Pilkada Taput-5 Nababan

Unjuk Rasa di Kantor KPU Tapanuli Utara

Tarutung (Nababan)

Ratusan pengunjukrasa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut melakukan aksi dengan mencoba membakar Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Selasa (28/10) siang.
Informasi yang dihimpun ANTARA dari Medan menyebutkan, aksi anarkis itu dilakukan oleh pengunjukrasa yang kurang puas dengan penjelasan pihak KPUD Taput terkait temuan berbagai macam kecurangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Taput, Senin (27/10).
Massa yang berasal dari lima dari enam pasang calon bupati dan wakil bupati yang ikut dalam pilkada Taput menduga telah terjadi berbagai bentuk kecurangan seperti penggelembungan suara dan munculnya tempat pemungutan suara (TPS) “siluman” yang menguntungkan calon incumbent Torang Lumban Tobing-Bangkit Silaban.
J Simorangkir (50) warga setempat, mengatakan, masa melempari kantor KPUD dengan batu dan ban bekas dalam kondisi terbakar ke dalam ruangan kantor sekitar pukul 14.00 WIB.
“Massa sempat membakar ban kemudian mencampakkannya ke dalam kantor KPUD, namun bangunan kantor tidak sempat terbakar karena pihak keamanan langsung menyingkirkan ban itu,” ujarnya.
Hingga pukul 17.00 WIB masa masih bertahan di depan kantor KPUD yang terletak di Jalan Diponegoro, Tarutung dengan mendapat pengawalan ketat dari pihak pengamanan TNI dan Polri.
Pilkada di Taput digelar di 583 TPS yang tersebar di 243 desa pada 15 kecamatan dengan jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 181.120 jiwa dengan enam pasang calon bupati dan wakil bupati yang bersaing.
Keenam pasangan itu yakni Torang Lumban Tobing-Bangkit Silaban (nomor urut 1), Roy Sinaga-Djunjung Hutauruk (nomor urut 2), Samsul Sianturi-Frans Sihombing (nomor urut 3), Sanggam Hutapea-Londut Silitonga (nomor urut 4) Wastin Siregar-Soaloon Silitonga (nomor urut 5) dan Eduard Sihombing-Alpa Simanjuntak (nomor urut 6).
POLDA SUMUT BERLAKUKAN SIAGA I DI TAPUT
Polda Sumatera Utara memberlakukan Siaga I terkait adanya gejolak yang timbul di tengah masyarakat yang merasa tidak puas atas hasil pemilihan kepala daerah, khususnya di Tapanuli Utara (Taput).
Untuk membantu pengamanan dan penyelesaian gejolak Polda Sumut telah mengirimkan satu kompi tim khusus ke Taput, kata Wakapolda Sumut Brigjen Pol Djoko Trisno Santoso, di Medan, Selasa.
Bahkan, menurut dia, beberapa pejabat utama Polda Sumut telah diberangkatkan dengan helikopter untuk memantau sekaligus membantu pengamanan di Taput.
Menurut dia, pemberlakuan Siaga I dimaksudkan agar permasalahan dan gejolak yang timbul di Taput dapat diatasi dengan cepat dan maksimal, sehingga tidak berkembang menjadi kondisi yang tidak diinginkan.
Keseriusan itu dibuktikan dengan menurunkan tim khusus yang terdiri dari personil Reserse Kriminal, Intelijen dan Keamanan serta Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polda Sumut yang dipimpin Direktur Reskrim Kombes Pol Wawan Irawan.
Pihaknya juga menginstruksikan perwira pengamat wilayah (Pamatwil) untuk lebih serius melakukan pemantauan terhadap perkembangan situasi dan segera membuat laporan kepada pimpinan.
“Ada atau tidak di lapangan, personil (Pamatwil) itu harus dapat menguasai situasi,” katanya.
DiBakar
Menurut detikcom, massa telah membakar kantor KPUD yang berada di Kecamatan Tarutung, sekitar 283 kilometer dari Medan, hanya terbakar sebagian, yakni atap bagian dalam dan dinding yang terbuat dari triplek. Api berhasil dipadamkan setelah menyala sekitar 10 menit.
Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, pembakaran itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Bermula aksi massa pendukung lima calon bupati dan wakil bupati yang berdemo ke Kantor KPUD di Jl. Diponegoro, Tarutung.
Massa yang berasal dari pendukung lima pasangan kandidat bupati dan wakil bupati yang kalah, semula membakar ban bekas di depan kantor yang berada di Jl. Diponegoro. Setelah beberapa lama, massa semakin banyak dan terjadi aksi pelemparan ke arah kantor KPUD.
“Kemudian ban bekas yang sedang terbakar itu dilemparkan ke dalam kantor KPUD,” kata Abdi, salah seorang warga yang menyaksikan demo tersebut.
Api sempat menyala sekitar 10 menit, namun tak lama berhasil dipadamkan. Sejumlah polisi dari Polres Tapanuli Utara kemudian membubarkan aksi tersebut. Tiga orang dilaporkan diamankan polisi. Namun sejauh ini belum ada keterangan resmi yang berhasil diperoleh. (R. Nababan)

