Mahasiswa UNITA Siborongborong Mogok Kuliah

Siborongborong – Mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII (Unita) di Silangit, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), melakukan aksi mogok kuliah selama seminggu. Bahkan, Kamis (18/11), ratusan mahasiswa mengancam akan terus melakukan aksi mogok kuliah, hingga tuntutan mereka dikabulkan. Yakni mengganti pembantu rektor 1 dan memperbaharui akreditasi status jurusan/fakultas FKIP, Teknik, dan Pertanian yang sudah kedaluwarsa.

“Kami akan terus melakukan aksi demo dan mogok kuliah sampai tuntutan kami dikabulkan oleh pihak yayasan. Kita menginginkan apa yang menjadi hak kita. Sebab, kita juga menyampaikan kewajiban kita kuliah di kampus ini,” ujar Juandi Sihombing sebagai penaggung jawab aksi, kepada wartawan, Kamis (18/11) di Silangit.

Dijelaskannya, para mahasiswa saat ini terus mendesak legalisasi  akreditasi sejumlah jurusan di kampus tersebut. Di antaranya, akreditasi status jurusan/fakultas FKIP, Teknik, dan Pertanian yang sudah kadaluarsa.

Disi lain, Juandi memaparkan, fasilitas sarana penunjang pendidikan di kampus tersebut juga tidak mendukung. “Kita ke sini kuliah bukan gratis.

Tapi apa yang kita dapatkan di kampus ini tidak sesuai dengan apa yang menjadi hak kita. Semisal, toilet kampus saja tidak beres, belum lagi banyaknya persoalan diskriminasi,” tukasnya.

Atas terkedaluwarsanya akreditasi tersebut, mahasiswa mendesak pihak yayasan agar segera mengganti pembantu Rektor I (satu), Adriani Siahaan. Sebab, menurut para mahasiswa, kedaluwarsanya akreditasi tersebut disebabkan oleh kelalaian pembantu Rektor I.

Sebelumnya, pihak Yayasan Universitas Sisingamangaraja XII, melalui sekretaris yayasan, Tuty Rotua Panggabean kepada para mahasiswa menjelaskan, bahwa akreditasi jurusan yang sudah habis izinnya tersebut, saat ini masih dalam tahap pengurusan.

Di mana pihaknya sudah mengajukan perpanjangan akreditasi sebelum habis masa berlaku ke Dirjen Pendidikan Tinggi. “Jadi akreditasi jurusan itu masih legal. Sebab, ada perpanjangan bagi kampus yang belum terdata perpanjangan akreditasinya di Dirjen Dikti,” jelas Tuty.

Menanggapi sejumlah permasalahan di kampus Unita, salahseorang orangtua mahasiswa, warga Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan, Kamis (18/11) mengimbau agar mahasiswa kembali melakukan kuliah seperti biasa. Sebab, menurutnya, dengan melakukan aksi mogok kuliah, hanyalah merugikan mahasiswa itu sendiri.

“Saya prihatin melihat cara-cara mahasiswa Unita itu. Tidak harus demo untuk menyelesaikan masalah, bisa dengan cara terhormat.

Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Jadi saya berharap mereka (mahasiwa-red) kembali kuliah seperti biasa. Sebab, saya sendiri khawatir, anak saya ikut demo yang kita nilai tidak berguna itu,” harapnya. (Metro/hsl)

About these ads

5 Komentar (+add yours?)

  1. irul
    Feb 18, 2013 @ 15:24:41

    para mahasiswa/i menginginkan apa yang seharus nya menjadi hak mereka.

  2. maria sihombing
    Feb 19, 2011 @ 08:19:39

    menurut saya masalah akreditasi kampus unita sangatlah memprihatinkan
    karna ,biar bagaimana pun juga unita adalah satu satunya universitas yang ada di siborong borong jadi saya berharp persoalan ini segers dituntaskan
    supaya para generasi muda yang bersekolah disana tidak sia sia

  3. Millicent Ginyard
    Des 18, 2010 @ 04:32:52

    Thanks my friend for this really great information. iam happy to hear about this reality

  4. juandi
    Nov 26, 2010 @ 16:18:00

    kami harapkan pada seluruh masyarakat itu bukan aksi tolol,tapi tahapan2 sudah dilalui melalui surat menyurat,audien namun tidak ditanggapi pihak rektorat.kami menginginkan sebuah tempat menuntut pendidikan yang sesuai dengan UU pendidikan yang telah ditetapkan Negara bukan keputusan pribadi.kami tidak setuju kampus kami menyimpang dari itu. masalah status akreditasi kami menuntut kejelasan suratnya dari DIKTI,BAN PT jadi wajar klo mahasiswa menuntut kejelasan itu karena penerimaan cpns aj syarat umumnya harus sttb yang terakreditasi oleh BAN PT.kenpa pihak rektorat hnya bsa berbicara lisan tidak ada bukti sah diurus?

  5. David Silaban
    Nov 19, 2010 @ 07:17:46

    Sebaiknya para mahasiswa/i harus sadar dengan aksi mereka. Sebaiknya kita harus mengetahui akar ermasalahannya dulu.

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.373 pengikut lainnya.