sumbangsih. Masyarakatlah yang membiayai pelaksanaan kampanye kami di beberapa daerah. Kenapa mahal, tentunya karena hasrat dan nafsu para calon itu yang mau menang,” ungkap Bonaran.
Karena itu, masih Bonaran, saya sangat berterimakasih, pertama kepada seluruh masyarakat Tapteng, yang telah menjadi cerdik dan pintar dalam memberikan suaranya. Kedua, saya berterimakasih kepada masyarakat Tapteng karena mereka mengawal pelaksanaan pemilukada ini.
“Dua hari mereka begadang supaya tidak terjadi serangan money politics. Saya berterimakasih kepada masyarakat Tapteng karena pada hari ‘H’ mereka mengawal TPS supaya jangan terjadi permainan curang, mereka mengawal kotak suara hingga ke kecamatan,” ujarnya.
Tak lupa Bonaran menyampaikan terimakasih kepada Panwaslukada. Dikatakannya, di seluruh tempat, masyarakat menemukan permasalahan adanya money politics. Ini telah kami laporkan. Kami minta itu tetap diproses, supaya masyarakat terdidik.
“Kita telah melaksanakan pemilukada dengan baik. Tapi saya berharap ke depan juga harus lebih baik. Dan masyarakat telah melihat sekarang, bahwa pilihan mereka, penolakan mereka terhadap uang, itu telah memuaskan mereka,” terangnya.
Terkait program kerja, Bonaran mengatakan, sebagai seorang yang berlatar belakang abdi hukum, ia akan menyelesaikan persoalan masyarakat, dengan langkah awal pemetaan persoalan yang ada, lalu membuat solusinya.
“Kami akan melakukan konsep baru bagaimana mewujudkan pembangunan yang pro rakyat. Jadi, untuk 100 hari pertama nanti, kami akan mewujudkan pembuatan KK dan KTP gratis. Tujuannya agar masyarakat Tapteng bisa diselamatkan dari keterpurukan. Seperti kita lihat, masyarakat Tapteng selama ini menangis, baik itu karena sarana jalan, tali air di pedesaan, PNS yang takut dan terintimidasi. PNS tidak perlu takut lagi, saya akan membebaskan PNS dari segala intimidasi. Dan saya akan menempatkan orang-orang di pemerintahan sesuai dengan prinsip the right man on the right place,” ucap Bonaran.
Terkait program pembangunan Tapanuli Grouth yang dimulai oleh kepala daerah sebelumnya, Bonaran mengatakan akan melihat dan mengkaji ulang program tersebut. Mana yang baik akan dipertimbangkan dan mana yang tidak baik akan dihentikan. (Metro/mora/muh)

About these ads

1 Komentar (+add yours?)

  1. reynold marganda tobing
    Mar 21, 2011 @ 08:33:57

    selamat pak Bonar, semoga Bapak dapat membawa tap teng ke arah yang lebih baik, dan memimpin penuh kejujuran, adil dan bijaksana. semoga keluarga bapak di limpahkan kesehatan jasmani maupun rohani serta panjang umur. selamat buat bapak dan wakil bapak…

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Memoria narrante

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.621 pengikut lainnya.