200 Ton Kopi Ateng dari Siborongborong Diekspor ke AS, Setiap Bulannya

Siborongborong - PT Sumatera Spetialty Coffeess (SSC) di Desa Pohan Tonga, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, mampu mengekspor 200 ton kopi ateng (Arabika) ke Amerika Serikat (AS) setiap bulannya.
Kopi yang di ekspor itu, 80 persen adalah hasil perkebunan petani kopi di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Sedangkan sisanya diperoleh dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Tobasamosir, Simalungun, Dairi dan Karo.
Untuk harga ekspor kopi ke AS, pihak PT SSC sendiri melalui bagian Humasnya, Ahmad S Lopes, kepada wartawan, Selasa (8/3) di Siborongborong mengatakan, berada pada kisaran US $5,2 hingga $5,5 per kilogram atau sekitar Rp41.600 hingga Rp44.000 per kg.
“Kita melakukan kontrak kerja sama dengan pihak perusahaan kopi Starbucks di Amerika Serikat. Untuk harga berada pada kisaran US $5,2 hingga $5,5 per kilogram. Dan kita mampu mengekspor 200 ton setiap bulannya,” ujar Ahmad S Lopes.
Ditanya, soal harga beli kopi dari para petani, Lopes menegaskan, saat ini, pihaknya mampu memberikan harga hingga Rp290 ribu per kaleng. “Tergantung kualitas kopinya. Kalau kualitasnya bagus, bisa mencapai Rp290 ribu per kaleng. Itu belum ditambah dengan bonus sebesar Rp200 per liter bagi petani kopi kita yang sudah terdaftar sebagai langganan,” papar Lopes.
Kembali ditanya, terkait naiknya harga kopi saat ini di pasaran lokal, Lopes berasumsi, naiknya harga kopi saat ini di pasaran lokal, lebih disebabkan adanya spekulasi bisnis dari pihak-pihak eksportir tertentu, guna menutupi target kontrak dengan perusahaan luar negeri.
“Inilah spekulasi bisnis. Akibat kurangnya produksi kopi dalam negeri, terpaksa pihak eksportir tertentu yang sudah mengikat kontrak dengan perusahaan luar, menaikkan harga untuk mencukupi kebutuhan kontrak. Kalau PT SSC jelas kontraknya berdasarkan kualitas, bukan hanya kuantitas,” jelasnya.
Sementara itu, salah seorang petani kopi Arabica asal Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, N br Simanjuntak (44), saat dikonfirmasi METRO, kemarin ketika menjual hasil panennya ke PT SSC, mengaku menerima Rp495 ribu dari hasil penjualan 17 liter kopi miliknya.
“Kopi yang saya jual tadi ke PT SSC paling 17 liter. Tapi saya menerima Rp495 ribu. Karena kualitas kopi saya itu kata mereka lumayan bagus,” ungkap N br Simanjuntak.
Ditambahkan Boru Simanjuntak, kalau dirinya sudah memiliki kartu petani kopi langganan yang dikeluarkan oleh perusahaan kopi Starbuks, Amerika Serikat melalui PT SSC itu.
”Saya sudah ada kartu anggota tani langganan PT SSC. Kartu ini dikeluarkan perusahaan dari Amerika itu melalui PT SSC. Kalau sudah ada kartu, ada tambahan bonus penjualan sebesar Rp200 per liter,” pungkasnya. (Metro/hsl/des)

About these ads

22 Komentar (+add yours?)

  1. ayu lumbantoruan
    Jun 22, 2013 @ 07:26:45

    kalo siborongborong sendiri sudah bisa ekspor pangan lokalnya tapi kenapa ya perekonomian di sana masih rendah.
    stagnan.

    apa info tentang usaha ekspor dan usaha industri atau wirausaha lainnya belum meluas kali ya?

  2. Lina Wati
    Mei 02, 2013 @ 12:50:01

    tertarik ikut kerjasama

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.621 pengikut lainnya.