Gubsu Imbau Masyarakat di 9 Daerah Pilkada Hari Ini Gunakan Hak Pilih Secara Cerdas

Medan – Gubsu H Syamsul Arifin SE mengimbau seluruh masyarakat yang berhak memilih di sembilan daerah di Sumut yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Rabu (12/5) agar menggunakan hak pilih secara cerdas dan demokratis tanpa dipengaruhi unsur apapun, termasuk jangan terbuai apabila ada pihak-pihak tertentu mengiming-iming sesuatu.
”Pilihan sepenuhnya berada di tangan masyarakat. Oleh sebab itu jangan terpengaruh apapun, melainkan gunakan hati nurani secara jernih dan objektif atas pilihan sendiri secara cerdas,” ujar Gubsu kepada wartawan di Medan, Senin (10/5) sore sehubungan akan digelarnya Pilkada di 9 daerah di Sumut besok.
Didampingi Sekdaprovsu DR RE Nainggolan MM selaku Ketua Desk Pilkada Pemprovsu, Gubsu kembali mengingatkan bahwa berdasarkan SK Gubsu Nomor 188.44/341/KPTS/2010 tanggal 7 Mei 2010 bahwa pada saat penyelenggaraan Pilkada di 9 kabupaten dan kota di Sumut tanggal 12 Mei 2010 merupakan hari yang diliburkan. Sembilan daerah yang menggelar Pilkada pada tanggal dimaksud masing-masing Medan, Binjai, Serdangbedagai, Tebingtinggi, Asahan, Sibolga, Tapanuli Selatan, Toba Samosir dan Pakpak Bharat.
Kebijakan ini berlaku untuk semua instansi pemerintah, BUMN, BUMD, badan dan perusahaan swasta, perguruan tinggi serta sekolah yang dimaksudkan agar seluruh masyarakat yang berhak memilih dapat menggunakan hak pilihnya di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 12 Mei 2010 dari pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Oleh sebab itu Gubsu mengimbau seluruh pimpinan instansi pemerintah, BUMN, BUMD, badan dan perusahaan swasta, perguruan tinggi serta sekolah agar mematuhi SK dimaksud.
“Terutama kepada pimpinan instansi dan perusahaan swasta hendaklah memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk menggunakan hak pilih secara nyaman pada hari yang diliburkan tersebut,” ujarnya.
Gubsu mengimbau seluruh penyelenggara Pilkada di daerah masing-masing agar meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan seluruh aparat kelurahan maupun kepala desa setempat untuk memastikan semua masyarakat yang berhak memilih sudah memperoleh kartu pemilih atau formulir pemanggilan ke TPS.
“Saya minta agar semua pihak turut berpartisipasi aktif menjaga keamanan dan ketertiban serta membangun suasana kondusif. Semua calon kepala daerah dan wakil agar berjiwa kesatria terhadap apapun hasil Pilkada yang merupakan pilihan rakyat, terutama para calon yang belum memperoleh suara terbanyak agar secara kesatria menenangkan konstituen maupun pendukungnya masing-masing untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu keamanan. Inilah implementasi dari komitmen para calon yang telah menyatakan siap menang dan siap kalah,” tuturnya.
Gubsu juga mengimbau masyarakat khususnya para tim sukses (TS) dan kandidat tidak terlalu berpedoman pada hasil-hasil survey yang dilakukan sebelum pemungutan suara berlangsung karena survei-survei tersebut sifatnya hanya prakiraan dan belum tentu sepenuhnya gambaran atau representasi dari seluruh sebaran pemilih.
”Bisa saja hasil survei dimaksud hanya representasi dari pemilih tertentu saja, sehingga hasilnya jangan sampai memprovokasi atau mempengaruhi opini yang macam-macam apabila ternyata hasil survei itu nantinya tidak sesuai dengan hasil pilihan masyarakat setelah pemungutan suara,” ujarnya seraya berulang mengingatkan hasil survei jangan jadi alat untuk memprovokasi pemilih seolah-olah penyelenggaraan Pilkada tidak objektif dan sebagainya.
