Ikan Sioto Diekspor hingga ke Luar Negeri

Balige - Ikan Gurapu atau sering disebut ikan sioto ternyata bisa hidup dan berkembang biak di perairan Danau Toba. Pasalnya, ikan ini tidak hanya diperjualbelikan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), namun diekspor hingga ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Menurut masyarakat Tobasa, dulunya ikan sioto ini tidak pernah ditemukan di perairan Danau Toba, namun berkat perhatian dan kebaikan Letjend (Purn) TB Silalahi, bibit ikan sioto beberapa tahun lalu ditabur ke Danau Toba. Dan saat ini, ikan itu tumbuh dan berkembang biak yang akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat Tobasa khususnya yang tinggal di pinggiran Danau Toba.

Warga mengaku, begitu melihat ikan sioto itu merasa aneh dan ngeri. Karena seluruh badannya tampak hitam dan seram. Namun setelah diinformasikan dan disosialisasikan pemerintah bahwa ikan sioto itu memiliki gizi yang tinggi untuk otak dan tubuh manusia serta memiliki kadar kolesterol rendah, masyarakat membudidayakan ikan tersebut.

Oloan Silalahi, warga Desa Patane, Kecamatan Porsea, salah satu penampung ikan Sioto mengatakan, selain menjual ke Medan, pihaknya juga mengekspor ikan sioto ke Malaysia dan Singapura. “Kita menampung ikan sioto yang dijual masyarakat, setelah terkumpul barulah kita ekpor ke luar negeri,” katanya.

Menurut Oloan, dia mampu membeli ikan sioto dari masyarakat Rp50.000 per kilogram, asalkan ikan tersebut sudah dewasa atau memiliki berat badan di atas 4 ons per ekornya. Meski demikan, bukan berarti, ikan yang masih kurang dari 4 ons tetap ditampung dengan harga yang berbeda untuk dikembangkan dikeramba miliknya atau dijual ke Medan. “Kalau ikan sioto yang kita ekspor harus memiliki berat di atas 4 ons, dalam kondisi hidup dan sehat,” ucapnya.

Di akuinya, harga jual ke luar negeri lumayan tinggi, per kilogramnya bisa mencapai Rp200.000 per kilogram. Selain memakan biaya yang cukup besar untuk mengekpor ikan sioto ke luar negeri, dia juga harus terlebih dahulu mengumpukan ikan sioto hingga 50 kg. “Kita kumpulkan dulu di tempat ini, setelah mencapai 50 kg atau lebih, barulah kita kirim ke luar negeri,” kata Oloan sembari mengaku untuk kelancaran bisnis tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan perusahaan Arikingking di Singapura.

R br Sitompul, warga Muara yang baru saja selesai menjual ikan sioto kepada Oloan mengatakan, ikan sioto yang dijualnya merupakan hasil pancingan suaminya dari perairan Danau Toba. “Lumayan, hasil penjualan ikan sioto ini bisa menambah penghasilan rumah tangga kami,” ucapnya. (Kompas/Cos)

About these ads

Satu komentar (+add yours?)

  1. chepygmail
    Mei 10, 2010 @ 05:24:21

    lam kenal gan …
    numpang info ya ..
    =====================
    Buat tmen-tmen blogger.. saya lagi butuh duit neh
    saya mau jual PC saya pribadi dengan harga yang MURAH BANGET (sayang sih sebenernya, tapi lagi butuh duit). info lengkapnya di
    http://chepypoenya.wordpress.com/2010/05/10/jual-pc-murah-butuh-uang-neh/

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

*** www.tuannahoda.co.nr ***

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38.729 pengikut lainnya.