Gunung Sinabung Masih Status Awas

Gunung Sinabung

Brastagi – Tiga hari pasca memuntahkan lava panas, status Gunung Sinabung masih tetap berada di level IV atau Status Awas. Para pengungsi diminta bersabar karena belum dapat kembali ke rumah masing-masing.

“KOndisi Sinabung masih datar-datar saja. Belum dapat dikatakan ke arah negatif atau positif. Yang pasti masih tetap berada di level IV, status awas,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dr Surono, kepada Sumut Pos (grup koran ini), saat dihubungi melalui telepon selular, Selasa (31/8) siang.

Menurut Surono, pihaknya masih menunggu sejumlah perkembangan dan reaksi yang di tunjukan gunung, sejak ditetapkan menjadi tipe A, Minggu (29/8) lalu. Menyimpulkan kondisi gunung berapi, menurut Surono, ibarat melihat mendung, Siapapun tidak dapat memastikan apakah turun hujan atau tidak. Jika turun, siapapun tidak mampu memastikan kapan hujannya akan berhenti.

Sejauh ini, sesuai pengakuan Surono, dalam memantau Gunung Sinabung yang berada di ketinggian 2451 m dpl itu, pihaknya tidak menemukan kendala. Fasilitas peralatan dan sebagainya diyakini cukup untuk melakukan penelitian. Pemkab Karo juga telah sepakat membuat dua pos pengamatan gunung (Sinabung dan Sibayak).

Disinggung tentang hubungan letusan Gunung Sinabung dengan sejumlah gunung berapi lainnya di Sumatera Utara, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ini menegaskan, tidak ada hubungan. Kalaupun terjadi letusan sejumlah gunung berapi dalam waktu berdekatan, itu hanya kebetulan saja.

“Gunung berapi memiliki karakteristik masing-masing. Dapat dipastikan berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak ada hubungan antara satu letusan gunung dengan yang lainnya,” bebernya.

Disinggung imbas letusan Sinabung, khususnya bagi gunung api yang ada di Sumut seperti, Gunung Sibayak (Karo), Gunung Pusuk Buhit (Samosir), Gunung Sorik Merapi (Madina), dan Gunung Purba di bawah Danau Toba, Kepala PVMBG, menjelaskan tidak akan ada pengaruh signifikan.

Adapun kondisi gunung tersebut saat ini, menurutnya hanya Gunung Sorik Merapi yang menyandang tipe A, “Seluruh gunung berapi tipe A di Indonesia, kita pantau 24 jam per hari. Sementara tipe B dipantau satu atau dua kali per tahun. Bagaimana ke depannya, kapan meletus, kami tidak bisa ramal dan pastikan. Gejala yang ditunjukkan gunung-gunung tersebutlah yang dapat memberi isyarat kepada kita untuk mengetahui perkembangannya,” katanya.

Pantauan dan informasi yang diperoleh wartawan di lapangan, Selasa (31/8), tidak ada letusan besar atau lava yang dikeluarkan Sinabung, Pandangan kepulan asap disertai debu vulkanik yang dikeluarkan dari puncak Sinabung, insensitasnya tidak sebesar sehari sebelumnya. Pagi hingga sore hari kawasan puncak Gunung Sinabung mayoritas tertutup awan. (wan/smg)

Data Gunung Berapi di Sumut

1. Gunung Sibayak

Sebuah gunung kecil yang menghadap ke kota Berastagi di Sumatera Utara. Ketinggiannya 2,212 meter atau 7.257 kaki. Gunung ini berjarak sekitar 50 kilometer Barat Daya dari kota Medan. Jenis Gunung Sibayak adalah Stratovolcano dengan letusan terakhir terjadi pada tahun 1881.

2. Gunung Sinabung

Sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung ini belum pernah tercatat meletus sejak tahun 1600.

3. Gunung Sibualbuali

Gunung stratovolcano di bagian utara Sumatera, Tapsel,. Gunung ini memiliki dua fumarol di lambung gunung bagian selatan. Terdapat kubah lava dari pergeseran sesar Toru-Asik. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1,819 meter atau 5,968 kaki.

4. Gunung Sorik Marapi

Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis, secara administratif berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Sorik Marapi merupakan gunung berapi aktif yang berketinggian 2.145 meter. Di puncaknya terdapat sebuah danau vulkanik. Gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak tujuh kali. Masing-masing pada tahun 1830, 1879, 1892, 1893, 1917, 1970, 1986 dan terakhir pada tahun 1987. Pada letusan terakhir, Sorik Marapi memuntahkan debu dan lahar panas yang mengalir sampai ke Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat

5. Gunung Hutapanjang

Gunung berjenis stratovolcano ini memiliki ketinggian 2.021 meter. Letusan terakhir tidak diketahui. Sedikit yang diketahui tentang gunung berapi ini. Terletak di koordinat 2.33 derajat Lintang Utara dan 101.6 derajat Bujur Timur.

6. Gunung Pangulubao

Adalah gunung yang terletak di dekat Danau Toba di Sumatera Utara. Gunung Pangulubao memiliki tanaman pitcher sebagai spesies tanaman yang hidup di hutan yang ada di gunung. Gunung berketinggian 2.151 meter atau 7.057 kaki ini juga memiliki tanaman langka Nepenthes ampullaria.

7. Gunung Toba

Adalah gunung api raksasa yaitu gunung aktif dalam kategori sangat besar, diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu. Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Parapat dan Porsea. Letusan kedua terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba, tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini, letusan ketiga paling dashyat terjadi 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.

8. Pegunungan Bukit Barisan

Jajaran pengunungan yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatra, memiliki panjang lebih kurang 1650 kilometer. Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi, berketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Pegunungan Bukit Barisan terletak dekat pertemuan antara pelat tektonik Eurasia dan Australia. (Kompas)

About these ads

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.576 pengikut lainnya.