Pada kesempatan ini Gubsu menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya seluruh kandidat bersama tim sukses dan parpol pendukung serta masyarakat pengusung kandidat independen atas telah berlangsungnya kampanye Pilkada di 9 kabupaten dan kota tersebut secara aman, tertib dan terkendali. Tentang masa tenang sejak 9 Mei 2010, Gubsu mengajak semua pihak tetap memelihara kondusivitas dan semua pihak yang berhubungan dengan pencalonan dan kampanye agar dengan kesadaran tinggi menurunkan semua atribut dan alat peraga kampanye yang ada.
Poldasu Turunkan 4.268 Personil Mengamankan PemiluKada di 9 Kota/Kabupaten
Sebanyak 4.268 personil di 10 Polres/Poltabes di jajaran Poldasu diturunkan untuk mengamankan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di 9 kabupaten/kota di Sumut, Rabu (12/5). Pengerahan pasukan pada operasi dengan sandi Operasi Mantap Praja itu dimaksudkan untuk pengamanan di TPS, penghitungan suara sampai pengawalan kotak suara ke KPU setempat.
Lakhar Kabid Humas Poldasu AKBP MP Nainggolan mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan seputar pengamanan Pemilukada di kantornya, Senin (10/5).
Dikatakan, khusus di Medan personil yang diturunkan untuk pengamanan itu berasal dari dua Polres yakni KPPP Belawan dengan jumlah pasukan 157 personil dan dari Poltabes Medan sebanyak 1.638 personil. Sedangkan Pemilukada di Binjai diamankan 490 personil Polres Binjai, Sergei diamankan 324 Personil Polres Sergei, di Tebing Tinggi diturunkan 317 personil, Asahan 555 personil, Tobasa 186 personil, Tapsel 381 personil, Sibolga 103 personil dan Pakpak Bharat 117 personil.
Dikatakan Nainggolan, aparat kepolisian yang diturunkan hanya menangani persoalan pidana yang mungkin timbul pada pelaksanaan Pemilukada tersebut. Sementara kasus yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemiukada ditangani Panwas setempat. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan aturan yang ada.
Dikatakan, setelah Pemilukada tahap pertama yang dilaksanakan pada 12 Mei ini, pihaknya juga mempersiapkan pengamanan Pemilukada pada tahap berikutnya yakni tahap 2 yang diselenggarakan 9 Juni 2010 di Madina, Humbang Hasundutan, Samosir dan Siantar.
Pemilukada tahap 3 pada !6 Juni yakni di Labuhan Batu Induk, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan. Tahap 4 pada 26 Agustus di Tanjungbalai Kota dan Simalungun. Tahap 5 pada 6 Oktober di Tanah Karo dan tahap 6 yang diperkirakan akan dilangsungkan Oktober di Kota Gunung Sitoli, Nias Utara dan Nias Barat.
Sedangkan Pemilukada tahap 7 dilaksanakan pada 1 Desember di Nias Selatan.
Tim Gabungan Siap Amankan Pilkada Kota Medan
Tim gabungan dari personil TNI Raider Mobil Udara/Linud 100, personil Brimobsu dan personil Samapta Poltabes Medan melakukan apel gabungan di Mapoltabes Medan, Senin (10/5) guna persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan, Rabu (12/5) mendatang.
Apel gabungan tersebut dipimpin Wakil Kepala Poltabes Medan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anderas Kusnaedi. Dalam sambutannya, AKBP Andreas menghimbau semua personil agar menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada.
Dijelaskan Wakapoltabes, biasanya selama Pilkada yang rawan setelah pencoblosan dilakukan.
Jadi semua personil tetap mengantisipasi dan siap untuk mengamankan. Untuk memudahkan koordinasi tempat berkumpul di Mapoltabes Medan.
Selama dalam pelaksanaan Pilkada, lanjutnya, koordinasi pengamanan tetap dibawah garis masing-masing satuannya.
Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Poltabes Medan Kompol Dadi Purba menuturkan hingga dua hari sebelum hari H belum ada hal yang mencurigakan terjadi.
Selama sembilan hari, lanjutnya, mulai 10 hingga 19 Mei 2010 tim gabungan akan tetap siaga mengamankan pelaksanaan Pilkada. (SIB/M3/Pr2/M16)

About these ads

1 Komentar (+add yours?)

  1. faruq
    Mei 12, 2010 @ 06:53:54

    yang pertama nich…

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39.261 pengikut lainnya.