Kasek Dituding Selewengkan Dana Bos

Lintongnihuta - Kepala Sekolah (Kasek) SD 174535 Sitonggi tonggi, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan,  M Br Sianipar diduga menyelewengkan Biaya Operasional Sekolah (BOS),  dengan cara mengalihkan dana untuk kepentingan pribadi.
Beberapa guru yang  mengajar di SD Negeri 174535 Sitonggi-tonggi, mengaku tidak mengetahu kemana dana Bos dianggarkan Kasek dimaksud.
“Kami tidak mengetahui kemana dipergunakan kepala sekolah penggunaan dana BOS mulai tahun 2005 sampai saat ini. Kami meminta agar di cek kepada Kepala sekolah keberadaan dana BOS tersebut,” ujar sejumlah pengajar di sekolah itu.
Menurut mereka, selama ini  bendahara hanya sebagai boneka saja. Karena diduga kuat yang menggunakan atau membelanjakan dana BOS adalah kepala sekolah.
“Dana BOS dari mulai tahun 2005 sampai saat ini diduga kuat digunakan untuk kepentingan pribadinya membeli mobil. Selama ini, bendahara  hanya sebagai alat pencairan dana BOS dari bank, namun membelanjakan adalah Kepala Sekolah,” beber mereka.
Senada diungkapkan salahseorang warga Desa Nagasaribu Lintongnihuta, L Silaban. Ia mengatakan, salahsatu SD yang diduga kuat menggunakan dana BOS untuk kepentingan pribadinya adalah SD 174535 Sitonggi-tonggi, Kecamatan Lintong Nihuta. Sekolah tersebut paling banyak jumlah siswanya, namun di sekolah tersebut masih banyak melakukan kutipan-kutipan bagi siswa untuk kepentingan pembelian peralatan sekolah. “Padahal pengutipan kepada anak didik tidak di benarkan lagi. Selama ini, fasilitas sekolah tidak ada satupun dibenahi, melainkan hanya kepentingan pribadinya saja yang diutamakan yakni dengan cara membeli mobil, dan diduga kuat pembelian mobilnya bersumber dari dana BOS,” ucapnya.
Ia meminta kepada penegak hukum agar melakukan pemeriksaan dan mengaudit aliran dana BOS di sekolah tersebut. “Kalau boleh Bupati Humbahas agar memutasikan  oknum kepala sekolah itu. Sebab dia tidak meningkatkan mutu pendidikan bagi para siswa, melainkan diduga meningkatkan pendapatan pribadinya,” imbuhnya.
Jumlah siswa di SD 174535 Sitonggi-tonggi, berkisar kurang lebih dari 400 siswa, dengan jumlah dana BOS yang diterima setiap triwulan sebesar Rp30 juta. Bila dihitung sejak tahun 2005 sampai sekarang, jumlahnya sudah mencapai  Rp600 juta.
Kepala Sekolah SD 174535 Sitonggi-tonggi, M br Sianipar, saat dijumpai membantah melakukan penyelewengan dana BOS sejak tahun 2005 atau sejak dirinya menjabat sebagai Kasek. Menurutnya, aliran dana sudah sesuai prosedur.
”Saya tidak ada menggunakan dana BOS untuk kepentingan pribadi, apalagi dipergunakan untuk membeli mobil Kijang Kapsul. Itu tidak benar, karena kami jalankan sesuai prosedur, dan aliran dana dapat dilihat pada Daftar Penggunaan Anggaran (DPA),” jelasnya singkat. (Metro/eks/int)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.349 pengikut lainnya.