About these ads

3 Komentar (+add yours?)

  1. Lintong Nababan
    Nov 06, 2008 @ 09:42:04

    Para pendukung canditat Bupati/wakil bupati jangan berharap pada Calon Bupati/wkl bupatinya, tapi berharaplah pada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Pemimpin itu adalah Jalan Tuhan di Bumi ini (ini hanya menurut Lintong nababan ya!)

    kenyataan di negeri ini ,kita lihat jika seorang canditat kalah pada pilkada/pemilu, sungguh kecewanya para pendukungnya seakan-akan hidup para pendukung canditat tsb akan kacau balau jika canditatnya kalah. Ini pemahaman yang salah.

    Jangan berharap kepada Manusia, tapi mari berharap dan bersandarlah kepada Tuhan Maha pencipta.Siapapun yang terpilih, siapapun pemenang, mari doakan mereka agar bisa jadi pemimpin yang benar dan taat kepada Tuhan

    http://www.lintongnababan.wordpress.com

  2. RAIHAN ALVARIZ
    Nov 03, 2008 @ 15:57:42

    SEMUA ORANG PENGE NAIK KEATAS/ JADI PEMIMPIN , TAPI MENGAPA RAKYAT TU BANYAK DIJADKAN PION OLEH MANUSIA-MANUSIA YG INGIN BERKUASA ALIAS PEMIMPIN

  3. Roy Mangapon Nababan
    Okt 29, 2008 @ 05:37:24

    JANGAN BUAT RUSUH TAPANULI UTARA
    MARI KITA CIPTAKAN KONDISI KONDUSIF DI TAPANULI UTARA
    BUAT PARA KANDIDAT TUNNJUKKANLAH KEBESARAN JIWA SEBAGAI PEMIMPIN

Berikan Saran atau Informasi anda pada Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Julienaba2n's Blog

Just another WordPress.com weblog

Patar Nababan

Jadikan Hidup Anda Berarti

Generasi Nababan

Berbagi Tips, Motivasi, Info dan Adat Istiadat Nababan, Berita dan Bisnis Online

veronik4nababan

The greatest WordPress.com site in all the land!

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

SMK NEGERI 1 MUARA TAPANULI UTARA

*** Visi : " Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan tujuan pendidikan nasional". *** *** Misi : " Menciptakan lulusan yang unggul, berbudaya, produktif, profesional, siap kerja dan berjiwa enterpreneurship". ***

SMK 1 HKBP SIPOHOLON TAPANULI UTARA

" Mencerdaskan anak bangsa secara utuh berdasarkan kasih Kristus (Indonesia)"

nickoai

Photography and Articles

BORSAK MANGATASI NABABAN

"HORAS MARTONGGO TOE OPPOENG MOELADJADI NABOLON, ASA DONGANI AHOE DIDJOLO, DONGANI AHOE DI POEDI ASA TALOE AHOE MARALOHON DONGAN, MONANG MARALOHON MOESOE, ASA TABOE-TABOE SITARAPOELLANG SIANI DALANNA RO TOESI DALAN NASOEMOEANG", Alamat Redaksi : PH3 (Par-Huta Huta Hian) Paranjoan, Lumbantongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40.587 pengikut lainnya.